18 August 2016 | 2674 view(s)
Hey Developer Android, Ini yang Bisa Kamu Dapat Dari Google

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Google berkomitmen membantu menumbuhkan ekosistem pengembang (developer) tanah air. Untuk itu dalam gelaran Google for Indonesia, Google memperkenalkan beberapa inisiatif yang dilakukan untuk menunjang hal tersebut. Ben Galbraith, VP Developer Product Group, menjelaskan menjelaskan bagaimana Google telah mengembangkan peralatan dan program baru yang berguna bagi pengembang Indonesia. 

Program yang disiapkan Google bagi pengembang Indonesia telah dirancang mulai dari pemula hingga mereka yang tengah mengembangkan perusahaan teknologi masing-masing. Bagi pengembang, Google menyiapkan program Android Kejar. Android Kejar memberikan kursus offline bagi pengembang android. Kursus diberikan sesuai keahlian mereka, ada untuk pemula, menengah, hingga ahli. Lokakarya Android Kejar putaran ke-2 akan dilaksanakan bulan September nanti.

Jika tak bisa mengikuti kursus offline, disediakan kursus online lewat Udacity. Ben menyebutkan bahwa bagian pertama dari lima kursus pengembangan Android di platform ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Empat modul lain menyusul untuk diterjemahkan. 

Bukan cuma kursus informal, Google juga bekerjasama dengan beberapa universitas untuk mengembangkan mata kuliah dasar-dasar pengembangan Android. Mata kuliah ini bersifat pelatihan terbuka untuk mahasiswa tahun ketiga dan keempat. Beberapa kampus yang memasukkan kurikulum ini adalah ITB, Universitas Bina Nusantara, Universitas Gajah Mada, dan Universitas President, yang akan menerapkannya tahun depan.

Selain memberikan pendidikan, Google juga membuat sertifikasi sebagai standar industri untuk kemampuan developer. Android Associate Developer Certification ini terdiri dari ujian berbasis performa didasarkan pada Job-Task Analysis untuk pengembang Android. 

Bagi para developer yang sudah membuat badan usaha alias perusahaan teknologi (baik berupa startup ataupun yang telah berkembang lebih besar), Google punya program Launchpad Accelerator. Program ini memberikan pelatihan selama dua minggu di kantor pusat Google di Mountain View, California. Pelatihan gratis ini dilakukan dengan tenaga ahli dari Google ini diharapkan bisa membantu para pengembang untuk menciptakan aplikasi berkelas dunia. 

Mereka yang terpilih juga mendapatkan pendanaan ekuitas sebesar USD 50.000. Kembali dari pelatihan di AS, startup ini akan mendapat mentoring selama enam bulan plus akses ke alat dan sumber daya Google. Kelas 1 sudah menyelesaikan program mereka, kelas 2 baru saja kembali dari Mountain View, dan kelas 3 akan dibuka pendaftarannya pada 2017. 


You may also like:

Tips dari Google Untuk E-Commerce di Akhir Tahun 2016 Ini

Hati-hati, Trojan Svpeng Incar Pengguna Android!

Google Flights, Cara Cari Tiket Terbang Termurah

Tips Chip: Google Telusuri Gambar, Cari Asal-Muasal Foto?
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy