Advertisement
30 August 2016 | 6674 view(s)
Indonesia Smart City Forum 2016 @Bandung 2-3 September 2016

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id -Pemerintah Kota Bandung setelah sukses menghelat forum bertaraf internasional tentang Asia Africa Smart City tahun silam, bakal meneruskan dengan ajang nasional. Bertajuk Indonesia SmartCity Forum akan digelar Jumat-Sabtu, 2-3 September 2016. Tahun ini akan mengusung tema besar “Identifying Challenges and Solutions in Developing Smart City for Better Tomorrow”.

Berikut ini adalah artikel-artikel tentang Smart City yang merupakan topik utama pada acara tersebut:

 

Indonesia SmartCity Forum Digelar di Bandung

Untuk pertama kalinya forum para kepala daerah kota dan kabupaten membicarakan konsep dan pelaksanaan kota cerdas digelar. Bernama Indonesia Smart City Forum , dan Bandung siap jadi tuan rumah. Apa saja yang akan dibicarakan?

 

 

 

Dari Parisj van Java ke Bandung Technopolis

Bandung sebagai ibu kota Priangan, dikenal juga sebagai kota kembang yang pada zaman dahulu kala dijuluki sebagai Parisj van Java. Kota yang sejuk ini, telah banyak melahirkan pemimpin-pemimpin kaliber dunia, tidak terkecuali tokoh-tokoh di bidang IT. Boleh jadi, karena sejarah itulah Kota Bandung kini tengah berbenah diri menjadi Kota Cerdas.

 

 

Surabaya, Pelopor Kota Cerdas di Indonesia

Mewujudkan Kota Cerdas tidaklah mudah, selalu ada masalah perkotaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur tersebut, secara perlahan telah sukses menjadi pionir perwujudan Kota Cerdas di Indonesia.

 
 
 
 
 
 
 
Akhir tahun 2014 lalu, pemerintah DKI Jakarta secara resmi mengumumkan smart city Jakarta yang diwujudkan lewat portal smartcity.jakarta.go.id. Menariknya, propinsi yang jadi ibukota negara ini cukup aktif melibatkan data sumbangan warga lewat media sosial sebagai penunjang data di platformnya itu.

 

 

Jadwal Acara Indonesia Smart City

Tak kurang dari tujuh agenda telah disiapkan. Lebih dari 20 pembicara dari pakar, kepala daerah hingga kreator bakal berbagi pengalaman dan ide. Berikut beberapa agenda penting Indonesia Smart City Forum.

 

 

 

4 Tahap Awal Memulai Rancang Kota Cerdas

Membangun kota cerdas tanpa konsep dasar yang jelas hanya akan membuyarkan rencana. Lalu, dari mana memulai rencana sebelum membuat planning yang lebih terstruktur, bertahap dan sesuai kebutuhan kota? Berikut empat hal paling mendasar untuk menentukan kota cerdas macam apa yang akan dibangun?

 

 

NYC 311, Cara Pemerintah New York Gerakkan Smart City

Lewat aplikasi mobile, pemerintah New York menghubungkan warga dengan aparat. Ini bukan aplikasi emergency, melainkan sarat dengan informasi kota. Dan sangat interaktif.

 

 

 

Bagaimana Cara Menilai Sebuah Kota Sudah Menjadi Smart City?

Smart City atau Kota Pintar ini adalah sesuatu yang beberapa tahun belakangan ini sering kita dengar. Kebanyakan para pemimpin mempunyai visi dan misi untuk menjadikan daerah yang dipimpinnya mendapatkan predikat Smart City. Namun, bagaimakah menilai sebuah kota itu sudah menjadi sebuah Smart City?

 

 

ISCF 2016: Kurangi Kompetisi, Perbanyak Kolaborasi!

Pada acara Indonesia Smart City Forum 2016 (ISCF) di Bandung, dibuka oleh walikota Bandung Ridwan Kamil beserta Menteri PAN Asman Abnur, dan Ketua APEKSI Airin Rachmi. Dengan gagasan besar bahwa teknologi bisa membawa Indonesia menjadi negara hebat dengan kata kuncinya kolaborasi.

 

 

 


You may also like:

Makassar Smart City

ISCF 2016 @ Bandung

Bagaimana Cara Menilai Sebuah Kota Sudah Menjadi Smart City?

Libatkan Warga untuk Jakarta Lebih Cerdas
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy