29 September 2016 | 4869 view(s)
Lumen Helpdesk Bot Penjawab Keluhan dan Laporan Pemprov Jakarta

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - IBM belum lama lalu menyelenggarakan lomba IBM Linux Challenge 2016, di mana terpilihlah Lumen sebagai pemenang lomba tersebut. Kemudian hasil karya Lumen tersebut digunakan oleh Pemprov Jakarta di dalam sistem Smart City milik ibukota Indonesia ini. Tahukah kamu apa yang mereka lakukan?

Lumen Helpdesk merupakan customer service chatbot otomatis yang berbasis kecerdasan buatan (artifical intelligence) yang dapat melayani pertanyaan-pertanyaan customer ke helpdesk baik menggunakan pesan instan (chat) atau media sosial.

Misalnya Anda tweet ke @DKIJakarta yang merupakan twitter resmi Pemprov DKI, dan menanyakan posisi rumah sakit yang paling dekat dari Menteng, maka Lumen Helpdesk akan menjawabnya secara otomatis. Hal yang sama juga dilakukan saat Anda mengeluhkan kondisi kota Jakarta ke twitter tersebut, di mana nanti laporan Anda akan dihubungkan ke aplikasi Lapor.go.id yang kemudian akan difollow up oleh staf DKI.

Ide ini muncul dari banyaknya keluhan customer atas kualitas pelayanan helpdesk yang seringkali lambat dalam merespon pertanyaan customer. Sumber daya manusia yang ditempatkan sebagai customer service pun tidak bisa 24/7 menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang masuk karena terbatasnya waktu dan jam kerja.

Pertanyaan-pertanyaan yang masuk akan langsung dijawab oleh chatbot dalam hitungan menit, apabila pertanyaan tersebut sudah masuk ke dalam database dan sudah pernah ditraining sebelumnya dengan machine learning. Pertanyaan yang tidak dikenali sistem akan langsung diteruskan ke staf CS seperti biasa dan akan dijadikan input untuk training sistem otomatis berikutnya.

Prestasi dan rekognisi untuk Lumen Helpdesk bisa dibilang sudah memuaskan apabila dilihat dari segi Lumen Helpdesk masih “pemula” di bidangnya. Lumen Helpdesk telah meraih predikat Juara Pertama Kategori Mahasiswa dalam kompetisi yang digelar IBM Indonesia bertajuk “IBM Linux Challenge 2016”.

Lumen Helpdesk mengalahkan 53 proposal dan terpilih menjadi salah satu dari empat tim pemenang untuk mendukung Smart City. Prestasi ini menarik minat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menerapkan sistem aplikasi ini sebagai bagian dari Jakarta Smart City (http://smartcity.jakarta.go.id/).

Selain Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Lintasarta (www.lintasarta.net) yang bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Inovasi Kewirausahaan (LPiK) ITB (http://lpik.itb.ac.id) memilih Lumen Helpdesk sebagai satu dari 10 startup yang masuk dalam masa inkubasi program Appcelerate (http://appcelerate.id) pada bulan April lalu.

Lumen Helpdesk merupakan hasil diskusi dan pemikiran dari kelompok riset Lumen di Labrotarium Sistem Kendali dan Komputer (LSKK) ITB (http://www.lskk.org/) . Kolaborasi antar akademisi dan peneliti yang berkembang menjadi technopreneurship yang sedang dirintis oleh Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sehingga, Lumen Helpdesk bukanlah proyek terpisah yang hanya fokus terhadap bisnis, kami juga tetap menjalin kerja sama yang erat dengan penelitian-penelitian akademis di ITB yang diharapkan dapat membantu baik dosen maupun mahasiswa dalam mencapai target akademis. Sistem pengembangan Lumen Helpdesk sendiri menggunakan piranti lunak terbuka (open source) untuk memudahkan pihak-pihak yang terkait.

Tim pengembang Lumen Helpdesk dibimbing oleh Dr.techn. Ary Setijadi Prihatmanto, ST, MT yang merupakan Associate Professor LSKK Group dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung. Tim Lumen Helpdesk sendiri baru terdiri dari 5 orang yang bertanggung jawab baik dari segi pengembangan aplikasi maupun bisnis, termasuk Hendy Irawan sebagai Director of Technology.

Harapan tim Lumen Helpdesk terhadap aplikasi ini adalah dapat menarik minat pemerintah, organisasi dan korporasi untuk meningkatkan customer satisfaction dengan kecepatan tanggapan helpdesk yang lebih cepat dan beban staf jadi lebih optimal untuk melayani pelanggan yang banyak.

Dari segi akademis, tim berharap Lumen Helpdesk bisa dijadikan penelitian akademis yang dapat dimanfaatkan oleh pihak dosen dan mahasiswa serta dapat dikembangkan menjadi aplikasi yang lebih canggih ke depannya.

Jadi jika Anda menghubungi media sosial yang dimiliki oleh Pemprov DKI, kemungkinan besar yang menjawab keluhan Anda adalah aplikasi buatan Lumen ini.

 

 

 

 


You may also like:

Pemprov DKI Luncurkan Jakarta Smart City LOUNGE

Smart City Forum 2015

Smart City Jakarta

Pemda DKI Akan Buat Smart City Mini di Pluit
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy