21 April 2016 | 20328 view(s)
The Spirit of Kartini: Enam Srikandi TI di Indonesia

Penulis : Nur Hasanah

Kiri ke kanan :  Diajeng Lestari, CEO Hijup; Geraldine Oetama. Direktur Skystar Venture; Marcella Einsteins, CEO Indonesia Flight; Nuniek Tirta Sari, founder #StartupLokal; Yessi D. Yosetya, Director Chief Service Management XL Axiata; Juliana Chen, Country Product Leader Asus Indonesia,

CHIP.co.id - Perempuan dan teknologi adalah dua kuadran yang rasanya punya irisan yang tipis. Sebab, dunia teknik dan teknologi informasi (TI)ini rata-rata di dominasi kaum adam. Namun, enam perempuan yang CHIP ulas kali ini bisa jadi segelintir contoh wanita sukses atau punya kiprah tersendiri di dunia TI. Mereka berkiprah di dunia telekomunikasi, vendor TI, startup e-commerce dan travel, juga penggerak komunitas.

Keenamnya adalah Yessi D. Yosetya, Director Chief Service Management XL Axiata, Juliana Chen, Country Product Leader Asus Indonesia, Diajeng Lestari, CEO Hijup, Marcella Einsteins, CEO Indonesia Flight, Geraldine Oetama, Direktur Skystar Venture, dan Nuniek Tirta Sari, salah satu founder komunitas #StartupLokal di Jakarta.

Yessi punya kemampuan teknikal mendalam dan kini dipercaya menduduki jabatan di jajaran direktur kepala di XL. Baginya, apa yang dilakukan Kartini di zamannya itu luar biasa. “Perempuan menuntut mau sekolah bukan hal yang lumrah saat itu,” tuturnya. Untuk itu ia berpesan, “Jangan sia-siakan apa yang sudah dimulai Kartini. Kalau ada kesempatan maju, jalanin aja. There’s no such thing pekerjaan yang bedain laki-laki dan perempuan. Yang penting punya passion untuk terus maju dan berkarya,” paparnya.

Geraldine juga mengingatkan agar perempuan Indonesia harus punya pikiran terbuka, fokus, dan jangan takut untuk gagal. “Dari kegagalan kamu bisa belajar banyak dan tumbuh dari sana,” jelasnya.

Sementara menurut Juliana, “Banyak yang give-up jadi carrier woman setelah punya anak, kita bilang jangan. Saya sendiri baru punya anak kembar,” jelasnya. Perempuan Indonesia menurut Nuniek juga sebaiknya mengoptimalkan potensi diri yang ada. Sementara Marcella, ingin mendedikasikan karyanya di dunia TI untuk bisa memudahkan hidup masyarakat. Ia juga mengajak perempuan Indonesia untuk tidak sekedar jadi pengguna teknologi, Tapi juga aktif jadi pelaku di dalamnya.

Serupa dengan Marcella, Diajeng juga mengajak perempuan Indonesia untuk turut mejadi entrepreneur. “Jika lebih banyak perempuan menjadi entrepreneur, mungkin akan terjadi lebih banyak perubahan sosial lainnya,” ujarnya.

Nah, berikut profil keenam srikandi TI ini.
 


Editor : Kama Adritya

page 1 of 7
View as A Single Page
Yessy D. Yosetya, Director Chief Service Management Officer XL: Teladani Ki Hajar Dewantara
You may also like:

EPSON EB-25000U Proyektor Seharga Rp 1,3 Miliar

OPPO F1 Termasuk Dalam 3 Besar Paling Laris, OPPO Yakin F1s Jadi No.1

Hey Developer Android, Ini yang Bisa Kamu Dapat Dari Google

Pokemon Go Resmi Tersedia di Play Store Indonesia
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy