11 March 2015 | 15744 view(s)
Satu Tahun Beroperasi, Elevenia Sukses Rangkul Satu Juta Pengguna

Penulis : Iwan Ramos S.

 
CHIP.co.id – Dalam acara syukuran setahun menjalankan bisnisnya, pihak Elevenia mengklaim telah berhasil menawarkan sekitar dua juta produk dari 20 ribu penjual (seller) yang terdaftar di marketplace mereka. 
 
Selain dihadiri oleh oleh James Lee selaku CEO Elevenia dan Lila Nirmandari selaku CFO Elevenia, hadir pula Agus Hartono Wijaya, Chief Sales & Marketing Office JNE, sebagai salah satu mitra penting Elevenia.
 
James Lee berbagi sedikit cerita perjalanan e-commerce Elevenia di Indonesia. “Kami memulai bisnis ini Maret 2014 silam dengan lebih dari 500.000 produk dan 6.000 seller. Kini, pada Februari 2015, kami telah memiliki lebih dari dua juta produk live listings dan lebih dari 20 ribu seller yang bergabung dalam Elevenia,” ujar James Lee.
 
Dua juta produk yang ditawarkan Elevenia dikelompokkan dalam 8 kategori, antara lain; gadget/komputer, elektronik, fesyen, kecantikan & kesehatan, anak-anak dan bayi, home/garden, hobi, serta service/food.
 
Masih menurut James, memasuki tahun kedua ini, Elevenia akan memberi perhatian pada empat poin berkaitan dalam pengembangan layanan mereka. Empat poin tersebut adalah kepercayaan konsumen, menyediakan berbagai produk terbaik, harga kompetitif, dan menciptakan kenyamanan berbelanja ekstra bagi para konsumen.
 
CEO Elevenia ini pun memasang target GMV (Gross Merchandise Volume) Elevenia di tahun 2015 sebesar Rp 1.1 triliun. Hingga Februari 2015 ini, jumlah total transaksi volume penjualan barang (GMV) dari operator marketplace joint venture PT XL Axiata dan SK Planet ini telah mencapai Rp 60 miliar. Adapun nilai GMV yang diraihnya tahun lalu adalah sebesar Rp 250 miliar.
 
Menurut Lila Nirmandari, “Komitemen luar biasa dari kedua shareholders kami telah menjadi semangat tersendiri bagi kami untuk selalu fokus mengembangkan bisnis Elevenia. Tapi itu saja tidak cukup, karena harus didukung oleh para primary partner Elevania, seperti logistic company, bank, dan telco, dan industri lainnya.”
 
Pertumbuhan Elevenia di masa mendatang juga akan dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan pengguna telepon seluler di Indonesia. Pasalnya, ada sekitar 60 persen pengakses website Elevenia berasal dari pengguna smartphone. Kehadiran jaringan berteknologi 4G LTE nantinya juga akan memberi pengaruh positif bagi Elevenia.
 
Lila juga menginformasikan bahwa di awal tahun ini Elevenia telah mendapat dana tambahan sebesar US$ 24 juta untuk menggenjot berbagai aktivitas bisnisnya, utamanya untuk sektor penjualan dan pemasaran Elevenia. Selain itu, dana ini pun akan dipakai untuk melakukan ekspansi ke daerah baru di luar aera Jabodetabek.
 
"Hingga kini, 90 persen transaksi masih terjadi di Jabodetabek. Kami berniat untuk ekspansi ke daerah lainnya, tapi belum bisa men-share daerah baru mana yang aka disasar nanti," ujar Lila.
 
Sesuai dengan namanya, Lila pun menginformasikan adanya program promonya setiap bulan pada tanggal 11. Tidak ketinggalan, Ia pun berpromosi bahwa di bulan Maret ini, promo harga produk yang dijual di Elevenia akan lebih menarik karena bertepatan dengan ulangtahun Elevenia yang pertama.
 

Editor : Kama Adritya

comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy