You are Here : Home > News > Startups Tips
04 November 2016 | 2494 view(s)
Tips Kembangkan Bisnis Ke Pasar Internasional

Penulis : Nur Hasanah

ilustrasi: gogo-shopping.n

CHIP.co.id - Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis Anda, tak ada salahnya Anda mulai mempertimbangkan untuk merambah pasar ke luar negeri untuk meraih peluang pemasaran dan penjualan. Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan pemasaran dan penjualan ke luar negeri adalah memastikan bahwa website Anda cocok untuk audiens Anda dimanapun mereka berada. Para pemilik bisnis, termasuk pemilik UKM, harus memahami berbagai macam fungsi dan layanan yang ditawarkan pembuat website agar dapat memenuhi kebutuhan audiens yang dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang perlu dipertimbangkan oleh para pemilik bisnis ketika ingin melebarkan sayap ke dunia internasional ala Verisign:

Bahasa and Lokalisasi
Salah satu tantangan terbesar dalam memasarkan dan menjual produk ke luar negeri adalah kendala Bahasa. Karenanya, penting untuk memperhatikan terjemahan Bahasa dalam website. Pemilik bisnis bisa menggunakan jasa pembuatan website yang menyediakan layanan alih Bahasa secara mudah untuk pengunjung. Dengan ketersediaan feature berbagai Bahasa, pelanggan di negara manapun bisa dengan mudah beralih ke Bahasa mereka.

Penggunaan domain .com
Dalam pemasaran ke pasar internasional, penting juga untuk memastikan alamat website mewakili keberadaan global. Untuk itu penggunaan domain .com bisa mewakili hal tersebut. Setelah mendaftarkan alamat website berdomain .com, Anda juga bisa mendaftarkan nama domain lain dengan ekstensi berbeda atau bahkan dengan ekstensi domain khusus untuk negara tertentu, namun tetap diarahkan ke website utama, sehingga bisa memperbesar trafik.

Sistem Pembayaran Internasional
Hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah perbedaan mata uang. Sangat disarankan bagi pebisnis online untuk menyediakan berbagai solusi sistem pembayaran terutama yang sudah diakui secara internasional seperti WorldPay dan Paypal. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan calon pelanggan.

Perbedaan Mata Uang
Menyediakan berbagai pilihan mata uang untuk pembayaran tentu menarik bagi pelanggan di seluruh dunia. Seorang pelanggan dari Amerika misalnya, tentu tidak akan nyaman membayar menggunakan mata uang rupiah. Banyak layanan pembuat website yang menawarkan paket konversi mata uang. Dengan mengaktifkan fitur ini, pelanggan dapat memilih satu sistem pembayaran yang nyaman untuk mereka.

Sistem Pengiriman Internasional
Tips terakhir untuk memaksimalkan penjualan di luar negeri adalah menyediakan pilihan pengiriman internasional. Untuk memuaskan pelanggan di luar negeri dan membuat mereka kembali membeli produk yang ditawarkan, Anda perlu mencari mitra pengiriman lokal yang menyediakan jasa pengiriman ke luar negeri. Di Indonesia, perusahaan pengiriman barang seperti JNE, TIKI, dan Pos Indonesia bisa menyediakan layanan tersebut. Menyediakan pilihan pengiriman lebih dari satu juga akan memberikan servis lebih baik yang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

Kredibilitas
Kredibilitas yang kuat, bisa dipercaya, dan selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen merupakan karakteristik yang akan sangat diperhatikan oleh para pelanggan baik di Indonesia maupun di luar negeri. Dengan menjalankan strategi-strategi di atas, bisa membawa bisnis Anda sukses di pasar domestik maupun internasional.
 


You may also like:

OPPO Berhasil Capai 1 Juta Penjualan Lebih Cepat dari Target

Lewati Apple, Oppo Dinyatakan Paling Laku di Tiongkok

Jalin Hubungan Di Jaringan Profesional Demi Karier, Ini Tipsnya

Tips Membuat Profil Diri dari LinkedIn
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy