You are Here : Home > News > Startups Web & Internet Apps
13 October 2016 | 3200 view(s)
Indonesia@CCess Berikan Solusi Marketplace All In One Untuk UKM

Penulis : Kama Adritya

 

CHIP.co.id - Ingin menjadi seperti Alibaba di tanah air, Indonesia@ccess hadir sebagai sebuah platform dan jembatan digital ekonomi Indonesia untuk menuju pemberdayaan rakyat di berbagai bidang. Tujuannya untuk mempercepat dan mengakselerasi pertumbuhan dengan memberi akses kepada seluruh masyarakat Indonesia, bukan saja akses pasar tetapi juga akses pengetahuan, keterampilan, pembiyaan, dan teknologi.

Ini sebuah solusi di tengah-tengah Indonesia yang pada saat ini memerlukan percepatan pembangunan ekonomi dan peningkatan standard kesejahteraan melalui upaya pemberdayaan rakyat. Terlebih kini ekonomi digital telah merambah secara luas dalam berbagai aspek kehidupan secara global, yang mempengaruhi banyak sektor, seperti perbankan dan keuangan, retail, energi, transportasi, pendidikan, percetakan dan media, pariwisata, hingga kebudayaan,” ujar penggagas Indonesia@ccess Reza V. Maspaitella, President & CEO PT Valdo Investama.

Indonesia@ccess adalah sebuah platform yang menghubungkan empat pilar utama, yaitu Education (pendidikan), Travel, Trading (marketplace),dan Money and Technology (keuangan dan teknologi pendukung). Harapannya, Indonesia@ccess ini akan dapat membantu Usaha Kelas Menengah (UKM) yang mungkin kesulitan saat harus terjun ke dunia digital yang perkembangannya begitu pesat.

Seperti misalnya pada sisi finansial, sebagai contoh ada sebuah pengusaha kelas pemula yang mengalami kesulitan saat mengajukan pinjaman ke bank karena usahanya dianggap terlalu kecil. Dengan Indonesia@ccess, si pengusaha akan dihubungkan dan dipertemukan dengan pemodal lain yang mungkin lebih cocok untuk skala bisnisnya. Karena menurut Reza, Indonesia@ccess sudah didukung oleh lebih dari 150 bank di seluruh Indonesia, termasuk bank-bank daerah.

Kemudian pada bidang pendidikan, di mana Indonesia@ccess juga memberikan akses ke para pengajar dari berbagai bidang. Di mana kita bisa belajar lewat online tentang berbagai hal, langsung dari para ahlinya. Reza mengatakan bahwa Indonesia@ccess saat ini sudah bekerja sama dengan dua kampus ternama dan dua bimbingan belajar besar di Indonesia.

Lalu di sisi trading, Indonesia@ccess akan memberikan wadah bagi pengusaha kelas menengah yang mungkin tidak paham atau tidak memiliki waktu untuk membuat marketplace sendiri di Internet. Di sini, mereka akan dibina dan diberikan tempat untuk menjual produk mereka dengan mudah.

Sedangkan pada travel, Indonesia@ccess memberikan layanan paket perjalanan yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kita. Sebagai contoh, Indonesia@ccess akan menawarkan paket liburan yang akan disesuaikan dengan keinginan kita, di mana kita bisa mengubah akomodasi transportnya sesuai dengan budget kita dan sebagainya. Saat ini Indonesia@ccess juga sudah bekerja sama dengan para pelaku bisnis di dunia travel, di mana salah satunya adalah Garuda Indonesia.

Visi Indonesia@ccess adalah terciptanya kehidupan masyarakat yang modern (khususnya masyarakat pedesaan ataupun masyarakat urban menegah bawah) namun berakhlak, dan penuh keadilan, aman dan sejahtera menuju masyarakat madani Indonesia,” tandas Reza.

Perubahan Proses dan Model Bisnis

Menurut Reza, ekonomi global saat ini sedang bergerak menuju sebuah perubahan proses dan model bisnis, untuk itu Indonesia perlu berada di garis depan revolusi ekonomi digital tersebut, sehingga melaluinya kita bisa mengadakan percepatan pembangunan ekonomi kita.

Saat ini di Indonesia nilai transaksi e-commerce diprediksi mencapai US$ 18 milyar dengan tujuan untuk mencapai USD 130 milyar di tahun 2020. Dengan total pengguna internet sudah mencapai 100 juta orang (menurut Google) sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara terbesar ke lima pengguna internet di dunia dan ini merupakan sebuah potensi yg sangat besar.

Menurut Grey Group Indonesia, data juga menunjukkan bahwa pertumbuhan industri e-commerce Indonesia sejak 2014 sampai 2015 mecapai 70% dari tahun ke tahun. Salah satu platform e-commerce Indonesia mengatakan bahwa mereka saat ini memiliki 1 juta merchant atau penjual dari seluruh Indonesia dengan total 16,5 jenis produk yang terjual setiap bulannya, sedangkan omzet mereka telah mencapai triliunan rupiah setiap bulannya.

Sebagai langkah awal,11 Oktober 2016  Indonesia@ccess sebagai rumah digital ekonomi Indonesia akan secara sekaligus meluncurkan beberapa marketplace digital platform seperti : Trading@ccess, Travel@ccess, Money@ccess, Education@ccess, Financial@ccess dan Technology@ccess.

Hal itu untuk menunjang dan memberdayakan Koperasi dan UKM Indonesia memiliki akses pasar, akses teknologi untuk menunjang kegiatan operasional usaha, akses pendidikan bagi peningkatan kemampuan ilmu pengetahuan masyarakat maupun peningkatan ketrampilan guna menunjang kegiatan usaha mereka, dan akses pembiayaan bagi pengembangan usaha.

Serta  tak ketinggalan memberikan akses bagi generasi muda kreatif kita untuk mengembangkan platform digital inovatif mereka dengan dukungan pendanaan dan mentoring serta dukungan infrastruktur teknologi platform pada saat mereka siap meluncurkan produk inovasi mereka.

Sehingga ke depannya Indonesia@ccess sebagai rumah digital ekonomi dapat benar benar menjadi rumah bagi Kebangkitan Ekonomi Rakyat – karena semangat Indonesia@ccess didasari oleh semangat: DARI KITA, OLEH KITA DAN BAGI KITA” ujar Reza.

Indonesia@ccess saat ini sedang dalam tahap mengembangkan komunitas dan memperbanyak ekosistem yang berada di masing-masing platform sebelum di launching di Januari 2017. Target yang dimilikinya adalah dalam 3 tahun ini maka Indonesia@ccess akan segera IPO dan menjadi milik Indonesia.


You may also like:

Start Up Ini Tawarkan Kualitas Akomodasi Terbaik Harga Terjangkau

Ikuti Tren Memotret Mainan Dalam Perjalanan dengan Canon EOS M10

Tips Travelling di Tokyo Selama 5 Hari

EzyTravel Kembali Beri Diskon Bagi Pemegang Kartu Kredit BNI
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy