You are Here : Home > News > Startups
03 February 2016 | 7629 view(s)
Asah Coding Mahasiswa, Bukalapak Gelar Kontes Programming

Penulis : Eka Santhika

CHIP.co.id - Permintaan dan ketersediaan tenaga ahli teknologi informasi di Indonesia tidak seimbang. "Lebih banyak permintaan, sementara ketersediaan tenaga kerja yang mumpuni hanya itu-itu saja," terang Nugroho Herucahyono, CTO dan Co-Founder Bukalapak.com. Keprihatinan ini disampaikan Nugroho saat membuka kompetisi Programming Contest, di Jakarta, Selasa (2/2/2016). Karena permintaan lebih besar dari ketersediaan, maka biaya untuk menggaji para programmer juga menurutnya cukup tinggi.

"Tapi saya khawatir dengan kondisi seperti ini, ngga akan sustainable. Industrinya bisa collaps," tuturnya. Sebab menurut Nugroho, meski Indonesia punya tenaga yang berkualitas, namun jumlahnya terbatas. Sehingga ada persaingan antar startup teknologi untuk memperebutkan mereka. "Sementara tenaga kerja lain yang ada dari sisi skill masih kurang," tambah Nugroho. "Di banding Cina, mereka punya banyak tenaga kerja dan mereka jago-jago," terang Ahmad Zaki, CEO Bukalapak dalam sambutannya. Maka, Bukalapak ingin menggelitik mahasiswa agar memiliki passion untuk terus belajar.

"Jadi mahasiswa TI itu ngga bisa cukup puas hanya lulus kuliah. Tapi perlu passion untuk belajar terus. Sebab, kemajuan teknologi sangat cepat. Apa yang kita dapat saat kuliah ngga cukup, tapi harus dari kitanya sendiri yang belajar terus. Ini terjadi di semua negara, bukan hanya Indonesia," papar Nugroho lagi. Lebih lanjut, Nugroho menyebutkan bahwa kompetisi programming ini adalah salah satu cara untuk terus menggelitik passion itu.

Kompetisi coding yang dilaksanakan di kantor Bukalapak di bilangan Kemang ini bagi mahasiswa ini menurut Nugroho rencananya akan dilaksanakan dari kampus ke kampus. Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia untuk bersaing dan berkontribusi bagi dunia digital Indonesia. Kompetisi dilakukan untuk menguji mahasiswa untuk menyelesaikan puzzle algoritma menggunakan bahasa C/C++, Java, Ruby, ataupun Python. Pemenang lomba ini mendapatkan Macbook Pro, dua buah iPhone 6, dan dua buah hardisk eksternal. Berikut daftar pemenangnya.

 

  • Juara 1: Muhammad Ayaz Dzulfikar, Angkatan 2015
  • Juara 2: Rakina Zatta Amni, Angkatan 2013
  • Juara 3: Pusaka Kaleb Setiabudi, Angkatan 2013
  • Juara 4: Ammar Fathin Sabili, Angkatan 2013
  • Juara 5: Dzamil Majdy, Angkatan 2014

Editor : Kama Adritya

You may also like:

Tiga Siswa Asal Indonesia Memenangkan Google Code-in

Ceritakan Jenis Storage Pilihanmu dan menangkan Hadiahnya!

UCBrowser Gelar Kontes Adu Kocak, Siapkan Hadiah Ratusan Juta

Samsung Galaxy Hits Festival Sasar Anak Muda di 16 Kota Indonesia
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy