23 October 2015 | 9017 view(s)
ASRock Meluncurkan Tiga Varian Motherboard Z170

Penulis : Dommara Hadi Saputra

CHIP.co.id - Jakarta, 22 Oktober 2015 lalu, bertempat di Hotel Ibis Style Mangga Dua Square, ASRock kembali meluncurkan produk motherboard terbaru andalan mereka. Dengan kehadiran generasi processor intel terbaru yaitu “Skylake” yang merupakan generasi penerus dari seri sebelumnya Broadwell, ASRock kali ini meluncurkan tiga buah varian Motherboard dengan chipset Z170.

Ketiga buah Motherboard terbaru ASRock ini adalah seri Extreme, seri ASRock Fatal1ty Gaming, dan OC Formula. Walaupun chipset yang digunakan sama yaitu Z170, namun ketiga Motherboard ini mempunyai kemampuan dan feature yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari kebutuhan design, gaming, bahkan overclocking.

Untuk seri ASRock Z170 Extreme7 + yang dijuluki “Bad boy” ini memiliki empat buah slot PCIe x16 Gen3. Slot yang lebih dari satu ini merupakan feature yang dihadirkan ASRock untuk user yang menginginkan komputasi grafis yang tinggi. Dengan spesifikasi seperti itu, Anda dapat menggunakan kartu grafis high end yang bisa me-render grafis dengan cepat seperti AMD FirePro dan Nvidia Quadro.

Selain slot PCIE, ASRock Z170 Extreme7 + juga mempunyai sepuluh port untuk SATA3. ASRock juga menyematkan sebuah feature menarik lainnya yaitu tiga buah slot Ultra M.2 yang mendukung ASRrock U.2 kit dan Intel 750 SSD untuk konfigurasi SSD RAID 0.

Line up kedua yang dihadirkan ASRock pada acara launching kali ini adalah seri ASRock Fatal1ty Gaming dengan model flagshipnya adalah Fatal1ty z170 Gaming K6+. Motherboard ini dilengkapi dengan slot PCIe Gen3 x16 yang mampu untuk menjalankan konfigurasi dual grafis card seperti Nvidia SLI dan ATI Crossfire yang mana menghasilkan performa tinggi ketika menjalankan game terbaru saat ini.

Label gaming yang dipakai oleh Fatal1ty z170 Gaming K6+ juga didukung dengann feature audio yang cukup memberikan pengalaman bermain game yang beda dari biasanya, karena Fatal1ty z170 Gaming K6+ memiliki solusi audio onboard Purity Sound 3 yang sudah teruji di RightMark yaitu salah satu alat pengujian audio professional. Dan yang paling menarik dari Motherboard ini adalah, hadirnya USB 3.1 Front panel pertama di dunia. Tidak hanya USB 3.1 saja, pada front panel ini juga terdapat USB tipe terbaru yaitu USB Type-C.

Motherboard terakhir yang diluncurkan ASRock kali ini adalah Z170 OC Formula. Dari segi penamaannya memang Motherboard ini ditujukan untuk para overclocker enthusiast. Z170 OC Formula mempunyai slot DIMM DDR4 dengan konfigurasi dual channel yang mampu support berjalan pada clock lebih dari 4000Mhz. Salah satu kelebihan yang ditonjolkan oleh Motherboard ini adalah, ketika gagal dalam melakukan overclocking dan Anda tidak dapat melakukan booting untuk masuk ke dalam OS, Z170 OC Formula mampu melakukan reset tanpa harus clear CMOS terlebih dahulu sehingga ini memudahkan overclocker.

ASRock membuktikan sendiri kehebatan Motherboard ini dalam pengujian overclocking yang dilakukan langsung oleh Product Manager ASRock dan sekaligus seorang Overclocker untuk menjajal kemampuan dari Z170 OC Formula yaitu Nick Shih. Dengan menggunakan Z170 OC Formula Nick Shih mampu melakukan overclocking pada processor Intel i7 6700K hingga mencapai clock 6.2Ghz tentunya overclocking extreme ini tidak menggunakan air cooling melainkan Liquid Nitrogen.

Selain jajaran Motherboard Z170, pada saat yang bersamaan ASRock juga mengenalkan NUC terbaru mereka yang diberi nama BEEBOX. ASRock Menghadirkan NUC yang kompak, cepat, dan mempunyai tingkat kebisingan yang sangat rendah.


Editor : Kama Adritya

You may also like:

Daftar Game Jawara PlayStation Awards 2015
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy