01 October 2014 | 5532 view(s)
Lewat Teknologi Microsoft, 500 Anak Muda Bangun Makassar Jadi Smart City

Penulis : Eko Lannueardy

CHIP.co.id - Sejak tanggal 1 hingga 2 Oktober 2014, 500 anak muda dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Universitas di kota Makssar akan berkumpul di Universitas Hasanuddin. Satu tujuan mereka, yakni mengembangkan aplikasi berbasis web dan mobile untuk mengatasi tantangan perkotaan terbesar di Makassar.
 
Anak-anak muda tersebut berpartisipasi dalam ajang CityApp Appathon yang digelar oleh Microsoft bersama CITYNET. Kegiatan ini sengaja digelar dalam format kompetisi pengembangan aplikasi untuk menciptakan teknologi inovatif yang memenuhi kebutuhan sosial ekonomi warga kota Makassar.
 
The Appathon merupakan bagian dari komitmen bersama yang telah disepakati oleh Walikota Makassar, Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto dan Microsoft APAC sejak Mei 2014 untuk memposisikan Makassar sebagai salah satu ‘Smart City’ di Indonesia. Kemitraan strategis ini ditujukan untuk menciptakan keterlibatan warga yang lebih baik, meningkatkan efisiensi pemerintah dan mengembangkan ekosistem perangkat lunak lokal dengan memanfaatkan kekuatan komputasi awan.
 
"Saya senang melihat antusiasme yang tinggi di kalangan mahasiswa yang ingin berkontribusi dan memperbaiki kota mereka dengan mengembangkan aplikasi, untuk mengatasi tantangan perkotaan. Ini adalah langkah pertama kami dalam perjalanan transformasi untuk menjadi kota dengan tingkat efisiensi yang tinggi dan memiliki interkonektivitas yang baik di Indonesia," ujar Ramdhan.
 
Hal senada juga ditegaskan langsung oleh Stefan Sjöström, Wakil Presiden Divisi Sektor Publik Asia, Microsoft yang langsung datang ke Makassar. Ia mengatakan bahwa Appathon adalah batu loncatan dari komitmen jangka panjang Microsoft untuk kota Makassar. Ini adalah gambaran nyata dari pendekatan Microsoft yang berfokus pada masyarakat dalam setiap kerjasamanya dengan pemerintah kota di Indonesia.
 
"Sangat senang rasanya melihat pemerintah Makassar tidak hanya membahas mengenai infrastruktur dalam wacana inovasi kota, tetapi juga bagaimana agar dapat menemukan sumber daya terpenting – yaitu potensi warganya sendiri. Ini merupakan ciri kepemimpinan yang baik,” tambah Sjöström.
 
Melalui Appathon, Microsoft juga mendukung transfer pengetahuan teknologi dan informasi (IT). Tak hanya itu, Microsoft juga berupaya untuk berbagi banyak ilmu pengetahuan lainnya melalui program "Train-the-Trainer" yang diselenggarakan untuk sejumlah guru SMA dan dosen Universitas. Acara ini sendiri telah digelar sejak tanggal 1 hingga 4 September 2014 lalu. 
 
Melalui program Train-the-Trainer ini, beberapa lembaga pendidikan, seperti Universitas Hasanuddin, Universitas Muhammadiyah Makassar, Politeknik Negeri Ujung Padang, dan SMA Negeri 2 Makassar juga ditunjang dengan Office 365. Dengan adanya dukungan tersebut, memungkinkan lebih banyak orang untuk mengakses dan memanfaatkan software yang dapat mengurangi kesenjangan dalam mengakses dunia digital di Makassar.
 
Selain bekerja sama dengan Microsoft, kota Makassar juga bekerja sama dengan CITYNET, jaringan otoritas lokal di tingkat regional yang berfokus pada pengelolaan pemukiman warga. Lebih dari 25 tahun, CITYNET telah membantu pemerintah daerah di kawasan Asia-Pasifik untuk membangun kota yang lebih nyaman bagi warganya, termasuk kota Makssar
 
Youngmin Chang, Direktur Program, CITYNET juga menegaskan bahwa keikutsertaan CITYNET dalam ajang Appathon bersama pemerintah kota Makassar dan Microsoft disambut gembira. Konsep kota cerdas merujuk pada manajemen sumber daya yang cerdas dan efisien serta melibatkan peran masyarakat dalam pembangunan tata kota, dan CityApp Makassar menerapkan konsep ini.
 
Pemenang CityApp Appathon akan diumumkan pada 2 Oktober 2014. Hal yang paling membanggakan bagi tim pemenang adalah aplikasi mereka akan diimplementasikan oleh pemerintah daerah untuk membantu mengatasi tantangan yang dihadapi warga Makassar. Selain itu, pemenang kompetisi ini juga akan menerima hadiah berupa tablet Windows 8.1 dan Windows Phone, serta memperoleh wildcard untuk menjadi semifinalis Microsoft Imagine Cup 2015 Indonesia dalam kategori Citizenship.

Editor : Nur Hasanah

comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy