30 November -0001 | 4800 view(s)
DOKU Myshortcart, Cara Shopify dan DOKU Tingkatkan Penetrasi E-Commerce di Indonesia

Penulis : Eko Lannueardy

CHIP.co.id - Sukses meraih tingkat pertumbuhan bisnis sebesar 300% sejak diluncurkan pada bulan Juli 2013 dan memproses 4000 transaksi di semester pertama 2014, DOKU Myshortcart, solusi pembayaran instan dari DOKU untuk para penjual online mengumumkan kolaborasi terbarunya bersama Shopify. 
 
Shopify, penyedia platform toko online asal Kanada ini menggandeng DOKU sebagai mitra pembayaran online pertama di Indonesia. Dengan solusi terpadu antara DOKU dan Shopify, kini penjual online dapat langsung memiliki toko online sekaligus menerima pembayaran online untuk DOKU Wallet, kartu kredit dan transfer bank.
 
“Hal yang unik dari kolaborasi kami bersama Shopify adalah hadirnya metode pembayaran DOKU yang sudah terintegrasi di menu pilihan check-out dalam Shopify. Dengan begitu, para penjual online tidak perlu lagi melakukan proses instal aplikasi secara terpisah,” kata Imam Akbar Hadikusumo, DOKU Myshortcart Head. 
 
Imam menambahkan hal ini sangat memungkinkan para online seller untuk membuat toko online yang sudah dilengkapi dengan sistem pembayaran dan siap beroperasi dalam waktu singkat. Secara global, saat ini Shopify melayani sekitar 100.000 toko online dari 150 negara di dunia. 
 
Khusus di Indonesia, Shopify mencatat lebih dari 400 toko online berjalan di atas platform yang dimilikinya. Cara membuat toko online ala Shopify-DOKU inipun sangatlah mudah. Para penjual online cukup mendaftar melalui www.shopify.com. Selanjutnya, pilih template yang diinginkan dan upload detail barang/layanan yang akan dijual ke toko online mereka masing-masing. 
 
"Setelah semua proses pembuatan tersebut dilakukan, kini toko online langsung dapat beroperasi dan menerima metode pembayaran DOKU dalam hitungan menit," ujar Imam.
 
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Harley Finkelstien, Chief Platform Officer, Shopify. Ia mengatakan bahwa Shopify sangat optimis akan potensi pertumbuhan e-commerce di Indonesia yang sejalan dengan semakin meningkatnya penetrasi internet dan smartphone.
 
"Prioritas kami disini adalah untuk merangsang bakat-bakat kewirausahaan yang belum terolah dan memastikan mereka dapat sukses, dengan menyediakan platform sarat fitur yang mudah digunakan. Tidak hanya itu, platfor online yang kami miliki juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan ekonomis untuk memulai usaha,” kata Harley.
 
Mengutip Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada akhir 2013, terungkap bahwa bahwa dari 17 juta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, hanya sekitar 75.000 yang memiliki toko online. Hal ini tentu saja menunjukkan peluang yang sangat besar untuk model bisnis seperti Shopify dan DOKU berkembang di tanah Air.

Editor : Nur Hasanah

comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy