You are Here : Home > News > Technology Corporate
01 September 2016 | 1577 view(s)
4 Tahap Awal Memulai Rancang Kota Cerdas

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Beragam definisi, bermacam pemahaman tentang kota cerdas. Konsep mana yang dapat digunakan dan kota mana yang layak jadi benchmark. Akibatnya pembuat kebijakan di daerah sering sulit untuk memulai. Apalagi di tengah ketatnya penggunaan anggaran daerah, kerap kali kota cerdas hanya sebatas impian.

Teknologi memang membantu segalanya, namun tanpa didasari oleh perencanaan awal yang tegas dan jelas, biasanya arah mewujudkan smart city itu sendiri jadi kabur, keluar biaya banyak, namun tujuan membangun kota tak dapat dirasakan oleh masyarakatnya.

Sebuah wacana berikut sangat membantu memulai memikirkan apa sesungguhnya yang diharapkan dari membangun kota cerdas. Ada empat tahap sebagai pijakan awal untuk kemudian mengarahkan para pembuat kebijakan di daerah menentukan roadmap kota cerdas versi kotanya.

 

TAHAP 1

MEMASTIKAN DENGAN JELAS SIAPA WARGANYA

            Tujuan akhir dari membangun kota cerdas adalah bagaimana masyarakat setempat mampu menggunakan, menikmati dan membuat semua hal menjadi lebih sederhana, cepat, efektif dan efisien. Maka, pemerintah daerah selayaknya memahami benar masyarakatnya. Hal-hal seperti tradisi, tingkat ekonomi (termasuk pekerjaan maupun pendapatan) dan pendidikan, akses dan aktivitas hariannya, hubungan sosial, keterbukaan terhadap hal baru, hingga hubungan dengan warga di wilayah lain adalah indikator riset untuk memastikan profil masyarakat. Kondisi geografis dan prikografis amat penting untuk dipetakan.

 

TAHAP 2

MELAKUKAN STUDI

            Dalam hal mulai diinvetarisir persoalan-persoalan yang terjadi, mulai dari infrastruktur, kebutuhan masyarakat, harapan mereka hari ini dan masa mendatang. Sesekali memang perlu untuk mendapatkan pola perilaku dan kebiasaan masyarakat. Lalu apa saja potensi daerah yang dapat dikembangkan dan jangan lupa masyarakat lokal harus menjadi bagian dari pengembangan potensi daerah. Selain itu juga mencari keterkaitan (integrasi) antarbidang sehingga masing-masing dapat saling mendukung.

 

TAHAP 3

MENENTUKAN ARAH KEBIJAKAN KOTA CERDAS

            Hasil studi tadi akan membantu menentukan langkah strategis. Pada tahap ini mulai dirancang pola mengembangkan kebijakan untuk mendorong inisiatif, di mana peran pemerintah dan komponen lainnya, apa tanggung jawabnya, seperti apa obyektif dan tujuannya. Rencana ini sebaiknya didefinisikan secara jelas. Lalu membuat rencana dan strategi tentang bagaimana tujuan akan dicapai. Selain itu menentukan tahapan-tahapan, dimulai dari hal-hal yang paling mendasar hingga berjenjang ke hal-hal berikutnya. Memanfaatkan fasilitas (baik hardware, software maupun infrastruktur) yang tersedia akan membantu memulai mengaplikasikan setiap tahap. Yang penting ada wujudnya, dan sejak itu masyarakat diajak untuk terlibat secara aktif.

 

TAHAP 4

PELIBATAN MASYARAKAT

            Sosialisasi sangat perlu, memanfaatkan tradisi yang sudah berlangsung untuk mengenalkan apa dan bagaimana kota cerdas yang disiapkan oleh pemerintah daerah. Apa itu e-government, bagaimana melibatkan masyarakat berpartisipasi menjadi agen informasi, apa yang dilakukan jika terjadi persoalan di masyarakat, bagaimana melaporkan. Pola instrukstif dari pimpinan tertinggi di daerah hingga pimpinan bawah barangkali perlu untuk membiasakan menggunakan sarana sebuah kota cerdas yang diputuskan. Open government yang siap menerima segala laporan dan keluhan, juga open data yang bisa diakses oleh seluruh warga merupakan bagian dari tahap ini. Gunakan aplikasi mobile yang sudah tersedia sangat membantu sistem pun membiasakan setiap orang untuk berbuat lebih cepat dan tanggap. (*)


You may also like:

Makassar Smart City

Ericsson Yakin Indonesia Akan Lewati Negara Maju di Bidang Smart City

ISCF 2016 @ Bandung

Tiga Hal Penting Kala Bangun Smart City
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy