18 January 2016 | 16357 view(s)
Mengagumkan! First Impression Fujifilm X70

Penulis : Rakhmat Koes

CHIP.co.id - Bagi siapa pun yang memiliki hobi jalan-jalan atau traveling, tentunya tidak seru jika tidak sambil berburu foto, khususnya saat traveling ke destinasi yang eksotis. Usai menghadiri perhelatan Fujikina 2016 yang dilaksanakan di Headquarter Fujifilm, di Kota Tokyo, Jepang, saya berkesempatan menjajal langsung kamera profesional consumer (dikenal dengan istilah prosumer,-red) terbaru dari Fujifilm, yakni X70.

Kamera compact bersensor APSC dengan sensor X-Trans CMOS II dan prosesor EXR II ini, cukup pas dalam genggaman bagi kebanyakan orang Asia. Desain klasik dengan tekstur kulit jeruk, membuat X70 tampil lebih berkelas, selain memiliki fungsi utama agar tidak licin. Bagi saya yang menyukai genre Street Photogtraphy, impresi saya terhadap kamera ini, cukup mengagumkan.

Dengan memainkan cincin aperture, dengan mudah saya dapat mengatur agar pijar mentari terekam baik. (foto: Rakhmat Koes)

Dilengkapi dengan lensa super tajam, Fujinon 18,5mm f2.8 sangat meyakinkan saya untuk terus membesut kamera ini, meski di tengah kondisi minim cahaya sekali pun. Selain didukung dengan bukaan aperture yang cukup besar (f2.8), Fujifilm X70 didukung oleh sensitivitas ISO optimal hingga 6400, bahkan dapat dimaksimalkan hingga 51200 yang dapat digunakan jika dalam kondisi benar-benar gelap. Namun, tentunya tidak direkomendasikan menggunakan ISO lebih dari 6400 untuk meraih hasil berkualitas tinggi.

   

Mengambil foto dimalam hari, maupun siang hari tidak menjadi masalah. Kemampuan X70 sudah mumpuni dengan bukaan aperture besar, serta dukungan ISO tinggi. Detail gambar cukup memuaskan, fokus pun tetap tajam. (foto: Rakhmat koes)

Saat tengah berburu foto di jalanan, satu hal yang saya perlukan adalah kamera yang praktis dan ergonomis, X70 telah mampu memberikan performai tersebut, sehingga saya berhasil meng-capture foto yang berkualitas, dan dapat dinikmati. Selain itu, Fujifilm X70 benar-benar mengingatkan saya pada kamera analog Fujifilm (Fujica) zaman dahulu. Sensasi analog benar-benar terasa, khususnya saat saya mencoba bermain-main aperture (terletak pada ring lensa), memindahkan shutter speed tinggi ke rendah, juga saat memainkan kompensasi cahaya.

   

Meski low light, point of interest masih terlihat jelas, sehingga cahaya pada foto lebih dinamis. (foto: Rakhmat Koes)

 

Pengalaman lain yang cukup mengagumkan adalah fungsi LCD touchscreen yang sensitivitasnya cukup baik. Hal tersebut cukup membantu saat saya mencoba merekam gambar secara candid (sembunyi-sembunyi,-red). Bagi Anda yang senang berfoto selfi (self-portraits) atau wefie (foto bersama-sama), maka Fujifilm X70 boleh jadi pilihan yang tepat bagi Anda, karena dilengkapi dengan LCD 3.0 inci yang dapat diubah posisinya (titling) hingga 180 derajat. 

Spesifikasi Fujifilm X70                                                        

  • Resolusi 16,3 Megapixel
  • Sensor APSC X-Trans CMOS II
  • Lensa: Fujinon 18,5mm f2.8 (setara dengan 28mm)
  • Shutter Speed 1/30-1/32000
  • ISO 200-64000
  • Ukuran 113 x 64 x 44mm
  • Berat 340gr

You may also like:

Fujifilm Hadirkan Mirrorless Entry Level Terbaru

Fujikina 2016: Mengintip Pabrik Fujifilm X-series

Fujifilm X-Pro2, dan X-E2s Segera Beredar di Indonesia

Fujikina 2016: Mempersembahkan Mirrorless Premium
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy