08 January 2016 | 8712 view(s)
CES 2016: Harga yang Terlalu Mahal Untuk Sebuah Dunia Virtual

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Akhirnya, produk virtual reality pertama yang akan dijual dengan bebas sudah mengumumkan harga dari satu unitnya. Sayangnya, harga tersebut ternyata jauh di atas ekspektasi orang-orang. Akankah teknologi ini sukses dengan harga semahal itu?

Sebelumnya di awal acara CES 2016, Oculus mengumumkan bahwa pada tanggal 6 Januari 2016 waktu Las Vegas, pemesanan pertama dari perangkat virtual reality buatan mereka akan segera dimulai. Oculus Rift yang tadinya hanya berupa perangkat untuk developer, akhirnya sudah bisa dibeli bebas oleh semua orang.

Namun, di hari H waktu pemesanan tersebut, harga dari Oculus Rift pun akhirnya diumumkan. Dan harga tersebut membuat seisi ruangan pada terkaget.-kaget. Oculus menyatakan bahwa harga untuk seperangkat Oculus Rift adalah sebesar $599. Harga tersebut jauh di atas dugaan. Saat masih dalam masa developing dan Kickstarter dulu harga seperangkat Oculus hanyalah $300-an saja. Sehingga, banyak orang yang menduga harganya tidak akan jauh dari $350. Apalagi dulu Palmer Luckey selaku pendiri Oculus pernah mengatakan bahwa VR jika harganya berada di atas $300 maka tidak akan laku.

Memang, harga $599 itu sudah termasuk controller Xbox One, beberapa game seperti EVE: Valkyrie dan Lucky's Tale, dan remote. Namun, paket tersebut tetap tidak bisa dijadikan alasan mengapa harganya demikian jauh berbeda. Terlebih lagi, spec komputer untuk dapat menjalankan Oculus dengan mulus juga sangat tinggi. Yang artinya butuh uang tambahan di atas 10 jutaan lagi untuk komputernya saja. Anda membutuhkan graphic card minimal setara GeForce 970 dan prosesor minimum setara i5. Jika ditotal, maka kita membutuhkan dana sekitar 17 jutaan agar dapat menggunakan virtual reality di rumah.

Hal ini juga membuat perhatian tertuju kepada para produsen VR lainnya, seperti HTC Vive, dan Playstation VR. Apakah mereka juga akan mengeluarkan produk virtual reality dengan 'modal' semahal itu? Jika Anda tertarik dan mampu untuk membeli Oculus Rift, Anda bisa memesannya di shop.oculus.com dan akan menerimanya di bulan Juni 2016. Namun, harus diingat bahwa Indonesia tidak termasuk di dalam 20 negara yang bisa dikirim Oculus. Bahkan, negara Asia hanya Jepang dan Taiwan saja yang termasuk dalam list.

 


You may also like:

Mulainya Era Virtual Reality

Samsung Gear VR Oculus

MWC 2016: HTC Vive Memastikan Mahalnya Teknologi Virtual Reality

NVidia Dirancang Untuk Hadirkan Virtual Reality di Depan Anda
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy