06 June 2013 | 9871 view(s)
Menunggu Scottrade Lokal

Penulis : Hermawan Sutanto

CHIP.co.id - Booming bisnis online di Indonesia! Kenaikan jumlah masyarakat kelas menengah mendorong peningkatan konsumsi. Semua barang laris manis dibeli, berapa pun harganya. Di sisi lain, kredit juga mengucur  deras seiring dengan kenaikan daya beli. Kondisi ini merupakan peluang bagi "Amazon Indonesia" seperti Lazada.co.id, "Nordstrom Indonesia" seperti Zalora.co.id, "BestBuy Indonesia" seperti Bhinneka.com, hingga "Craiglist Indonesia" seperti Kaskus untuk berkibar dan tumbuh semakin besar.
Investasi online

Namun, ada satu hal yang kurang bagi saya, yaitu investasi online. Semua yang disebut di atas adalah belanja online yang sifatnya mengeluarkan uang. Akan lebih fair jika booming online di Indonesia juga dibarengi dengan booming investasi online. Memang ada banyak perusahaan trading saham yang sekarang sudah menyediakan fasilitas investasi online. Salah satunya eTrading yang menyediakan tool yang menarik untuk melakukan jual-beli saham secara online. Lalu, apa kekurangannya?

Tidak semua orang jago dalam jual beli saham secara real-time. Dibutuhkan lebih dari sekadar keberuntungan untuk meraup untung di pasar modal. Teknik, pengetahuan, dan keberanian dalam mengambil risiko menjadi kunci keberhasilan. Di sinilah reksadana berperan karena ada profesional yang menjadi penjaga gawang dan mengelola investasi. Namun, membeli reksadana online di Indonesia belum semudah membeli reksadana online di Amerika Serikat.

Reksadana online

Cara umum membeli reksadana sekarang masih manual: mengisi form, mentransfer dana, dan melaporkan pembelian ke penyedia reksadana via fax atau e-mail. Cara lainnya, pembelian dan penjualan melalui web. Ada dua penyedia transaksi online reksadana yang dikenal luas dan dipakai orang, yaitu CommonWealth dan HSBC. Nasabah kedua bank tersebut bisa melakukan transaksi reksadana online melalui internet banking mereka.
Namun, pilihan reksadana di kedua bank itu masih terbatas. Belum ditemukan penyedia jual-beli reksadana online yang komplet, seperti halnya Scottrade di Amerika. Apa yang membedakan layanan online Scottrade atau yang sejenis de-ngan layanan investasi yang tersedia di sini?

Pertama, fungsi riset mereka sangat powerful. Fungsi ini dibutuhkan bagi calon investor untuk memilah-milah reksadana yang pas dengan profil investasi mereka. Pelanggan bisa memfilter beragam jenis reksadana berdasarkan tingkat pe-ngembalian, ongkos pemotongan, industri, grup penyedia reksadana, faktor risiko, dan seterusnya. Misalnya, di Scottrade kita bisa memilah reksadana-reksadana yang memberikan pengembalian > 15% setahun dan tingkat kemapanan pengembalian dari bulan-ke-bulan baik, dari sektor industri pertambangan, dengan biaya <2%, dan diterbitkan oleh kelompok usaha X.

Kedua, pilihan reksadana yang hampir meliputi semua pilihan yang ada. Tidak  perlu lagi membuka account di bank A agar bisa jual-beli reksadana X dan di bank B agar bisa jual-beli reksadana Y. Dengan satu account di Scottrade, investor di AS bisa memiliki opsi investasi hingga ribuan jenis.

Ketiga, detail yang tersedia untuk setiap reksadana, dari grafik chart hingga statistik terintegrasi dalam sistem tanpa perlu mencari terpisah di Yahoo! Finance atau portal Bloomberg. Calon investor bisa dengan mudah melihat tren berdasarkan performa dari masing-masing reksadana dalam rentang waktu tertentu.
Keempat, ada bantuan "rating" dari institusi tertentu (di AS salah satunya adalah Morningstar rating), bagi calon investor baru yang benar-benar buta me-ngenai apa yang mereka akan beli. Mereka bisa menggunakan rating ini sebagai acuan.

Semua feature-feature itu benar-benar memudahkan dan menyemangati orang yang ingin berinvestasi online. Saya berharap dalam waktu dekat akan ada layanan semacam Scottrade di Indonesia yang mendorong orang untuk berinvestasi dan mengurangi konsumsi. Semoga.  


Editor : Insaf Albert Tarigan

comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy