You are Here : Home > News > Technology
30 November 2015 | 2120 view(s)
Pemda DKI Akan Buat Smart City Mini di Pluit

Penulis : Eka Santhika

CHIP.co.id - Jakarta jadi propinsi pertama yang membuat UPT khusus untuk menangani smartcity.  UPT ini dibangun untuk mengembangkan inisiatif Smart City Jakarta. Meski tak masuk finalis World Smart City Award 2015, namun komitmen Jakarta untuk terus mengembangkan smart city tak padam. Selain itu inisiatif ini menurut Setiaji, Kepala UPT Smartcity Jakarta mendapat dukungan Gubernur Jakarta, Basuki Tjaja Purnama. Pengembangan kawasan smart city Jakarta ke depan akan dimulai dari dengan mengembangkan mini smart city area di kawasan Pluit. 
 
Meski diakui biaya mengembangkan sistem ini tak murah, namun Ahok percaya dengan mengembangkan ini bisa membuat anggaran operasional Pemda Jakarta lebih ramping. Salah satunya adalah harapan agar penerapan smart city juga mengefisiensikan biaya ATK Pemda DKI. "Biaya ATK DKI itu 500M setahun, gila loh. Makanya saya minta agar bisa paperless itu," terangnya di Jakarta, Kamis (26/11/2015).
 
Saat ini menurut Setiaji, dana TI untuk seluruh SKPD di Jakarta mencapai 300-400 miliar. Meski tidak diungkap berapa dana yang dialokasikan untuk UPT Jakarta Smart City yang ada di bawah Dinas Komunikasi dan Informatika DKI Jakarta ini. Harapan Ahok, dengan penerapan Smart City bisa mengakomodasi berbagai keperluan Gubernur untuk mengatur propinsinya dan keperluan yang lain. "Saya ingin smart city bisa buat program membantu mengawasi fraud. Saya yakin kunci atasi korupsi adalah dengan tranparansi," tuturnya dalam acara Power Lunch Jakarta Smart City yang diadakan oleh IT Media Group Kompas Gramedia Majalah. 
 
Pemda DKI juga ingin mendorong agar para developer bisa mengembangkan aplikasi yang bisa membantu warga Jakarta. Oleh karenanya, Pemda DKI membuka API mereka sehingga bisa dimanfaatkan developer untuk membuat aplikasi.  Inisiatif ini membuat Jakarta jadi propinsi pertama yang menyediakan API itu. Selain itu, untuk mendukung kerja dan diskusi para developer, Ahok menyebutkan bahwa Pemda menyediakan ruang khusus yang digadang-gadang akan menjadi inkubator bagi pengembang aplikasi yang akan berkontribusi untuk aplikasi untuk Pemda Jakarta.

Editor : Kama Adritya

You may also like:

Kenali Logo Sertifikasi pada Power Bank

Cerdas Memilih Powerbank

Tiga Hal Penting Kala Bangun Smart City

Bangun Infrastruktur, Sebelum Mimpi Bangun Smartcity
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy