Advertisement
19 April 2016 | 3403 view(s)
Dicari Calon Start Up Keren dan Kreatif

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id – DNA (Device, Network, Application), begitulah Rudiantara (menteri Komunikasi dan Informatika) menyebut tiga pilar industri digital kreatif Indonesia. Dalam hal pilar Application, Indonesia butuh banyak sekali aplikasi yang tidak hanya siap “bertarung” di dalam negeri, namun juga skala regional maupun global. Hari ini, Indonesia sudah masuk tiga besar sebagai negara dengan jumlah start up (perusahaan pemula) terbanyak di dunia.

Menurut catatan startupranking.com, Indonesia berada di bawah Amerika dan India. Negara Paman Sam punya 5.307 start up, negeri Bollywood koleksi 2.532 start up. Indonesia tercatat sudah 1.038 start up. Masalahnya, apakah aplikasi karya start up Indonesia ada yang mentereng, keren dan kreatif sehingga dilirik dan digunakan di negara lain sebagai sebuah aplikasi global?

Nah, ini ujian buat Anda yang peduli dan ingin membangun bisnis berbasis ekonomi kreatif digital. Bayak contoh sukses, dan Anda mustinya mudah untuk menjadi bagian ekosistem ini. Mengapa?

Pemerintah telah mencanangkan melahirkan 200 start up berdaya guna dan siap berkompetisi setiap tahun. Untuk melahirkan start up sukses setidaknya lima tahapan, antara lain lewat proses Talks, Workshop, Hackathon, Bootcamp dan Inkubasi.

Mengapa lima tahap?

Tidak ada ada proses instan. Sebuah start up harus lahir dari cara matang dan memahami segala seluk beluk dan aspek bisnis, manajerial maupun kreativitas. Sehingga di tahun 2016 ini, diharapkan akan lahir start up yang bakal bikin Indonesia sebagai “The Digital Energy of Asia”, seperti yang dikehendaki pemerintahan Jokowi.

Esok, 21 April 2016, CHIP bersama Indosat Ooredoo bakal bikin gebrakan. Apa yang harus Anda siapkan?

 

#1. Gagasan

PIkirkan ide, kumpulkan hingga segudang. Koleksi ide dari benak sendiri, kolektivitas bersama teman, melihat sehari-hari perilaku masyarakat, kebutuhan warga, dan banyak lagi inspirasi ide. Jangan patahkan ide, kendati sekecil apa pun itu. Segera tulis, jangan sampai meluap hingga kelak Anda terhenyak dan berkata, “Lho! Itu dulu kan ide gue!” alias kecewa karena ide Anda sudah disambar orang lain.

 

#2. Mimpi

Biarkan benak Anda bermimpi, seperti ketika para pendiri bangsa memimpikan Indonesia Merdeka. Dalam tekanan dan ketidakmungkinan, segala sesuatu bisa berubah menjadi keniscayaan dan kenyataan. Mimpi memang masih bersifat abstrak dan mungkin bualan. Namun sepanjang Anda percaya diri untuk mengubah mimpi menjadi realita, sejak itu pula titik start menjadi start up itu sudah dijalankan.

 

#3. Bertarung

Ayo semangat! Salah satu kerja hidup adalah bertarung, berkompetisi. Bukan kah hidup memang perlu bersaing untuk menjadi manusia paling mulia. Go-jek boleh top of mind, tetapi zaman selalu membuktikan perguliran dan pergantian. Artinya kesempatan dan peluang itu sesungguhnya terbuka lebar-lebar. Anda tentu ingin jadi manusia kuat. Dan, bersaing itu lah modalnya.

 

So, cukup? Siap? Tunggu tanggal 21 April….Ada apa dengan calon Start Up Indonesia? (*)


You may also like:

Akselerator Plug and Play Hadir di Indonesia

Bootcamp IWIC 10: Berbagai Tips Sukses dari Founder Startup

Apa Saja yang Penting Saat Membuat Aplikasi?

Bangun Ekosistem, 1000 Startup Gelar Ignition Kedua di Jakarta
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy