25 October 2016 | 14057 view(s)
Xiaomi Mi Mix Pecahkan Rekor Bezel-less

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Ya! Era bezel-less sudah dimulai. Dan pencetusnya yang  produnya pun telah dirilis secara resmi lengkap dengan harga adalah Xiaomi lewat seri Mi Mix. Tengok saja persentase layar terhadap permukaan depan yang  sebesar 91,3 persen. Maka secara teknis sisa space depan seluas 18,7 persen hanya diperuntukkan bagi part lain.

Konsep bezel-less sebenarnya sudah jadi bahan pembicaraan sejak awal tahun ini. Samsung lah yang mengemukakan.  tetapi Xiaomi yang mewujudkan. Dengan persentase di atas 90 persen maka  nyaris seluruh permukaan didominasi oleh layar. Bahkan bagian atasnya pun full screen.

Dimensi layar Xiaomi Mi Mix sendiri cukup luas untuk ukuran sebuah smartphone, yang nyaris berukuran layar phablet. Tercatat seluas 6,3 inci. Maka opsi rasio layar tak lagi hanya 16:9 melainkan 17:9. Hal ini membuka peluang untuk menampilkan video atau game dengan rasio yang lebih sepadan.

Tak hanya layar, Xiaomi Mi Mix juga unggul lantaran menggunakan bahan keramik mulai cover belakang, frame dan tombol di samping.

Untuk pengoperasian Xiaomi mengenalkan teknologi tombol lunak (soft key) bernama Quick Ball yang dapat di-auto hide. Kemudian dipergunakan pula modul kamera yang lebih kecil yang setengah ukuran kamera normal. Kamera 16 MP ini juga siap merekam video 4K.

Di dalam perangkat bercokol prosesor punya Qualcomm seri Snapdragon 821 yang dianggap menjadi SoC paling kencang menjelang akhir tahun. Prosesor dengan clock speed 2,35 GHz ini juga digunakan oleh Google Pixel.

Xiaomi Mi Mix disiapkan dalam dua varian, masing-masing versi 128 GB memori internal plus RAM 4 GB, serta seri yang berhias emas 18 karat, Xiaomi Mi Mix 18k yang punya memori 256 GB dengan RAM 6 GB.

Perbandingan tampilan video; Xiaomi Mi Mix (kiri), iPhone 7 Plus (kanan)

Seri ini seperti jadi jagoan yang bakal ditiru oleh vendor lain. Bagaimana tidak jika Xiaomi melengkapi dengan seluruh layanannya. Termasuk up grade UI MIUI versi 8. Lantas moda pembayaran Mi Pay yang mengandalkan NFC.

Kedua varian diperkuat oleh baterai berkapasitas 4.400 mAh. Untuk mempercepat proses isi ulang tenaga sebuah aplikasi milik Qualcomm yang terdapat di SoC yaitu Quick Charge 3.0 pun siap sedia.

Paket penjualan Xiaomi Mi Mix.

Harga dua varian ini bahkan telah dirilis. Untuk versi 128 GB dilego sebesar sekitar Rp 6,7 juta, sedangkan varian 18k dijual seharga Rp 7,7 juta. (*)


You may also like:

Xiaomi Redmi 4A Resmi Dibuat di Indonesia

Selain Mi5s dan Mi5s Plus, Xiaomi Masih Punya Perangkat Baru

6 Hal Menarik dari Xiaomi Yi M1 Mirrorless

Xiaomi Luncurkan Mi5s dan Mi5s Plus
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy