You are Here : Home > News > Tips Security Android
16 April 2013 | 1254 view(s)
Serangan Malware di Android Melonjak Tajam di 2012

Penulis : Bambang Kartika H

Menurut riset dari perusahaan mobile security NQ, serangan malware terhadap Android kian berlipat ganda di 2012 lalu. Bila pada tahun 2011 lalu terjadi 10,8 juta kali serangan, maka serangan tersebut naik hingga 3 kali lipat menjadi 32,8 kali di 2012.

Ilustrasi: BGR.com

CHIP.co.id - Ponsel pintar kini kian digunakan sebagai teman beraktifitas. Tak hanya untuk bersenang-senang, ia bahkan turut digunakan untuk berbisnis. Apalagi, dengan berkembangnya konsep Bring Your Own Devices (BYOD) di dunia bisnis.

Khusus ponsel Android, sepertinya Anda harus makin rajin menjaga keamanannya. Menurut riset dari perusahaan mobile security NQ, serangan malware terhadap Android kian berlipat ganda di 2012 lalu. Bila pada tahun 2011 lalu terjadi 10,8 juta kali serangan, maka serangan tersebut naik hingga 3 kali lipat menjadi 32,8 kali di 2012.

Dari peningkatan jumlah serangan tersebut, 95% serangan hanya ditemukan di perangkat Android saja. Dapat disimpulkan bahwa sistem operasi milik Google tersebut merupakan target utama serangan siber.

Mayoritas serangan terhadap Android tersebut teradi di 3 negara, yakni Cina, India, dan Rusia. Meskipun begitu, bukan berarti Indonesia aman dari serangan. Lebih baik mencegah sebelum terkena serangan, bukan?

Berikut ini CHIP berikan beberapa tips untuk mencegah perangkat Android Anda menjadi korban serangan siber:

  • Jangan unduh aplikasi sembarangan. Pastikan mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya dan resmi, yakni Play Store.
  • Pikir berulang kali sebelum melakukan root di perangkat Android Anda. Selain akan menghilangkan garansi, kita tak pernah tahu apa saja yang terkandung dalam file root tersebut, bukan?
  • Pasang aplikasi antivirus mobile yang Anda percaya. Sekali lagi, pastikan Anda mengunduhnya dari situs antivirus yang bersangkutan, atau via Play Store untuk menjamin keasliannya.

Editor : Insaf Albert Tarigan

You may also like:

Pemerintah Amerika, Heartbleed Adalah Ancaman Serius

Peneliti Ungkap Ribuan Terget Bug OpenSSL Heartbleed

Tingkatkan Keamanan, Yahoo Mengenkripsi Layanan

Palo Alto Networks Gandeng Ingram Micro Indonesia Sebagai Distributor
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP