You are Here : Home > News > Tips Startups Advertorial
15 August 2016 | 2751 view(s)
Mengapa Memilih Platform Mobile untuk Startup?

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Hadirnya Bukalapak, Go-Jek, Tokopedia, Kaskus, dan lain-lain yang membawa kisah sukses seolah seperti cerita dongeng. Karenanya, kisah kesuksesan mereka yang menggiurkan tersebut membawa banyak orang ingin membuat startup agar dapat mencicipi kesuksesan tersebut. Hingga kini muncul para enterpreneur muda yang mengadu nasibnya di dunia startup.

Berdasarkan dari data yang diberikan oleh Google, bahwa Indonesia adalah negara Mobile First, atau negara yang lebih banyak menggunakan perangkat mobile untuk kebutuhan komputasi ketimbang komputer desktop itu sendiri. Sebanyak 61% orang menghabiskan waktu selama 5,5 jam di mobile, sangat kontras dibandingkan dengan hanya 17% pengguna komputer desktop yang selama 1 jam saja. Selain itu, pengguna smartphone juga hampir setiap hari selalu aktif dan kerap kali mengakses 16 aplikasi maupun situs online per hari. Penetrasi penggunaan smartphone di Asia, Indonesia tergolong masih pemula dengan penetrasi sebesar 43%, meski tidak jauh berbeda dengan Jepang yang 54%, namun sangat jauh ketinggalan dengan Singapura yang bisa mencapai 88%.

Meski demikian, di Asia, Indonesia memperoleh angka kepemilikan smartphone sebagai perangkat utama paling tinggi dibanding dengan yang lain. Indonesia mencapai angka 49%, jauh di atas negara seperti Jepang sekalipun yang hanya 33% saja. Begitupula dengan penggunaan aplikasi/apps yang terinstall bisa mencapai angka 33, meski masih tergolong rendah dibanding yang lain, namun tidak jauh berbeda dengan negara maju Asia lainnya yang juga berada di angka 30-40an, meski Korea Selatan bisa menginstall aplikasi sampai dengan 57 apps per satu device.

Jika dilihat dari data sebelumnya yang mengatakan bahwa jumlah akses per hari orang Indonesia ke aplikasi/situs hanya 16 apps saja, artinya dari 33 apps yang terinstall hanya separuhnya saja yang digunakan. Kebanyakan orang Indonesia hanya menggunakan aplikasi yang berbasis sosial media, chatting, dan game saja. Namun, kebiasaan orang dalam mencari informasi mulai bergeser. Kalau sebelumnya orang lebih suka mencari informasi lewat website online, kini mulai bergeser ke aplikasi/apps sehingga hampir 70%. Hal ini lebih disebabkan karena semakin canggihnya perangkat search engine di mobile, sehingga orang lebih nyaman menggunakan apps di smartphone untuk berinternet.

Maka tak heran kalau para inovator yang sukses adalah mereka yang turut bergerak di platform mobile. Seperti Bukalapak yang merupakan salah satu pemenang dari Indosat Wireless Innovation Contest. Meskipun berawal dari e-commerce perangkat komputer, namun setelah masuk ke platform mobile lah yang membuat startup Indonesia ini melejit.

Bicara tentang mobile, ada acara bernama IWIC yang cocok untuk dijadikan awal dari usahamu di Startup. Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest atau yang sering disebut dengan IWIC, kini memasuki tahun ke-10. Kompetisi tahunan ini resmi dimulai pada hari Kartini tanggal 21 April 2016 lalu. IWIC itu sendiri adalah ajang kompetisi inovasi teknologi di bidang wireless yang diselenggarakan Indosat Ooredoo. Kompetisi yang telah diselenggarakan secara tahunan dari tahun 2006 ini adalah bagian dari program CSR Indosat Ooredoo pilar INOVASI.

Yang membedakan IWIC ke-10 ini dengan IWIC sebelumnya adalah diterimanya pendaftaran peserta dari luar negeri, karena sesuai dengan tema go global "Change The World". Kemudian juga akan diadakan Pesta Digital Anak Indonesia, di mana berupa ajang hackathon atau pembuatan aplikasi dalam waktu tertentu bagi peserta anak dan remaja. Kemudian juga ada Developer Challenges yang akan menantang para developer dengan tantangan khusus. Serta berbagai macam seminar dan talkshow bagi para developer.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi https://iwic.indosatooredoo.com/en/


You may also like:

Ingin Buat Aplikasi yang Mendunia? Buatlah Sosial Media!

Pengumuman IWIC 10

Inilah Para Pemenang IWIC 10 di Tahun 2016 Ini!

Jumlah Proposal Untuk IWIC 10 Tahun Ini Kembali Melampaui Target
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy