21 June 2016 | 14012 view(s)
Jumlah Pengguna Spotify Kalahkan Apple Music

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Setelah melakukan penetrasi yang cukup progresif akhirnya perlahan Spotify meraih hasil positif. Dalam peta persaingan industri distribusi musik digital, Spotify sebenarnya tidak sendiri. Selain harus berhadapan dengan sejumlah aplikasi sejenis baik yan berskala global maupun lokal, Spotify musti bertarung dengan OTT, seperti Google.

Berbagai cara dilakukan oleh Spotify. Di Indonesia, pengelola aplikasi ini bekerjasama dengan Indosat Ooredoo.  Operator yang memiliki data base pelanggan remaja lewat paket IM3-nya itu memberikan paket istimewa. Tak heran jika kemudian efek kesebarannya sangat tinggi. Bahkan pelanggan muda dari operator lain.

Tempo hari managemen Spotify mengklaim bahwa aplikasi yang bermarkas di Swedia ini telah menarik pengguna di seluruh dunia mencapai 100 juta orang. Memang, jumlah itu adalah total di mana sebagian besar merupakan pengguna gratisan.

Kantor pertama Spotify beberapa tahun silam di Swedia.

 

Tetapi sebanyak 30 persennya atau 30 juta disebut merupakan pengguna berlangganan. Seperti Anda tahu, ada dua jenis kepenggunaan di Spotify. Masing-masing adalah Spotify Free dan Spotify Premium. Yang kedua ini menggunakan harga dengan angka sama, yaitu 9,99 dolar atau 9,99 euro atau 9,99 pounds per bulan.

Apa hebatnya peraihan angka 30 juta pelanggan berbayar?

Ya, aplikasi yang digagas pada 10 tahun lalu itu telah mengalahkan Apple Music dalam hal jumlah pelanggan berbayar. Apple Music tercatat baru 15 jutaan pelanggan alias baru separuhnya. Padahal jelas bahwa Apple Music termasuk salah satu inisiator distribusi musik digital berbayar.  Makanya Apple pun tengah melakukan pembenahan termasuk salah satunya soal desain.

Siapa lagi yang dilewati Spotify?

Pandora. Aplikasi serupa yang lebih dulu berkibar. Tetapi belakangan jumlah penggunanya sudah berada di titik jenuh. Terbukti tak naik dan mentok di angka 80 jutaan. Ini angka total.

Amazon yang memiliki Amazon Prime bernasib sama. Kabarnya hanya sampai angka 40 juta total. Kendati secara resmi Amazon tak pernah merilis angkanya. Sementara Google Play juga bungkam. (*)


You may also like:

Google Selenggarakan Event Google Playtime di Singapura

Apple Music Sudah Tersedia di Google Play Store

Spotify Journey, 10 Tahun, 100 Juta Users

Pokemon GO Turut Merambah Peringkat Musik di Spotify
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy