Advertisement
You are Here : Home > News > Web & Internet
10 November 2016 | 5386 view(s)
Analisa Performa dan Prediksi E-Commerce di Akhir 2016 Ini

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id -  Tanggal 11 November umumnya dikenal sebagai Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Hari di mana para e-commerce akan saling berlomba-lomba untuk memberikan penawaran yang menarik bagi konsumen.

Situs kupon online, Flipit.com dan Voucherpedia.com.ph menerbitkan sebuah infografis yang berisikan analisa performa LAZADA Online Revolution sale pada tahun 2015 lalu dan pengaruhnya terhadap situs kupon Online Flipit.com di Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina) beserta prediksi permintaan kupon selama 11.11 - 12.12 di Tahun 2016.

Kemeriahan acara online sale ini ternyata tidak hanya dirayakan oleh konsumen online namun juga oleh berbagai situs pendukung eCommerce seperti situs kupon online. Seperti bagaimana kita ketahui, ada situs yang mengumpulkan beragam macam kupon maupun penawaran untuk e-commerce melalui situs mereka.

Selama kampanye Lazada Online Revolution, tidak hanya website Lazada saja yang didatangi oleh banyak pengunjung, namun juga situ kupon online seperti Flipit.com. Hal ini membuktikan bahwa konsumen online semakin cerdas dalam mencari ekstra diskon baik dari eCommerce itu sendiri maupun website penyedia diskon online.

Mengikuti jejak sukses Alibaba single’s day online sale di Cina, berbagai eCommerce besar di Asia Tenggara membuat acara serupa, salah satunya adalah LAZADA. Selama satu bulan mulai dari tanggal 11.11 - 12.12, Lazada memberikan diskon spesial hingga 70% off. LAZADA Online Revolution sale merupakan acara online sale terbesar di Asia Tenggara. Tahun lalu contohnya, LAZADA mampu merauk penjualan 6x lipat lebih banyak dibandingkan dari hari biasanya.

Berdasarkan data yang didapat dari acara tahun lalu tersebut itu, di dapat kesimpulan yang memetakan performa dan dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada Harbolnas tahun ini. Berikut ini adalah infografis yang keluarkan oleh Flipit.

 

Point penting dari Infografik Flipit dan Voucherpedia Ph:

 

  • E-commerce di Asia Tenggara (SEA) berkembang secara eksponensial setiap tahunnya.
  • Peluang bisnis online di Indonesia dan Filipina terbilang masih cukup besar dilihat dari ukuran dan penetrasi market dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya.
    • Indonesia: penetrasi online market 28% Tahun 2015 dan 34% di Tahun 2016
    • Filipina:  penetrasi online market 44% Tahun 2015 dan 53% di Tahun 2016
  • Pasar online Singapura dan Malaysia tergolong sudah cukup matang.
    • Malaysia: penetrasi online market 66% Tahun 2015 dan 71% di Tahun 2016
    • Singapura: penetrasi online market 81% Tahun 2015 dan 83% di Tahun 2016
  • Kenaikan traffic dan sales yang dialami oleh LAZADA juga memberikan pengaruh positif terhadap situs kupon online seperti Flipit.com
  • Kenaikan traffic situs Flipit selama 11.11/12.12
    • Indonesia: 135%
    • Malaysia:  46%
    • Singapura: 91%
  • Produk terpopuler yang banyak di beli di LAZADA selama 11.11/12.12
    • Indonesia: Mobile, tablet, susu formula, dan popok bayi
    • Malaysia:  Produk anak dan bayi, aksesoris fashion, dan produk rumah tangga
    • Singapura: Mobile, tablet, pakaian, dan produk rumah tangga
    • Filipina: Mobile dan popok bayi
  • Kupon LAZADA di Flipit yang paling banyak digunakan selama 11.11/12.12
    • Indonesia: 12% off non-elektronik
    • Malaysia:  10% off semua produk
    • Singapura: 10% off elektronik
  • Kupon yang memiliki diskon bernilai persentase lebih populer dibandingkan dengan kupon diskon bernilai nominal, kupon pengiriman gratis atau kupon hadiah.

 

Cyrielle Grosgurin, selaku International Account Manager di Flipit.com  mengatakan “Acara online sale ini merupakan momen yang penting bagi Flipit.com. Melihat antusiasme kosumen dalam mencari kupon online tahun lalu dan prediksi LAZADA terhadap kesuksesan online sale tahun 2016 ini, Flipit.com memprediksikan kenaikan permintaan kupon LAZADA sebesar 3x lipat dari tahun sebelumnya selama 11.11 - 12.12.”

Flipit dan VoucherPedia Ph adalah anak perusahaan Imbull BV yang berbasis di Belanda, affiliate marketing specialist terkemuka karena keahliannya dalam dunia kupon online. Perusahaan ini berkembang pesat secara internasional dan kini aktif di 22 negara di dunia. Flipit berusaha untuk memberikan nilai lebih kepada konsumen, brand dan pengiklan dalam wujud kupon online.

 


You may also like:

Lima Alasan UKM Bisa Untung Dengan Jualan Online

Review: Lenovo Vibe C

Flash Plus 2 Kini Sudah Bisa Dibeli di Lazada

Top 10 Toko Online Indonesia Paling Sering Dikunjungi
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy