You are Here : Home > Publication > General
CHIP Juli 2014
25 June 2014 | 74211 view(s)
Selamat Tinggal Google
Google sudah menjadi malaikat yang mencatat berbagai aktivitas penggunanya. Hanya dengan mengetikkan keyword, kita bisa mencari tahu dan mengingat kembali berbagai hal yang telah terjadi. Terlebih lagi, Google kini sudah berkembang menjadi lebih dari sekadar mesin pencari. Di sisi lain, timbul kekhawatiran Google dan atau pihak lain memanfaatkan informasi yang diperoleh dari penggunanya untuk kepentingan pengiklan, badan intelijen atau institusi lain yang pada akhirnya merugikan pengguna. Sekaranglah saatnya melepaskan diri dari ketergantungan terhadap Google! CHIP menawarkan beberapa layanan alternatif terbaik yang umumnya gratis dan tidak rakus mengoleksi data pribadi Anda. Ulasan berbagai layanan alternatif Google ini bisa dibaca di halaman 44-49.
 
Performa Graphics Card dengan CUDA Core
Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih graphics card. Terlebih lagi jika produsen merilis beberapa varian graphics card yang serupa tapi tak sama. Contohnya adalah NVIDIA GeForce GT 630. Sampai saat ini, NVIDIA sudah merilis setidaknya graphics card GeForce GT 630 dengan GPU berbeda yaitu GPU GK107 (192 unit CUDA Core, memori GDDR3 hingga 2 GB), GPU GF108 (96 unit CUDA Core, memori GDDR5 hingga 1 GB) , dan GPU GK208 (384 unit CUDA Core, memori GDDR3 hingga 2 GB). Untuk mengetahui perbedaan performanya CHIP menggunakan dua graphics card GeForce GT 630 yang berbeda varian yaitu ASUS GT630-2GD3 (GPU F108) dan ASUS GT630-SL-2GD3-L (GPU GK208). Simak paparan hasil pengujiannya di halaman 110-113.
 
Baterai Ultra Awet
Berbagai teknologi baterai masa depan terus dikembangkan. Baterai Lithium-ion generasi terbaru yang telah disempurnakan dan ditingkatkan densitas energinya hingga 10 kali lipat bisa menenagai smartphone lebih lama. Selain itu, ada pula riset lain yang bertujuan mengembangkan bahan lain untuk menggantikan Lithium. Sejauh ini sudah ditemukan beberapa bahan alternatif yang lebih baik dan lebih murah dibandingkan Lithium. Akan tetapi, masih perlu waktu beberapa tahun lagi sebelum teknologinya sempurna. Para ahli juga mulai menguji sistem penyimpanan energi berbasis organik. Berbagai inovasi terbaru tersebut bisa Anda baca di halaman 114-118.
 
Tes Perbandingan USB On-the-Go
Media penyimpanan portabel yang mungil namun berkapasitas cukup besar semakin dibutuhkan, terutama oleh para pengguna smartphone atau tablet Android. Pasalnya, aktivitas men-download maupun menyimpan foto dan video semakin sering dilakukan. Untuk menyediakan media penyimpanan yang sesuai dengan interface micro USB yang umum terdapat di smartphone atau tablet itulah USB flash disk on-the-go (OTG) hadir. Perangkat ini bisa menjadi solusi bagi pengguna smartphone atau tablet yang tidak dilengkapi dengan slot Micro SD tambahan. Selain itu, USB OTG juga bisa digunakan untuk transfer data dari smartphone atau tablet ke notebook/PC (atau sebaliknya) dengan mudah. Beberapa produsen mengembangkan produk USB OTG-nya dengan fitur-fitur tambahan yang menarik. Oleh karena itu, CHIP menguji lima produk USB OTG dengan beragam fitur yang ada di pasar dan menyajikannya untuk Anda di halaman 122-125.
 

comments powered by Disqus

© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved.