You are Here : Home > Review > Apps Gadget
31 July 2015 | 18373 view(s)
Sony Xperia Z3+, Gubahan Bagus pada Kamera

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id – Sony Xperia Z3+ barangkali adalah sebuah jawaban atas banyak pertanyaan akan kelangsungan produk Sony Mobile di masa mendatang. Dari hampir semua anggota keluarga, nama Sony sangat terdongkrak oleh seri Z. Harap maklum, ini adalah flagship, sehingga karya cipta teknologi terbaru kemudian lebih diprioritaskan untuk diserahkan ke keluarga Z.

Menyimak perjalanan seri Z, sebenarnya perubahan paling signifikan terjadi pada Z2 ke Z3. Di sini Sony seakan ingin menunjukkan kelasnya khususnya pada produk smartphone yang mengandalkan multimedia. Apalagi Sony Mobile juga didukung oleh sister company seperti Sony Music dan Sony Entertainment. Maka sesuai jika beberapa musik dan film eksklusif bisa dinikmati secara lebih optimal di perangkat mobile.

Selanjutnya bagaimana dengan generasi penerus yang tidak mau menggunakan angka “4” ini?

 

DESAIN

Apa faktor pembeda signifikan pada desain dan konstruksi Z3+ dengan Z3? Nyaris tidak ada, kecuali bahwa Sony kian sukses merampingkan bodi. Kemudian upaya untuk merampingkan slot kartu SIM maupun memori juga harus diacungi jempol. Dulu, Z3 dilengkapi dua slot. Di kiri microSD, sementara kartu SIM nano berada di kanan.

Tombol kontrol volume dan power (kiri), slot SIM card dan memory card (kanan)

 

Z3+ meringkaskan seluruh slot jadi satu slot saja. Letaknya di sebelah kiri. Slot ini dilengkapi dengan nampan untuk kartu. Lubang untuk memasang gantungan yang dulu tidak tersedia di Z3, kali ini diberikan pada Z3+. Selain itu, port microUSB yang dulunya diletakkan berdampingan dengan slot microSD dan diberi hotswipe.  Kali ini justru rongga ini dipindahkan ke bawah, berdekatan dengan lubang eyelet tadi.

Yang Anda lihat memang hanya sekadar relayout saja dengan sedikit efisiensi. Selebihnya, seperti kembaran Z3 saja. Port docking pada Z3 juga sudah tak ada lagi di Z3+.

Meski begitu, desain Z3 (maupun Z3+) sangat berkesan. Masih layak disebut sebagai masterpiece-nya Sony di era tanpa Ericsson. Kadang memberi inspirasi bagi follower untuk meniru. Menggenggam Xperia khususnya seri Z juga adalah simbol dari status kalangan menengah atas. Tetaplah berbeda dengan jika Anda membawa Xperia seri E atau C. Seri Z punya perlakuan eksklusif dan premium.

Port audio 3,5 mm di bagian atas (kiri), rongga microUSB di bawah (kanan)

 

Sebuah smartphone yang tahan air dan debu masih jadi isu yang belakangan bisa dibilang merupakan trademark Sony di seri Z. Hasil tes kami saat menyemprot air dan merendam masing-masing selama lima menit memperlihatkan keunggulan seal-seal yang menutupi sisi-sisi yang mudah diresapi air.  Namun, tekanan air yang cukup kuat pada layar yang aktif bisa memerintahkan Xperia Z3+ untuk memilih menu. Oleh sebab itu, dalam kondisi cipratan air yang kuat sebaiknya layar Z3+ di-lock saja. Sony sendiri mengklaim seri ini bisa bertahan hingga 1,5 jam di dalam air hingga kedalaman 30 meter.

Pada permukaan layar dilapis oleh antigores dan oleophobic coating.

              


Editor : Kama Adritya

Kelebihan
- Desain simple, modern, berkarakter, tipis
- Kamera depan cukup high res untuk selfie
- Anti air dan debu
- Layar cerah, jernih dan kontras
Kekurangan
- Lekas panas (walaupun solusinya harus update software)
- Belum tersedia wireless charging dan quick charge
Spesifikasi

SPESIFIKASI

JARINGAN

GSM, HSPA, LTE

DIMENSI

146 x 72 x 6,9 mm

BERAT

144 gram

LAYAR

5,2  inci, IPS LCD  , 1080 x 1920 pixel

OS

Android 5.0 Lollipop

CHIPSET

Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810

CPU

Quad-core 2 GHz

GPU

Adreno 430

KAMERA

20,7 MP (utama) + 5,1 MP (depan)

MEMORI

32 GB ROM, 3 GB RAM, microSD (sampai 128 GB)

NIRKABEL

Bluetooth 4.1, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, NFC

BATERAI

Li-Ion 2.930 mAh

 

 

page 1 of 5
View as A Single Page
MENU
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy