You are Here : Home > Review > Apps
27 July 2016 | 12424 view(s)
Prisma, Aplikasi Edit Foto Bergaya Picasso

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Aplikasi edit foto atau olah foto instan sudah amat banyak di Play Store atau Apps Store. Namun umumnya nyaris seragam. Kalau tak menawarkan efek-efek seperti kartun, sketsa, atau lukisan. Bahkan beberapa media sosial  berbasis foto macam Instagram pun menyediakan.

Tetapi aplikasi satu ini luar biasa. Di tengah-tengah hebohnya game Pokemon Go, mendadak foto profile para pengguna media sosial atau bahkan share fotonya merupakan hasil olahan aplikasi bernama Prisma.

Prisma yang membutuhkan ruang data sebesar 7 MB (untuk Android) menjadi penyegaran atas berbagai aplikasi seperti Camera360 dan sejenisnya. Mulanya melalui sistem operasi iOS yang membuat pengguna Android kepincut. Baru kemudian, 26 Juli lalu secara resmi hadir di Play Store. Jumlah pengunduhnya belum tercatat, tetapi kalau Anda mampir ke media sosial seperti Instagram, lihatlah betapa orang-orang pun keranjingan mengolah foto.

Prisma yang dibuat oleh Prisma Labs, inc memang dibuat untuk olah foto yang bisa dilakukan oleh siapapun. Prinsipnya musti instan, gampang. Pengguna tinggal capture foto (bisa kamera depan/selfie atau kamera utama) dengan smartphone-nya, kemudian pilih efek yang disediakan.

Nah, kekuatannya adalah pada sajian efek (atau filter) yang disediakan. Efek-efek tersebut bergaya seni gaya Picasso, Van Gogh, Levitan dan pelukis dunia lainnya. Maka, hasil olah fotonya dijamin sangat berbeda dan luar biasa.

Baru dua satu hari, aplikasi ini sudah direspon oleh 116 ribu orang lebih. Hampir 70 ribu orang memberikan rating bintang lima.

 

FOTO DOWNLOAD ATAU ASLI

            Pengguna boleh memotret langsung atau mengunduh dari situs pencari gambar. Tetapi biasanya untuk foto yang dipotret langsung (bahkan selfie) kualitasnya jauh lebih baik ketimbang foto unduhan. Sebagai informasi, ketika memotret, foto yang dihasilkan tidak terlalu besar ukurannya.

            Untuk foto potret sendiri biasanya berukuran sekitar 150 – 190 KB. Kualitas foto pun jauh lebih baik. Misalnya tingkat kecerahan, kontras, dan lainnya sangat menentukan bagus tidaknya filtering foto.

            Sementara jika Anda mengolah foto hasil unduhan hasilnya biasanya kurang menggembirakan. Apalagi jika Anda ingin memperoleh detil, khususnya ketika memakai filter atau efek seperti Light Summer, Mosaic atau Heisenberg.

            Prisma juga menawarkan aktivasi flash LED. Sehingga ketika sebelum capture level ambience cahaya kurang sebaiknya aktifkan. Ini akan mempengaruhi tingkat kecerahan foto.

 

29 FILTER ATAU EFEK

            Saat ini baru tersedia sebanyak 29 pilihan filter. Masing-masing diberi nama khas. Tetapi tidak digunakan nama-nama aliran, misalnya Van Gogh atau Picasso. Kalau Anda mengenal style lukisan para pelukis terkenal, mustinya akan lebih mudah mengenali.

            Penggunaan efek atau filter membutuhkan jaringan nirkabel. Boleh 4G atau Wi-Fi. Ini karena proses pemfilteran dilakukan di server Prisma Labs. Setiap filter membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Sepercobaan CHIP untuk filter yang full color dan agak kompleks memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan yang sederhana. Tetapi tak lebih dari 4 menit, apalagi menggunakan jaringan 4G. Selain itu juga tergantung dari foto (warna dan komposisi, serta detil) maupun besar file foto. Tunggu indikator segitiga sampai penuh yang menunjukkan proses filtering berlangsung. Tampak tulisan Creating Artwork di bawah segitiga.

            Level filter dapat diatur sesuka mata Anda. Caranya dengan men-swipe layar ke atas atau bawah. Tidak memerlukan pengaturan jelimat. Efek ini hanya membutuhkan tingkat persentase olahan foto. Mulai 0 % alias tidak diberi efek hingga 100 %, yang sangat in depth.

            Oh ya sebelum memilih efek Anda masih bisa men-zoom foto atau menentukan fokus foto.

 

SETINGAN

            Prisma menyediakan menu Setting. Pengaturan hanya tersedia tiga jenis antara lain menyimpan foto hasil potretan (Save Original Photos), menyimpan hasil olahan filter atau efek secara otomatis (Save Artwroks Automatically), dan penggunaan watermark Prisma (Add Watermark).

            Jika Anda tak ingin foto bertulis watermark “Prisma” di bawah kanan foto, maka matikan saja setelan Add Watermark.

            Selain itu sebenarnya juga ada menu Share with Friends, tetapi sebenarnya di template homescreen Prisma juga tersedia ikon Share.  Prisma Labs sendiri seperti memprioritaskan Instagram dan Facebook sebagai akses langsung untuk berbagi foto.

 

HASIL  FILTERING

            Hasil olahan foto (filtering) akan muncul dan Anda bisa segera menyimpan ke memori smartphone atau langsung dikirimkan ke media sosial. Tetapi jika Anda merasa masih kurang tajam atau warnanya masih belum sesuai, sebaiknya Anda membutuhkan aplikasi lain.

            Berikut ini beberapa hasil filtering yang CHIP coba.


Kelebihan
• Gampang digunakan, ukuran aplikasi tak besar.
• Tersedia 29 filter dan beberapa beraliran pelukis dunia.
• Efek atau filter foto memperlihatkan hasil olahan yang signifikan.
Kekurangan
• Membutuhkan koneksi untuk pegolahan foto, untuk jaringan 3G cukup makan waktu.
• Tidak tersedia menu penambahan teks.
Spesifikasi

Up date : 26 Juli 2016

Ukuran FIle: 7 MB (Android), 16,1 MB (iOS)

Harga: Free dan non in-apps purchase

Jenis Aplikasi: Olah foto/filter foto/efek foto

Publisher: Prisma Labs Inc.

Jumlah download: N/A

Kebutuhan: Android min 4.1 , iOS min 8.0

You may also like:

Kalau Ingin Buat Apps, Pilih iOS atau Android?

Cara Memindahkan File di iPhone dan iPad Tanpa Menggunakan iTunes

A10 Fusion: big.LITTLE Pertama Apple

19 Fakta Zikko SpaceStation7, Si Aksesori iOS Multifungsi
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy