You are Here : Home > Review > Gadget
16 June 2016 | 7902 view(s)
Olympus Tough Stylus TG-Tracker, Bukan Action Cam Biasa

Penulis : Rakhmat Koes

CHIP.co.id - Bagi traveler dan penggiat aktivitas alam bebas, keberadaan action cam telah menggantikan fungsi camcorder dan DSLR. Ya, untuk mendokumentasikan berbagai aktivitasnya, para traveler tersebut tidak lagi mau membawa kamera dengan beban yang berat dan berukuran besar, jika dengan action cam pun, mereka masih dapat merekam foto dan video dengan kualitas yang mumpuni. Karena itu, tren action cam tiga tahun terakhir, secara tidak langsung telah menggerus pangsa pasar camcorder dan DSLR, benarkah?

GoPro Hero 4, Xiaomi Yi, dan Sony X1000VR 4K merupakan action cam yang cukup populer di kalangan traveler dan penggiat aktivitas alam bebas. Sementara itu bagi Olympus, kamera compact underwater dan outdoor series sudah lama diperkenalkan, Olympus memiliki seri Tough Stylus yang tahan di segala medan dan kondisi ekstrem sekalipun.

Olympus Stylus Tough TG-Tracker digunakan dalam berbagai kondisi

Namun, Olympus pun sepertinya tidak mau ketinggalan tren, seri Tough Stylus yang sudah malang melintang sebagai kamera outdoor dan underwater, di-redesain menjadi lebih compact layaknya action cam. CHIP Foto Video kembali mendapat kesempatan pertama untuk menjajal ketangguhan Olympus Tough Stylus TG-Tracker yang digadang-gadang sebagai pesaing berat GoPro Hero series.
Kesan pertama terhadap TG-Tracker adalah sebagai miniatur dari kamera outdoor Tough TG-4, mengingat desain dan tampilannya yang identik, tetapi dalam ukuran yang berbeda.

Olympus Stylus Tough TG-Tracker dilengkapi dengan resolusi gambar 8 Megapixel (still image) dengan sensor 1/2.3. Kamera outdoor ini juga telah memungkinkan untuk merekam video 4K/30p dan 1080/60p. Aperture yang ditawarkannya f/2.0, sangat cocok untuk kondisi minim cahaya dengan rentang focal 13.9mm. Keunggulan lainnya sebagai kamera outdoor adalah tahan di kedalaman air hingga 30m (100 ft), tahan jatuh dari ketinggan 2.1m (7 ft), dan tahan saat digunakan dalam kondisi dingin hingga 10C (+14F).

Seluruh foto pada artikel ini diambil menggunakan TG-Tracker dengan hasil yang cukup baik. Bahkan, saat mencoba pada kondisi minim cahaya di dalam ruangan sekalipun, hasilnya masih dapat diandalkan (lihat foto kanan atas). Hal tersebut karena TG-Tracker didukung dengan bukaan aperture f/2.0 pada lensa 1,58mm (setara dengan 13,9mm pada lensa 35mm).  

Tidak seperti kebanyakan Action Cam yang beredar di pasaran saat ini, Olympus Stylus Tough TG-Tracker dilengkapi dengan layar LCD 1,5 inci flip-out (tapi non-rotating), serta dilengkapi dengan lampu built-in berkekuatan 30 dan 60 lumen (dapat digunakan sebagai senter).

Jangkauan sudut pandangnya luas hingga 204°. Jika memerlukan pandangan yang lebih sempit, Anda dapat mengaturnya pada bagian menu


Sudut Pandang yang Luas
TG-Tracker menggunakan lensa dengan cakupan sudut pandang lebar hingga 204°, akan tetapi jika menggunakan feature Image Stabilizer (IS), cakupannya akan berkurang menjadi 126°, dan akan berkurang kembali jiga digunakan di dalam air menjadi 84°.

Sesuai dengan namanya, Olympus Tough Stylus TG-Tracker, action cam dari Olympus ini menjadi andalan bagi para traveler atau penggiar aktivitas alam bebas untuk men-tracking jalur dan jejak penjelajahannya. Saat pengujian di lapangan menggunakan aplikasi Olympus Image Track (OI-Track), kita dapat mengetahui letak dan posisi kita berada, juga dapat menyimpan jalur yang kita lewati.

Feature Action Track Sensor System, memang menjadi pembeda antara TG-Tracker dengan para kompetitornya. Setidaknya, ada enam tracking feature yang tertanam pada TG-Tracker, antara lain GPS, e.Compass, Accelerometer, Temperature Sensor, Barometric Pressure Sensor (ketinggian dan kedalaman), serta water sensor yang berfungsi saat digunakan di dalam air (underwater).

  

 

Olympus Stylus Tough TG-Tracker

#Advertorial


Kelebihan
Video 4K
Dilengkapi Feature:
e.Compass & gps tracker yang dapat di save
Bodi tangguh (sampai kedalaman 30 meter tidak perlu housing)
Kualitas foto dan video yang dihasilkan baik
Kekurangan
Distori menjadi konsekwensi yang harus diterima
Layar tidak dapat diputar hingga 270°
Spesifikasi
  • Lensa dengan sudut pandang 204°, f2.0 fixed focus
  • Sensor 1/2.3" BSI CMOS dengan Image Processor TruePic™ VII for 4K
  • Kualitas Gambar: Video Quality 4k 30p, 1080 60p/30p, 720 240p/120p/60p/30p, 480 240p/120p/60p/30p
  • Tahan di dalam air hingga 30 meter tanpa housing
  • Tahan banting dan benturan (Shockproof) 2.1 meter tanpa housing
  • Layar LCD 1.5" Tilt-Out
  • Terdapat feature Action Track Sensors: GPS, e.Compass, Accelerometer, Barometric Pressure Sensor, Temperature Sensor, Water Sensor
  • Terdapat data logging function, LED Headlight
You may also like:

Olympus OM-D E-M1 Mark II: Andalan di Dunia 4K

Bocoran Olympus E-M1 MII

Review Olympus EPL8

Olympus PEN E-PL8: Untuk yang Suka Narsis
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy