Advertisement
You are Here : Home > Review > Gadget
20 August 2016 | 4466 view(s)
ZTE Blade V7 Lite, Dengan OS Marshmallow Plus Scanner Sidik Jari

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Pada ajang MWC 2016 yang lalu, ZTE memperkenalkan dua buah smartphone yang diberi nama V7 dan V7 Lite. Kedua smartphone ini pun mendapatkan perhatian yang cukup tinggi karena ZTE kali ini mengeluarkan smartphone kelas menengah yang menggunakan pemindai sidik jari. V7 Lite pun juga diumumkan tidak akan mencapai harga $200. Dan berbicara mengenai ZTE V7 Lite, CHIP pun kedatangan sampel produknya.
 
Smartphone yang menuju pada pasar anak muda ini memiliki desain yang cukup apik. Pada bagian belakangnya, terdapat tulisan Designed By Munich Design Center yang di mana ZTE memiliki pusat desain yang berada di Munich, Jerman, hasil kolaborasi dengan Designaffairs GMBH, konsultan desain dari Jerman semenjak tahun 2013. Dan hasil kolaborasi tersebut menghasilkan sebuah smartphone yang menggunakan rangka aluminium ini.
 
 
Untuk spesifikasinya, ZTE V7 Lite menggunakan SoC Mediatek MT 6735 dengan prosesor quad core Cortex A-53 berkecepatan 1 GHz dan GPU Mali T720. RAM yang terpasang memiliki kapasitas 2 GB dan penyimpanan internalnya adalah 16 GB dan bisa ditambahkan microSD pada slot SIM 2 sampai 128 GB. Dengan layar berdimensi 5 inci, smartphone ini memiliki resolusi 720p. Sistem operasi yang digunakan adalah Android Marshmallow 6.0.
 
Desain dan Software
Smartphone dengan harga yang cukup terjangkau ini memang cukup unik karena menggunakan frame metal dan body belakang yang berbahan sama. Dan berbicara mengenai body bagian belakang, sensor sidik jari pun dapat ditemukan pada bagian tersebut. Pada metal frame tersebut, terdapat beberapa tombol serta lubang ekspansi.
 
Seperti pada bagian atas, dapat ditemukan lubang audio jack 3,55 mm untuk earphone, headphone, serta microphone. Lalu pada bagian kanannya terdapat slot micro SIM dan tombol power.
 
Pada bagian kirinya terdapat slot microSD dan tombol volume. Dan pada bagian bawahnya dapat ditemukan microphone serta slot MicroUSB. ZTE Blade V7 Lite  menggunakan model unibody. Hal ini menunjukkan bahwa baterai yang terpasang pada smartphone ini tidak dapat dengan mudah diganti sendiri tanpa harus membongkar case belakangnya.
 
 
ZTE juga masih mempertahankan desain dari soft button mereka. Pengguna harus hafal betul mana tombol back dan menu (untuk recent app, tekan soft button kanan selama dua detik). Hal ini juga cukup membingungkan bagi mereka yang sering lupa.
 
Antar muka yang dimiliki oleh ZTE Blade V7 Lite sudah diubah secara khusus yang membuatnya tidak lagi memiliki app drawer. Tidak sulit mempelajari user interface ZTE ini. Pengguna awam pun juga dapat dengan lebih mudah mengenal V7 Lite dengan bernavigasi dengan launcher seperti ini.
 
Kamera
ZTE V7 Lite menggunakan kamera dengan resolusi yang bisa dinaikkan sampai dengan 13 megapiksel. Akan tetapi, pada saat diluncurkan pada MWC 2016, ZTE menyatakan bahwa smartphone ini menggunakan kamera dengan sensor 8 megapiksel. CHIP masih belum mendapatkan informasi apakah ZTE melakukan interpolasi untuk menaikkan jumlah pikselnya atau memang versi yang dipasarkan di Indonesia menggunakan sensor kamera yang berbeda.
 
Untuk hasilnya, CHIP tidak melihat adanya perbedaan antara kamera depan yang menggunakan sensor 8 megapiksel dengan kamera belakang yang menggunakan resolusi “13 megapiksel”. Pada kondisi cahaya yang cukup, membuat smartphone ini menghasilkan gambar yang kurang tajam. CHIP mencurigai algoritma pengurangan noise pada ZTE Blade V7 Lite terlalu agresif. Pada bagian depannya pun, CHIP juga melihat cukup banyak gambar yang tertangkap seperti menggunakan cat air.
 
Kinerja dan Baterai
V7 Lite diproduksi dengan menggunakan SoC Mediatek MT6735p yang menggunakan prosesor empat core. Dengan menggunakan clock 1 GHz saja, smartphone ini sudah mendukung instruksi 64 bit, yang membuatnya lebih kencang dibandingkan smartphone quadcore  1 GHz lain yang ada di pasaran. Chipset ini menggunakan GPU ARM Mali-T720 yang memiliki kinerja cukup tinggi saat digunakan dalam bermain game.
 
ZTE Blade V7 Lite juga sangat baik saat digunakan untuk bekerja. Walaupun begitu, CHIP sedikit merasakan proses yang cukup lambat saat melakukan editing gambar dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Hal ini bisa jadi karena clock prosesor yang ada pada ZTE Blade V7 Lite hanya pada 1 GHz saja.
 
Hasil pengujian baterai yang CHIP lakukan juga cukup baik. Untuk pengujian baterai, CHIP menggunakan aplikasi BatteryXPRT. Dengan baterai berkapasitas 2500 mAh, smartphone ini dapat digunakan dalam kondisi standar selama sekitar 19 jam. Hal tersebut bisa jadi berkat feature dari Android Marshmallow.
 
Kesimpulan: 
ZTE mencoba menawarkan sebuah solusi smartphone yang aman dan memiliki harga yang terjangkau. Oleh karena itu, ZTE Blade V7 tidak hanya hadir dengan pemindai sidik jari, tetapi juga memiliki body metal yang membuatnya lebih tahan terhadap segala medan. Dengan harga satu jutaan saja, membuat smartphone ini cocok bagi mereka yang membutuhkan kemudahan akses aman sebuah smartphone namun memiliki dana yang sangat terbatas.  

Kelebihan
+ Pemindai sidik jari
+ Android Marshmallow
+ Kinerja baterai cukup baik
+ Responsif
+ Body metal
+ Harga terjangkau
Kekurangan
- Hasil kamera kurang baik
- Desain soft button membingungkan
- Ganti baterai harus ke pusat servis
Spesifikasi
PRODUSEN:
ZTE
www.myzte.co.id
HARGA
Rp 1.799.000
DISTRIBUTOR: 
ZTE Indoensia
 
DATA TEKNIS
Jaringan : GSM / HSPA / LTE
SOC/CPU/GPU: Mediatek MT6735P/Quadcore Cortex A53 1 GHz/Mali T720
Layar : 5 inci IPS LCD Capacitive
Resolusi : 1280x720
RAM/Storage : 2 GB/16 GB (microSD slot hybrid)
Konektivitas : WiFi, USB, Bluetooth 4.0
OS : Android 6.0 Marshmallow
Baterai : 2500 mAh
Kamera :  13MP autofocus, LED flash (Main); 8MP
Dimensi : 143.8 x 70 x 7.9 mm
Berat : 135 gram
 
PAKET PENJUALAN 
ZTE Blade V7 Lite
Charger
Kabel USB
Buku manual
 
BENCHMARK
AnTuTu Benchmark : 23795
3DMark Ice Storm Unlimited : 3088
PCMark
Work : 2640
Web : 3070
Video : 2899
Writing : 2228
Photo Editing: 2448
MobileXPRT :  115
BatteryXPRT : 19,1 jam

 

You may also like:

ZTE Cymbal T, Android Tekuk Murah

ZTE Axon 7 Mini Manjakan Penggunanya Dengan Kamera dan Audio

ZTE Nubia Z11 Hadir dengan Spesifikasi Gahar

MWC 2016: ZTE memperkenalkan Balde V7 dan Blade V7 Lite
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy