You are Here : Home > Review > Gadget
21 August 2016 | 9703 view(s)
Infinix Zero 3, Solusi Terjangkau Smartphone dengan Kamera 20,7 MP

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Dalam mengeluarkan sebuah smartphone, tidak jarang vendor harus bersusah payah untuk meningkatkan kualitas kameranya. Dengan meningkatkan kualitas gambar, tentu saja produsen harus mengeluarkan dana lebih yang membuat harga perangkat lebih mahal.
 
Akan tetapi, ternyata hal tersebut ditepis oleh Infinix dengan mengeluarkan smartphone yang mereka namakan Zero 3. 
Infinix Zero 3 yang merupakan sebuah smartphone yang memiliki kamera dengan resolusi 20,7 megapiksel. Infinix sendiri menggunakan sensor Sony IMX 230.
 
Sensor yang sama juga ditemukan pada jajaran smartphone kelas atas seperti Sony Xperia M5, XA Ultra, dan juga HTC One M9+. Sensor yang satu ini juga menggunakan Phase Detection AutoFocus yang kabarnya digunakan pada kamera-kamera DSLR. Akan tetapi, dengan sensor tersebut, Infinix tidak menjual smartphone yang satu ini lebih dari Rp. 2,6 juta!
 
Selain mengedepankan kameranya, Infinix juga tidak lupa membuat kinerja smartphone yang satu ini menjadi lebih baik. Dapur pacu dari Infinix Zero 3 diproduksi oleh Mediatek dengan SoC Mediatak Helio x10 MT6795 yang menggunakan prosesor delapan inti Cortex A53 berkecepatan 2 GHz dan GPU PowerVR Rogue G6200. RAM yang terpasang pada smartphone ini berkapasitas 3 GB dengan storage internal 16 GB yang dapat diperbesar dengan dukungan microSD. Sistem operasi yang digunakan pada smartphone ini pun sudah menggunakan Android Lollipop versi 5.1.
 
Desain dan Software
Infinix Zero 3 datang dengan desain kotak pada sisi-sisi ujungnya. Pada bagian belakangnya, smartphone ini didesain dengan menggunakan tekstur kristal ultra-fine yang cukup menawan. Tekstur tersebut pun tertutup oleh sebuah kaca Gorilla Glass 3 yang lebih tahan terhadap goresan. Smartphone yang satu ini juga memiliki layar dengan dimensi 5,5 inci dengan resolusi 1920x1080 yang juga telah terlindungi oleh Gorilla Glass 3. 
Kamera pada smartphone ini sudah memiliki resolusi 20.7 megapiksel dengan sensor Sony Exmor RS IMX 230 dan lensa 6P Largan
 
Di sekitar Zero 3 terdapat tombol dan lubang ekspansi. Pada bagian atas terdapat lubang audio 3,55mm untuk mendengarkan musik. Pada bagian kanan terdapat slot microSD, tombol volume, serta tombol power. Slot microSIM ada pada sisi sebelah kirinya. Dan port microUSB untuk melakukan charging ada pada sisi bagian bawah.
 
Smartphone ini menggunakan sistem operasi Lollipop 5.1.1 yang terbalut oleh antarmuka Infinix yang dinamakan XUI. Infinix sendiri mengedepankan Magazine Lock Screen yang gambarnya akan berubah setiap kali smartphone dinyalakan. Dan pada XUI, Infinix telah membuang app drawer sehingga icon aplikasi yang telah terinstal akan langsung ditampilkan pada homescreen yang ada.
 
Kamera
Infinix Zero 3 menggunakan sensor Sony Exmor RS IMX230 dengan resolusi 20,7 MP dan lensanya menggunakan 6P Largan. Kameranya pun juga menggunakan 192 PDAF yang mampu menangkap fokus 0,1 detik. Untuk bagian depannya, Infinix menggunakan kamera dengan resolusi 5 MP.
 
Pada saat kondisi cukup cahaya, ternyata gambar yang dihasilkan cukup baik, walau masih terlihat sedikit noise. Pada ISO rendah, noise akan menjadi lebih sedikit lagi. pada kondisi cahaya yang cukup rendah pun, gambar yang dihasilkan juga cukup baik, namun pada beberapa kasus noise yang dihasilkan sedikit lebih tinggi.  Untuk kamera depannya, hasilnya memang tidak terlalu tajam dan penuh dengan banyak noise. Walaupun begitu, hasilnya masih dapat digunakan untuk melakukan selfie maupun wefie.
 
Kinerja dan Baterai
Infinix Zero 3 diproduksi dengan menggunakan SoC Mediatek MT6795 yang menggunakan prosesor delapan core tanpa terbagi cluster. Dengan menggunakan clock 2 GHz yang tinggi, smartphone ini sudah mendukung instruksi 64 bit, sehingga tentu saja membuat kinerja smartphone ini menjadi sangat baik. Chipset ini menggunakan GPU PowerVR Rogue G6200 yang memiliki kinerja cukup tinggi saat digunakan dalam bermain game.
Karena menggunakan bahan kaca pada bagian belakangnya, Infinix sudah menyiapkan case belakang dengan bahan karet
 
Smartphone ini mampu menghasilkan nilai Antutu di atas 50.000. Untuk sebuah smartphone dengan harga 2,6 juta rupiah, tentu saja kinerja ini patut diacungi jempol. Hal tersebut pun dapat dicapai saat profile yang digunakan diubah ke Performance.
 
Pengujian baterai yang CHIP lakukan juga berbuah hasil yang cukup baik untuk sebuah smartphone. CHIP menguji Infinix Zero 3 dengan menggunakan BatteryXPRT yang mampu memberikan perkiraan daya tahan baterai yang lebih baik. Dengan baterai berkapasitas 3030 mAh, ternyata Infinix Zero 3 mampu bertahan lebih dari  14 jam dalam pemakaian standar dengan profile Balanced. Tentunya, daya tahan tersebut akan lebih cepat habis saat smartphone ini dipakai untuk bermain game atau melakukan editing foto dan video dengan jumlah banyak. 
 
Kesimpulan: 
Smart phone dengan harga terjangkau yang memiliki kamera dengan resolusi tinggi memang jarang bisa ditemukan. Mungkin resolusi 13 MP sudah dengan mudah ditemukan di pasaran. Akan tetapi, hanya Infinix saja yang memiliki smartphone dengan kamera beresolusi 20,7 MP. Selain itu, kinerja yang dimiliki oleh smartphone ini juga dapat menyaingi smartphone dengan harga di atas empat jutaan rupiah ke atas. Oleh karenanya, smartphone ini cocok untuk mereka yang ingin memiliki smartphone premium namun memiliki budget yang terbatas.

 


Kelebihan
+ Helio X10
+ Kinerja baik
+ Dukungan 4G
+ Responsif
+ Daya baterai cukup baik
+ Harga cukup terjangkau
+ Kamera 20,7 Megapiksel
Kekurangan
- Body cukup licin, mudah terjatuh
- Menggunakan Gyro Software sehingga ada lag
- Body kaca tidak tahan minyak
Spesifikasi
PRODUSEN:
infinix
www.infinixmobility.com
 
 
HARGA:
Rp 2.599.000
 
DISTRIBUTOR: 
Infinix
 
DATA TEKNIS
Jaringan : GSM / HSPA / LTE
SOC/CPU/GPU: Mediatek MT6795/Octacore Cortex A53 2 GHz/PowerVR Rogue G6200
Layar : 5.5 inci IPS LCD Capacitive
Resolusi : 1920x1080
RAM/Storage : 3 GB/16 GB + microSD 
Konektivitas : WiFi, USB, Bluetooth 4.0
OS : Android 5.1.1 Lollipop
Baterai : 3030 mAh
Kamera :  20.7MP PDAF, LED flash (Main); 5MP
Dimensi : 120 x 62 x 11.5 mm
Berat : 135 gram
 
PAKET PENJUALAN 
Infinix Zero 3
Charger
Kabel USB
HiFi Earphone
Rubber back case
Buku manual
 
BENCHMARK
AnTuTu Benchmark : 56292
3DMark Ice Storm Unlimited : 12907
PCMark
Work : 3711
Web : 3802
Video : 3564
Writing : 3657
Photo Editing: 3826
MobileXPRT :  657
BatteryXPRT : 14,2 jam
You may also like:

19 Hal Unik Tentang Infinix di Indonesia

Unboxing: Infinix XE02

Infinix Luncurkan Hot S, Smartphone untuk Selfie

5 Daya Tarik Infinix Hot S
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy