You are Here : Home > Review > Gadget
31 October 2012 | 14321 view(s)
Review IMO Tab Z6, Tablet Lokal Rasa Ice Cream Sandwich

Penulis : Bambang Kartika H

Harga: IDR 1 jutaan

Highlights:
- Layar: 6.8 inci 800 x 400 p
- Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
- 1.2 GHz single-core prosesor
- Analog TV
- Kamera 2 MP

Jakarta, CHIP.co.id - Kali ini, CHIP.co.id akan me-review IMO Tab Z6. Tablet ini pertama kali diperkenalkan sekitar bulan September lalu. Tablet yang dibanderol seharga 1 Jutaan ini juga telah menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Penasaran dengan hasil review kami? Simak artikel berikut.

Desain

IMO Tab Z6 didesain layaknya tablet-tablet yang ada di pasaran. Hanya berbentuk persegi panjang dan berwarna hitam yang agak monoton. Uniknya, meskipun tampilan depan berwarna hitam, IMO menyematkan penutup belakang yang berwarna putih. Tablet ini berukuran 20.5 x 11.4 x 1.1 cm.

Menurut pengukuran CHIP, Tab Z6 berukuran 6.8 inci dengan resolusi 800 x 480. Dengan spesifikasi seperti itu, layar IMO Tab Z6 cukup cerah dan jelas. Namun, jangan harap akan secerah perangkat dengan layar berteknologi tinggi (seperti Bravia Mobile, Amoled, dan lain-lain).

Layarnya pun juga telah menggunakan layar multi capacitive, tetapi performa layar sentuhnya cukup mengecewakan. Entah terlalu sensitif atau tidak, tetapi CHIP.co.id tidak terlalu nyaman saat menyentuh dan memainkan IMO Tab Z6 ini.

IMO menyematkan tiga buah tombol touch di depan layar, yaitu back, home, dan menu. Pada sisi atas, terdapat tombol fisik unlock dan volume. Sedangkan di sisi kanan tablet ini, terdapat jack audio 3.5 mm, slot micro USB, HDMI, microSD Card, dan jack charger. Yang unik dari tablet ini, yaitu terdapat sebuah slot SIM Card hotswap di bagian belakangnya, dan sebuah antena pada pojok kiri atas.

Pada box penjualan, IMO menampilkan gambar The Avengers, sedangkan di dalam kotak terdapat buku panduan penggunaan, headset, kabel USB, charger, dan kartu garansi.

Software & Performa

IMO telah membenamkan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) sebagai sistem operasinya. IMO Tab Z6 cukup mentereng untuk tablet buatan China dengan prosesor 1.2 GHz single-core. Selama CHIP.co.id mengujinya, tak ditemukan lag yang terlalu parah. Namun, bila Anda memainkankan game HD seperti Agent Dash, masih ditemukan lag yang cukup menyebalkan.

(Disclaimer: Screenshot Agent Dash diambil di perangkat lain. Karena hingga tulisan ini diturunkan, kami tidak menemukan cara untuk melakukan screen capture)

Sesuai dengan gambar di box-nya yang menampilkan The Avengers, IMO juga menyematkan game The Avengers yang diproduksi oleh Gameloft. Selain The Avengers, IMO juga mem-bundling Tab Z6 dengan berbagai aplikasi bawaan seperti game Dog VS Cat, Chess Free, Kingsoft Office, dan sebagainya.

Selain aplikasi bawaan tersebut, IMO Tab Z6 juga memiliki aplikasi serupa layaknya tablet China lainnya, yaitu Analog TV. Selama kami uji, performa Analog TV ini cukup memuaskan. Namun, Anda amat bergantung pada prinsip 3P (Posisi Penentu Prestasi) bila ingin mendapatkan gambar yang bersih.

Dengan semua hal yang terdapat di IMO Tab Z6, hasil benchmark menggunakan AnTuTu menghasilkan nilai 2914, dan menempatkannya berada di posisi tepat di atas Samsung Galaxy S. Sedangkan saat mem-benchmark menggunakan Quadrant Standard, tablet ini hanya memperoleh nilai 1722, persis dibawah Samsung Nexus S.

Kamera

IMO Tab Z6 hanya memiliki satu buah kamera yang terletak di belakang. Kamera ini memiliki resolusi 2 MP tanpa flash, dan memiliki hasil yang (menurut kami) kurang baik hasilnya. Namun, patut dipertanyakan, apakah Anda akan sering menggunakan tablet untuk memotret atau untuk keperluan lain.

Highlight

Tablet yang dibanderol sekitar 1 jutaan ini cukup sebanding dengan harganya. Maksudnya, dengan harganya membumi, spesifikasi yang ditawarkan juga ikut membumi. Namun, tetap masih harus diperhitungkan untuk Anda para pemula yang ingin menjajal tablet Android karena harganya yang cukup murah.

 


Editor : Insaf Albert Tarigan

You may also like:

Rebranding Smartphone: Produk Lokal Aroma Cina atau Produk Cina Aroma Lokal?

Review IMO Clarity

IMO S89 Miracle: Smartphone Quadcore Dibawah Dua Jutaan

Video Review : IMO Ocean S99, Bukan Ponsel Lokal Sembarangan
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy