You are Here : Home > Review > Gadget
25 March 2013 | 16329 view(s)
Acer Liquid C1, Smartphone Single-core Rasa Dual-core

Penulis : Romi Hidayat

Harga: Rp2.800.000

Kelebihan:
-Performa mampu menandingi prosesor dual-core
-Harga relatif terjangkau

Kekurangan:
-Kapasitas memory internal (ROM) kecil, hanya 1 GB
-Kualitas kamera tidak mengesankan

Highlights:
Acer untuk kesekian kalinya berhasil menjadi yang pertama di Indonesia. Kali ini, melalui produk Acer Liquid C1, Acer menjadi yang pertama merilis smartphone Android dengan prosesor Intel. Meski masih single-core, ternyata performanya tak bisa dianggap remeh karena bisa disejajarkan dengan prosesor dual-core milik smartphone seperti Motorola RAZR maupun Samsung Galaxy Nexus. Belum lagi, harganya yang di bawah tiga jutaan menjadi faktor pemikat. Jika ada kekurangan, hal tersebut berasal dari sisi kamera karena kualitasnya tak mampu melawan smartphone berkamera 8 MP kelas high-end.

CHIP.co.id - Beberapa waktu yang lalu, CHIP kedatangan tamu dari Intel Indonesia yang bertujuan memperkenalkan prosesor Intel Atom untuk platform mobile. Mereka sekaligus meminjamkan Acer Liquid C1, smartphone Android dengan prosesor Intel pertama di Indonesia.

Desain

Acer Liquid C1 dibanderol dengan harga Rp2.800.000. Harga tersebut bisa dikatakan cukup terjangkau untuk sebuah smartphone Android yang dirilis produsen ternama. Meski tergolong murah, namun Acer membalut jeroan hardware di dalam smartphone ini dengan material yang tidak terlihat murahan meskipun berbahan dasar plastik. Ketika memegangnya, akan terasa solid dan kokoh. Bagian belakangnya dibuat motif atau alur sehingga tidak terasa licin meski tangan berkeringat. Di bagian belakang inilah Anda dapat menemukan lubang speaker. Masih di bagian belakang, juga terdapat sebuah logo khas bertuliskan "Intel inside" yang menandakan adanya CPU Intel di dalamnya.

Dimensi yang diusung oleh smartphone ini belum mengikuti tren saat ini yang rata-rata sudah berukuran 5 inci, karena Acer masih menggunakan layar IPS 4,3 inci dengan resolusi 960 x 540 pixel. Hal ini tidak menjadi masalah besar karena Acer Liquid C1 memang ditujukan untuk kelas menengah. Sementara dari sisi interface, Acer tak banyak memberikan pilihan dengan hanya menempatkan port microUSB di sisi kiri dan audio jack 3,5 mm di sisi atas kanan, bersebelahan dengan tombol power yang ada di sisi kiri atas. Sedangkan tombol volume ada di bagian samping kanan.

Tidak seperti smartphone Android kelas atas yang kebanyakan sudah menggunakan unibody, Acer Liquid C1 masih menggunakan desain terpisah dengan penutup baterai yang bisa dibuka. Dengan membuka penutup baterai, Anda bisa langsung melihat baterai berkapasitas 2.000 mAh yang digunakannya dan juga slot SIM card berukuran standar serta slot microSD yang dapat menampung kapasitas hingga 32 GB.

Performa

Sisi performa mungkin menjadi hal yang paling memicu rasa penasaran Anda para penggemar Android. Seperti yang kita ketahui, Acer Liquid C1 adalah smartphone pertama Intel di Indonesia yang belum banyak diketahui performanya. Di dalamnya, Acer memadukan CPU Intel Atom single-core Z2420 1,2 GHz dan GPU klasik PowerVR SGX540, serta RAM 512 MB turut digunakan untuk mendukung performanya. Ketiga hardware tersebut rasanya cukup bisa diandalkan dan dapat bersaing dengan smartphone Android lainnya seperti Motorola RAZR yang memiliki spesifikasi setara.

Sayangnya, meski dalam brosurnya dikatakan smartphone ini memiliki memori internal 4 GB, tapi yang dapat dimanfaatkan hanya 2 GB. Kapasitas ini pun terbagi menjadi dua partisi, dengan masing-masing partisi berkapasitas 1 GB. Hal ini menyebabkan smartphone tidak dapat digunakan untuk meng-install aplikasi berukuran sangat besar yang harus berjalan di internal memory, seperti Real Racing 3. 

Untuk mengetahui performanya, CHIP melakukan benchmark menggunakan AnTuTu v.3.2.1 serta Quadrant. Hasilnya cukup menggembirakan, karena mampu mengalahkan skor dari prosesor dual-core ARM Cortex A9 1,2 GHz yang ada di Motorola RAZR. Berikut adalah skor yang diraih oleh Acer Liquid C1:

Untuk sisi interface, Acer terlihat menggunakan UI bawaan dari Android sehingga terihat biasa saja. Sedangkan untuk aplikasi bawaan, Acer menyertakan File Manager sendiri dan aplikasi penting lainnya, yakni Polaris Office 4.0. Tak ketinggalan, FM Radio juga tersedia untuk sarana hiburan. CHIP juga mencoba memutar video klip 720p. Hasilnya cukup memuaskan, dimana video dapat ditampilkan dengan lancar serta kualitas audio yang dihasilkan juga tidak mengecewakan. 

Kamera

Sama seperti UI yang digunakan, interface kamera pada Acer Liquid C1 juga merupakan interface default bawaan Android. Karena tidak ada shutter button, maka Anda dapat mengambil gambar dengan menyentuh layar. Area viewfinder di layar dapat disentuh untuk menentukan fokus objek, sedangkan on-screen button di sisi kanan layar berguna untuk mengambil gambar.

Ada beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan melalui kameranya. Yang pertama adalah fitur burst mode untuk mengambil lima gambar berurutan. Yang kedua adalah fitur panorama untuk mengambil gambar dengan wide angle yang sangat lebar. Berikut adalah hasil foto kamera Acer Liquid C1 yang memiliki resolusi 8 MP dengan kondisi default (auto):

Kesimpulan

Acer untuk kesekian kalinya berhasil menjadi yang pertama di Indonesia. Melalui produk Acer Liquid C1, Acer menjadi yang pertama merilis smartphone Android dengan prosesor Intel. Meski masih single-core, ternyata performanya tak bisa dianggap remeh karena bisa disejajarkan dengan prosesor dual-core milik smartphone, seperti Motorola RAZR maupun Samsung Galaxy Nexus. Belum lagi, harganya yang di bawah tiga jutaan menjadi faktor pemikat. Jika ada kekurangan, hal tersebut berasal dari sisi kamera karena kualitasnya tak mampu melawan smartphone berkamera 8 MP kelas high-end.

 


Editor : Insaf Albert Tarigan

You may also like:

HTC Desire 510, Smartphone Android 64-Bit Pertama Didunia

Lebih Dekat dengan Lenovo S850

Meski Pasar Enterprise IOS Turun, Namun Android Masih Belum Berdaya

IDC: Android dan iOS Menguasai 96,4% Pangsa Pasar Smartphone Dunia
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy