You are Here : Home > Review > Gadget
24 April 2013 | 4879 view(s)
Tabulet Tabz Voice

Penulis : Bambang Kartika H

Harga: Rp1,1 jutaan

Kelebihan:
- Bentuknya cukup ringkas
- Harga terjangkau

Kekurangan:
- Kamera cukup buruk

Highlights:
Tabulet sepertinya menciptakan tablet ini khusus untuk pengguna Android pertama kali yang masih mempelajari seluk-beluk Android. Penggunaan prosesor single core di Tabz Voice turut memberikan nilai kurang di tablet ini.

CHIP.co.id - Setelah membahas tablet Tabulet Troy Duos 3G, kini CHIP membahas salah satu saudaranya, yaitu Tabulet Tabz Voice. Sama seperti sang saudara, Tabz Voice turut diperkenalkan saat gelaran Mega Bazaar Computer 2013 lalu. Tablet ini menyuguhkan berbagai fitur yang tak kalah menarik ketimbang tablet lokal lain, seperti IMO dan Smartfren Andromax Tab.

Bila Troy Duos 3G disisipi berbagai sambungan multimedia yang menarik, bagaimana dengan Tabz Voice? 

Desain

Tabz Voice memiliki layar berukuran 7 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel. Layar sentuh kapasitif ini dapat menerima sentuhan hingga 5 titik. Sayangnya, layar tersebut belum dilaminasi lapisan Gorilla Glass, sehingga amat rawan saat menerima sedikit benturan seperti kuku jari hingga benturan keras, terantuk meja misalnya.

Tabz Voice didesain memiliki sudut yang landai alias tidak tajam, serta memiliki ukuran fisik 193 x 122 x 13 mm. Pada bagian belakang, terdapat tulisan “TABZ by tabulet". Selain itu, terdapat pula sebuah speaker berbentuk dua garis.

Terdapat tombol volume dan unlock/power di sisi atas. Sedangkan di sisi samping terdapat sebuah microphone, audio jack, slot SIM card, micro USB, dan microSD.

Jeroan

Tabulet mempercayakan prosesor Allwinner A13 1 GHz single core untuk menjaga performa Tabz Voice yang berjalan pada sistem operasi Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich. Terdapat pula prosesor grafis Mali 400. Keduanya sanggup menyuguhkan performa yang baik, meskipun tak istimewa.

Namun, jangan dipaksa untuk bekerja cukup keras karena Tabz Voice hanya memiliki kapasitas RAM sebesar 512 MB dan ROM 1 GB. Terdapat kapasitas penyimpanan internal sebesar 4 GB yang dapat diekspansi dengan microSD. Berikut ini hasil benchmark dengan aplikasi AnTuTu Benchmark.

Sesuai dengan embel-embel “Voice” yang ada di namanya, tablet ini dapat Anda gunakan sebagai sarana berkomunikasi melalui telepon. Tentunya dengan dukungan jaringan GSM 2,75 G yang dimilikinya. Selain itu, Tabz Voice memiliki koneksi Bluetooth dan Wi-Fi 802.11 b/g/n.

Kamera

Bagi Anda yang mengharapkan keunggulan di sisi kamera, bersiap kecewa. Kamera yang dimiliki Tabz Voice bisa dikatakan cukup buruk dengan hanya berresolusi VGA. Meskipun begitu, kamera yang dimilikinya masih sanggup untuk menangkap momen-momen Anda.

Kamera depan

Kamera belakang


Editor : Insaf Albert Tarigan

You may also like:

Jajaran Produk Baru Tabulet yang Diperkenalkan di Mega Bazaar

Tabulet Menghadirkan Tablet dengan Harga Terjangkau

Tabulet TS 201 dan Octa Q4 Siap Meluncur di Carefour Seluruh Indonesia

Tabulet Berikan Cashback Rp200 ribu di 45 Outlet Carrefour
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy