You are Here : Home > Review > Gadget
24 July 2013 | 27049 view(s)
Axioo Picopad 4, Smartphone Quad-core Lokal Full Layar Sentuh

Penulis : Bambang Kartika H

Kelebihan:

  • Sudah quad-core
  • Layar jernih berkat teknologi Super AMOLED

Kekurangan:

  • Harga cukup di atas rata-rata
  • Kamera sekunder kurang baik

CHIP.co.id - Saya sempat meremehkan saat pertama kali menerima smartphone ini. Alasannya sederhana: mereknya yang tergolong lokal. Namun, setelah menggunakannya, pikiran saya akhirnya berubah 180 derajat. Saya kini malah terpincut oleh kinerjanya yang sanggup melayani kegiatan saya sehari-hari.

Layar juara

Axioo Picopad 4 merupakan seri terbaru dari smartphone dari pabrikan asli Indonesia ini. Yang menjadi nilai tambah, Axioo menggunakan layar Super AMOLED di Picopad 4. Ya, layar ini sama dengan yang digunakan oleh Samsung Galaxy S4. Bahkan, dalam kotak penjualannya tercantung kata Retina Display. Mengapa Axioo berani mencantumkan kata Super AMOLED dan Retina Display?

Bila kita tilik lebih dalam, layar rupanya menjadi faktor X di Picopad 4. Anda sudah dapat merasakan perbedaan kontras saat membandingkannya dengan smartphone sekelasnya. Saya membandingkan layar milik Picopad 4 dengan Andromax V. Hasilnya, silahkan lihat sendiri di bawah ini.


(Ki-Ka) Andromax V dan Axioo Picopad 4 (Klik gambar untuk lebih jelas)

Masih seputar layar, Picopad 4 menggunakan layar berukuran 4 inci 720 x 1184. Layarnya mampu menerima hingga 5 sentuhan dengan kerapatan 320 DPI, 32 bits/pixel.

Punya jeroan yang cukup baik

Tak hanya dari layar, performa yang dihasilkan jeroan Picopad 4 juga tergolong cukup baik untuk kelas smartphone lokal. Sebagai informasi, Axioo membekalinya dengan CPU ARM Cortex-A7, prosesor MediaTek MTK6589 quad-core 1,2 GHz, RAM berkapasitas 1 GB, serta GPU PowerVR SGX 544MP.

Dengan persenjataan tersebut, Picopad 4 berhasil meraih nilai 12.517 saat saya uji di aplikasi AnTuTu Benchmark. Saat diuji dengan aplikasi 3DMark, sayangnya nilai yang diraih masih jauh dari ekspektasi. Tercatat Picopad 4 hanya meraih nilai 2.981 (ice storm) dan 1497 (ice storm extreme). Tak lupa, saya juga sempat melakukan pengujian dengan aplikasi Nenamark 2 untuk menghitung brapa fps yang dapat dihasilkan Picopad 4. 

Dapat 2 buah backcover

Dalam paket penjualannya, Axioo menyertakan sebuah backcover tambahan. Backcover tambahan ini sekaligus menjadi jaket pelindung bagi Picopad 4. Tak hanya itu, Axioo juga memasukkan sebuah lapisan antigores di paket penjualannya.

Bila melihat dari segi fisik, Picopad 4 dirancang sebagai sebuah smartphone full-touch. Artinya, Axioo hanya memberikan tombol fisik berupa unlock dan volume saja. Selebihnya, Anda dapat mengoperasikan Picopad 4 melalui layar sentuhnya saja.

Kamera di atas rata-rata

Axioo menyematkan kamera 8 megapixel di Picopad 4. Untuk kamera sekunder, terdapat kamera 1 megapixel. Hasil jepretannya pun tergolong baik. Lihat hasilnya di bawah ini.

Kamera utama

Klik gambar untuk lebih jelas

Kamera sekunder

Klik gambar untuk lebih jelas


Editor : Insaf Albert Tarigan

Kelebihan
Kekurangan
Spesifikasi
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy