You are Here : Home > Review > Games
24 May 2016 | 21434 view(s)
Tahu Bulat, Game Gokil Persembahan Own Games

Penulis : Rakhmat Koes

CHIP.co.id - Masih ingatkan Anda dengan aplikasi game clicker "Flappy Bird"? Game sederhana tersebut, mampu melesat dan menjadi game yang paling banyak diperbincangkan pada awal kehadirannya. Kini, di Indonesia ada sebuah aplikasi game clicker yang juga cukup gokil dan langsung menjadi top hits di Google Play, yakni "Tahu Bulat".

Bagi Anda yang tinggal di Bandung, Cianjur, Bogor, dan sekitarnya, mungkin Anda sering menjumpai penjaja tahu bulat di atas mobil bak terbuka. Ya, tahu bulat, kudapan khas Tasikmalaya tersebut memang tengah menjadi jajanan yang cukup populer di Jawa Barat beberapa waktu terakhir ini. Bukan hanya tahu bulatnya yang khas, tetapi juga suara yang selalu keluar dari speaker sang penjaja tahu bulat, "Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan, gurih-gurih nyoi..."

Dua minggu lalu, tepatnya digelaran Pasar Komik Bandung yang diselenggarakan pada Sabtu - Minggu, 7-8 Mei 2016, Eldwin Viriya dan Own Games yang menjadi institusinya untuk berkarya, mempersempahkan kolaborasi game dan komik berjudul "Tahu Bulat". Kemudian, meme dari komik dan game tahu bulat tersebut beredar secara viral.        

Melihat antusiasme publik tentang aplikasi Tahu Bulat ini, Own Games menggarapnya secara serius. "Di sana sempat kami showcase prototype tahu bulatnya, ternyata cocok sama pasaran. Jadi dilanjutkan pengembangannya," ujar Eldwin Viriya yang menjadi motor dari Own Games.

"Dalam kurun waktu satu minggu, Tahu Bulat telah didownload oleh 100,000 downloader. Padahal, game lainnya yang dibuat oleh Own Games harus menempuh waktu 10 bulan untuk mencapai 100,000 download," tambah Eldwin Viriya.

 

   

Dalam kurun waktu satu minggu, aplikasi game Tahu Bulat berhasil didownload hingga 100,000 downloader. Dan, per hari ini, telah menduduki posisi kedua dalam Top Free di Google Play dengan poin rata-rata 4,5 bintang.

 

Ini review-nya!

Pada aplikasi game Tahu Bulat, para gamer dituntut untuk menjadi "tukang tahu bulat" yang sukses dan mampu mendatangkan pembeli sebanyak-banyaknya untuk mendapat poin. Selain itu, gamer juga harus mengembangkan usaha tahu bulat-nya, dengan meng-upgrade alat-alat jualan, resep tahu yanglebih bervariasi, hingga mengembangkan promosi.

Seperti kebanyakan game mobile bergenre clicker, Tahu Bulat sangat mudah dimainkan. Para gamer hanya tinggal meng-klik atau tap pada layar game untuk mendatangkan pelanggan, dan mendapatkan poin yang banyak. Jika sudah mengumpulkan banyak poin, para gamer dapat melakukan investasi dengan membeli tenda baru, alat masak baru, perlengkapan baru, bahkan meng-upgrade mobil tempat jualannya. Perlu dicatat, gamer juga perlu memperbaiki resep dan cita rasa tahu bulat-nya.

    

Gamer dapat terus mengumpulkan poin dengan meng-klik/tap pada layar. Jika sudah memilki banyak poin, dapat meningkatkan lapak jualan, memperbaiki resep, bahkan melakukan promosi atau membeli barang yang harganya "jutaan". Gamer juga dapat mengetahui statistik penjualannya pada feature yang telah disediakan.

 

Dengan menggunakan smartphone terbaru yang telah didukung dengan 10 points touchscreen, gamer akan dengan cepat mendatangkan pembeli sehingga mampu mengumpulkan poin dengan cepat. Secara animasi, Tahu Bulat terbilang cukup sederhana. Game gokil buatan developer dari Bandung ini, justru menawarkan sensasi lain dalam bermain game. Seru, unik, dan menyenangkan.

Namun, sangat disayangkan. Pada level lanjutan, tiba-tiba game yang dilengkapi dengan sound nyaring "Tahu bulat, digoreng di mobil dina katel, dadakan, gurih-gurih nyooii..." ini, beberapa kali mengalami crash. Namun, dengan feature auto save-nya, kita tidak perlu mengulang dari awal, karena permainan terakhir yang dimainkan telah tersimpan di google cloud save jika gamer telah log-in sebelumnya. Selain crashes, masih terdapat beberapa bug, seperti musik yang tiba-tiba menghilang setelah kita meningkatkan speaker, atau tiba-tiba hang sesaat. 

    

Ada bonus "Demam Tahu" jika Anda telah mencapai poin tertentu, dan akan mendapat poin berlipat Multiplier x2.0. Selain itu, akan ada notifikasi yang menjelaskan apa yang akan Anda beli dengan keuntungan apa saja yang didapat.

 

Setelah CHIP menjajal si "Tahu Bulat", jemari pun berasa kesemutan. Tapi, secara keseluruhan game ini cukup menyenangkan untuk melepas penat saat bekerja. Semoga kedepannya, game buatan anak bangsa yang cukup cepat dan baik prestasinya dalam kurun waktu 2 minggu ini (rilis resmi 15 Mei 2016), akan menginspirasi para developer lainnya, dan dapat terus mengembangkan user interface-nya, juga tantangannya, agar para gamer tidak lekas bosan.

Bagi Anda yang ingin mendownload-nya, dapat langsung meng-klik tautan ini.

Selamat buat Own Games atas prestasinya, 1 minggu mencapai 100,000 download di Google Play. Dan, selamat bermain bagi Anda semua! 

 


Kelebihan
+ Banyak tantangannya
+ Kaya akan feature
+ Dibuat dalam kurun waktu 2 minggu
+ Auto save
Kekurangan
- Masih ada bug, musik sering hilang
- Pada scene malam, tulisan tidak terlihat
- frame per second (fps) rendah
- Beberapa kali crash
- Animasi masih monoton
Spesifikasi

Additional information

Updated terakhir    : May 22, 2016
Ukuran                   : 12M
Ter-install               : 100,000 - 500,000
Versi terbaru          : 2.5.5
Requires Android   : 2.3 ke atas
Content Rating      : Rated for 3+
Developer              : Own Games

Visit website
Email admin@own-games.com
Jl. Otto Iskandar Dinata No. 251
Bandung
 

You may also like:

Tulwe Teruskan Cari Bintang Baru: Kontrak 1 Tahun

Otomontir Solusi Hidup Berkendara Anda Serta Membantu Ketenagakerjaan

Kolaborasi Jenius dengan Brightspot Market Hadirkan Gaya Hidup Baru

Zona WiFi Go!, Aplikasi Bagi-bagi WiFi Gratis, Diluncurkan
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy