You are Here : Home > Review > Games
26 October 2016 | 6319 view(s)
Doctor Strange: Perkenalan Dunia Mistis Marvel

Penulis : Kama Adritya

 

Satu lagi film superhero dari Marvel yang turut meramaikan dunia Marvel Cinematic Universe (MCU). Kali ini karakter komik yang sebenarnya sudah lama hadir di komik, namun baru sekarang ditampilkan di dunia MCU, yaitu Doctor Strange. Langkah Marvel untuk memasukkan karakter ini sebenarnya sangat berani dan ambisius. Lalu apakah langkah tersebut berhasil?

Doctor Strange adalah karakter penyihir yang dibuat Marvel dari tahun 1963. Dunia yang digambarkan pada komik Doctor Strange ini berbeda dengan dunia komik pada umumnya yang kerap kali bertempat di dunia manusia biasa. Pada dunia Doctor Strange diperkenalkan dunia mistis yang terdiri dari berbagai macam alam semesta dan dimensi. Masing-masing dengan keanehan dan keajaiban yang berbeda-beda. Dunia yang penuh imajinasi dan tidak selaras dengan hukum alam yang kita ketahui.

Langkah Marvel untuk membawa karakter Doctor Strange ke dunia MCU ini sangat ambisius. Karena mereka tidak hanya harus memperkenalkan karakter baru ke masyarakat umum, melainkan juga harus memperkenalkan dunia yang sama sekali berbeda dengan dunia pada MCU yang sudah lebih dulu dikenal. Untuk itu, maka tak heran jika Marvel dan Disney selaku perusahaan yang menaungi Marvel terlihat sangat berhati-hati saat memperkenalkan Doctor Strange.

Berbeda dengan saat memperkenalkan Antman yang notabene adalah karakter komik yang ‘kurang terkenal’ dari Marvel dan masih berada di dunia MCU, Doctor Strange adalah karakter komik ‘lama’ Marvel yang tergolong terkenal pada masanya. Meski demikian, pengenalan Doctor Strange sangatlah penting untuk kelanjutan dunia MCU karena konsep multi dimensi harus dimulai dari dunia Doctor Strange. Sama seperti saat merilis Guardian of Galaxy, Marvel mengambil resiko dengan memperkenalkan dunia SciFi ke dalam dunia MCU untuk memperkenalkan musuh utama di dunia MCU. Dan langkah tersebut cukup berhasil.

Untuk memperkenalkan dunia mistis, Marvel menunjuk Scott Derrickson sebagai sutradara film ini. Scott sebelumnya terkenal lewat film-film horor, sehingga tak heran jika dirinya ditunjuk untuk membuat film mistis. Kemudian selanjutnya adalah menentukan siapa yang akan memerankan tokoh Doctor Strange. Untuk tokoh sepenting ini yang bertugas untuk menarik penonton baru ke dunia MCU, ditunjuklah Benedict Cumberbatch yang sudah memiliki fanbase dan star power besar untuk membawa popularitas Doctor Strange.

Langkah tersebut sangat tepat. Karena Scott dapat menghadirkan dunia mistis yang penuh ilusi dan imajinatif. Begitu pula dengan Cumberbatch yang terlihat sangat natural dalam membawakan karakter Doctor Strange. Tentunya langkah tersebut akan dapat membuat para penonton wanita untuk menonton film ini, meskipun bukan penggemar komik sekalipun. Visualisasi dunia mistis yang dihadirkan oleh Scott akan terlihat lebih menakjubkan jika kita menontonnya di layar IMAX. Karena ada sekitar 20 menitan adegan yang dibuat khusus untuk layar IMAX. Begitu juga dengan efek 3D-nya yang baru bisa dinikmati jika ditonton di IMAX. Sedangkan 3D pada versi layar biasa akan terlihat gelap dan tidak nikmat untuk disaksikan. Jadi, sebaiknya Anda menontonnya di IMAX atau non 3D sekalian. Efek spesial yang dibuat oleh Industrial Light and Magic (ILM) juga dapat menggambarkan efek imaji dan tak nyata yang menakjubkan, sehingga sayang jika Anda tidak menontonnya di medium yang tepat.

Film ini juga memiliki aktor dan aktris pendukung yang di atas rata-rata. Sebut saja Tilda Swinton, Chiwetel Ejiofor, Rachel MacAdams, dan Mads Mikkelsen yang kelas Oscar. Akting mereka dapat hadir membuat dunia ini menjadi lebih hidup lagi. Meski demikian, tampaknya pada film ini mereka tidak berpikir akan mendapatkan Oscar dari akting. Sehingga meski bagus, namun tidak menonjol.

Secara cerita, film ini memiliki kualitas cerita yang bagus sebagai sebuah film origin (asal-usul). Narasi pada film ini dapat menuturkan latar belakang Doctor Strange dan dunia mistisnya dengan baik dan menarik. Hanya saja, 10 menit pertama film ini terkesan terlalu serius. Namun setelah itu, ciri khas film Marvel yang humoris dan ringan kembali hadir. Sehingga hal tersebut tidak akan mengecewakan para penggemar MCU. Sayangnya, motivasi dari beberapa karakter kurang dapat digambarkan dengan jelas di sini. Baik dari para penjahatnya, sampai dengan motivasi dari si Doctor Strange itu sendiri. Penggambaran bagaimana ia dari dokter yang sombong hingga menjadi tokoh superhero yang baik kurang begitu jelas, dan terkesan dipotong. Entah itu demi menjaga film ini tetap ‘ringan’ atau karena durasi. Apapun itu, sangat disayangkan karena film ini sudah membawa konsep filosofi mortalitas dan waktu yang menarik untuk dikembangkan.

Akhir kata, film ini sangat layak untuk direkomendasikan untuk ditonton. Terutama jika Anda adalah penggemar dunia MCU. Dunia mistis yang diperkenalkan pada film ini membuka peluang untuk film-film lain yang akan terlihat beda dari dunia MCU. Namun, hal ini tergantung dari keberanian Marvel untuk keluar dari zona nyaman MCU juga sih.


Kelebihan
+ IMAX 3D
+ Perkenalan dunia mistis Marvel ke MCU
+ Fun dan ringan
Kekurangan
- Motivasi karakternya kurang jelas
- Efek 3D di layar biasa sangat buruk
Spesifikasi

 PEMAIN:

Benedict Cumberbatch – dr. Stephen Strange

Tilda Swinton – The Ancient One

Chiwetel Ejiofor – Mordo

Rachel MacAdams – Christine Palmer

Mads Mikelsen – Kaecilius

Benedict Wong – Wong

 

SUTRADARA:

Scott Derrickson

 

KOMPOSER MUSIK:

Michael Giacchino

 

PENULIS CERITA:

Scott Derrickson dan Jon Spaihts

 

SPEC:

Durasi - 115 menit

Rating - Remaja (Ada adegan perkelahian dan kekerasan minor)

Suara: Dolby Atmos, Dolby Digital, Dolby Surround 7.1

Visual: 2D, 2.35:1, 3D, IMAX 3D

After Credit: Ada 2 (1 mid credit dan 1 after credit).

You may also like:

Arrival: Bukan Hanya Sekadar Film Sci Fi

Review: Lenovo Vibe C

Review: Lenovo Vibe K5 Plus

Star Trek Beyond, Dari Trekkie Untuk Semua Penggemar Film
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy