You are Here : Home > Review > Hardware
27 September 2016 | 27454 view(s)
"Kepiting Merah" Berkelas AC5300 dan Tri-Band dari D-Link

Penulis : Dommara Hadi Saputra

CHIP.co.id - Melihatnya sekilas, tentu ada beberapa objek yang melintas di pikiran Anda. Apakah ini salah satu kapal perang dari film Star Wars, robot laba-laba atau mungkin kepiting cyborg. Semua itu salah, bentuk unik ini adalah WiFI router teranyar milik D-Link yang sudah membawa spesifikasi kelas AC 5300. Dengan tampilannya yang agak menyeramkan sekaligus unik, router besutan D-Link ini menawarkan berbagai fitur terkini dari sebuah WiFi router.

Hadir dengan sapuan warna merah mengkilap pada bodinya, desain sisi atas seperti piramid ini sudah mulai D-Link gunakan pada seri router kelas premium sebelumnya. Dan pada kelas AC5300 seri yang memegang kasta tertinggi, D-Link masih tetap menggunakan desain tersebut. Dilengkapi dengan total delapan buah antena, WiFi router milik D-Link ini semakin menyerupai kepiting merah terbalik, tak heran ada yang menyebutnya “Chilly Crab”. Ukurannya tergolong besar dengan dimensi pada kisaran 10.34 x 16.43 x 5.89 inci. Namun karena melihat bentuknya yang unik, perangkat ini bisa diletakkan di mana saja. Mari berharap dia tidak hidup dan berjalan ketika lampu ruangan sudah mulai dipadamkan.

Indikator utama diletakkan pada lekukan tajam pada muka router, di sini terlihat logo Power, Internet (logo bumi), band 2.4G, band 5G, USB dan SS (USB SuperSpeed). Dengan kehadiran delapan buah antena, router milik D-Link ini menawarkan fitur-fitur jempolan seperti 4x4 data stream yang dapat mendukung penggunaan hingga empat perangkat yang membutuhkan streaming data berkecepatan tinggi secara bersamaan.

Antena eksternal sebanyak delapan buah dilengkapi dengan amplifier membuat cakupan area WiFi yang lebih luas.

Selain itu router ini juga sudah mengadopsi teknologi MU-MIMO dan SmartBeam yang dapat menjaga bandwith agar memberikan porsi bandwith yang sama kencang serta terfokus pada perangkat yang terhubung dengannnya. Kedelapan antena luar ini juga sudah dilengkapi dengan amplifier sinyal, hal ini membuat cakupan sinyal yang ditembakkan si kepiting merah lebih luas dari router kebanyakan dan stabil. Untuk Anda yang sering menghadapi cakupan sinyal yang kurang kuat serta kecepatan yang tidak stabil, hal tersebut dapat diminimalisir.

Untuk portnya, D-Link DIR 895L ini memiliki lima buah port LAN. Port dengan housing berwarna kuning khusus untuk kabel yang memiliki jaringan Internet. Sedangkan empat buah port LAN disampingnya merupakan port Gigabit LAN untuk kebutuhan koneksi antar perangkat. Port USB juga sudah disediakan untuk kebutuhan koneksi mesin cetak atau storage dengan dua buah port USB. Port USB 2.0 untuk printer sedangkan untuk kecepatan transfer data yang lebih tinggi menggunakan USB 3.0 SuperSpeed yang lebih cocok untuk storage. Jika diperhatikan, tepat disebelah kanan port daya terdapat switch mungil yang ternyata memiliki fitur lain yang bisa ditawarkan perangkat ini selain menjadi router yakni extender.

D-Link DIR-895L tak hanya dapat menjadi router, namun juga dapat berubah fungsi menjadi extender.

Mengontrol router melalui User interface yang hadir dalam tampilan baru membuat pengaturan menjadi semakin mudah dan singkat. Pada halaman mukanya saja Anda sudah dapat mengetahui beberapa perangkat yang terhubung ke WiFi router milik D-Link ini lengkap dengan informasi seperti band dan kualitas sinyal yang diterima oleh perangkat. Fitur menarik lainnya ada pada QoS Engine yang menyediakan 11 slot ekslusif, disini Anda bisa memasukan device card ke slot yang memiliki tingkat bandwith yang berbeda mulai dari yang tertinggi hingga menengah.

 

Paket penjualan

  • Wireless AC5300 Ultra WiFi Router
  • Kabel ethernet
  • Adapter
  • Quick start guide

Editor : Kama Adritya

Kelebihan
Desain unik
Tri band
Bentang WiFi luas
Kekurangan
Port Gigabit sedikit
Spesifikasi

Data Teknis

  • WiFi : 802.11ac
  • Speed and Range : 5.3 Gbps
  • WiFi Performance : AC5300 (1000 + 2166 Mbps )
  • WiFi Band : Tri-Band 2.4GHz + 5GHz + 5GHz
  • Gigabit port : 4x 10/100/1000 Gigabit LAN Ports
  • USB port : 1x USB 3.0, 1x USB 2.0
  • Prosesor : Dual core 1.4GHz
  • Dimensi : 316 x 264 x 61 mm
  • Berat : 1680 g
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy