Advertisement
You are Here : Home > Review > Hardware
19 August 2016 | 10189 view(s)
Western Digital Red 8TB, Hard Disk Helium Pertama Untuk NAS

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Dengan diakuisisinya Hitachi oleh Western Digital membuat kedua perusahaan hard disk memiliki teknologi baru yang dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan datanya. Hitachi merupakan perusahaan storage pertama yang menemukan bahwa menginjeksi helium  ke dalam sebuah hard disk dapat meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan hingga melebihi kapasitas 6 TB.
 
Dan kali ini, Western Digital pun juga menggunakan teknologi injeksi helium tersebut yang dinamakan sebagai HelioSeal Helium Technology. Hard disk dengan teknologi HelioSeal pertama yang mendarat di meja pengujian CHIP adalah Western Digital Red dengan kapasitas 8 TB.
 
Walaupun WD tidak membubuhkan logo HelioSeal pada hard disk yang satu ini, dengan kapasitas tersebut sudah mengindikasikan bahwa memang hard disk ini sudah menggunakan helium di dalamnya. Hard disk ini pun ditujukan khusus untuk digunakan pada sebuah Network Attached Storage.
 
Sesuai dengan peruntukkannya, Western Digital Red memang tidak cocok untuk digunakan pada sebuah desktop PC atau pun pada sebuah surveillance system. Hal tersebut dikarenakan hard disk yang satu ini tidak memiliki fasilitas koreksi error yang biasa digunakan oleh sistem operasi untuk membenahi kesalahan penulisan maupun pembacaan data. Selain itu, Western Digital Red juga tidak dirancang untuk dimatikan dalam beberapa saat yang menyebabkan head berada pada posisi parkir.
 
 
Dengan menyandang nama Red, berarti beberapa feature untuk NAS pun sudah disematkan pada hard disk yang satu ini. Yang pertama adalah NASware 3.0, yang membuat hard disk yang satu ini dapat dipasangkan pada NAS sampai 8 bay. Sebelumnya, WD Red hanya mendukung sampai dengan 5 bay saja. NASware 3.0 juga meningkatkan kinerja dari WD Red serta mengoptimalkan kerja hard disk saat digunakan pada NAS.
 
WD Red yang CHIP dapatkan ini juga telah didesain untuk digunakan pada mode RAID dengan daya yang minimal. Hal ini tentu saja membuat Western Digital Red 8 TB memproduksi panas yang tidak cukup tinggi. Hal tersebut juga terbantu berkat kecepatan putar piringan yang ada di 5400 RPM. 
 
Kesimpulan: 
Tidak semua hard disk dapat optimal untuk digunakan pada perangkat NAS. Oleh karena itu, Western Digital pun mengeluarkan hard disk khusus untuk NAS. Karena kebutuhan akan kapasitas akan terus bertambah, Western Digital pun menggunakan teknologi HelioSeal dengan helium untuk meningkatkan kapasitas yang ada. Dengan kapasitas 8 TB dan dapat dipasang dengan 8 drive sekaligus, membuat hard disk ini cocok digunakan pada jaringan rumah, SOHO, maupun enterprise.
 

 


Kelebihan
+ Kinerja baik
+ Helium
+ Cache besar
+ MTBF tinggi
Kekurangan
- Harga masih tinggi
Spesifikasi
PRODUSEN:
Western Digital
www.wd.com
DISTRIBUTOR: 
WD Indonesia
 
DATA TEKNIS
Nomor Model: WD80EFZX
Interface: SATA 6 Gbps
Kapasitas: 8 TB
Form Factor: 3,5 inci
Kecepatan Rotasi: 5400 RPM
Cache: 128 MB
MTBF: 1.000.000 jam
 
 
PAKET PENJUALAN 
Hard disk 
 
BENCHMARK: 
Crystal Disk Mark Read
Sequential: 197.4
Sequential 32T1 : 196.6 
4K: 1.355 
4K Q32T1: 2.51
Crystal Disk Mark Write
Sequential: 198
Sequential 32T1: 197.2 
4K: 1.925 
4K Q32T1: 1.931
Tes Tulis
File Besar: 25 detik
File Kecil: 44 detik
Tes Baca
File Besar: 27 detik
File Kecil: 1:48 menit
 
 
You may also like:

WD Luncurkan Dua NAS My Cloud Pro

QNAP TS-228, Perangkat Cloud Pribadi Dua Bay yang Ramping

Western Digital Tingkatkan Kapasitas Harddisk GOLD Sampai 10 TB

WD Meningkatkan Kapasitas untuk Mengakomodasi 'Ledakan' Konten Digital
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy