You are Here : Home > Review > Hardware
25 August 2016 | 16246 view(s)
Axioo Windroid 10G+, Bisa Tablet, Notebook, Android, dan Windows 10

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Dengan keluarnya sistem operasi Windows 10 dan Android, era penggunaan tablet masuk ke dalam pertarungan yang lebih gencar lagi.  Android dan Windows 10 sama-sama menawarkan solusi positif yang memang membuat orang ingin memiliki keduanya. Lalu bagaimana jika sebuah perangkat bisa mendapatkan keduanya? Hal tersebutlah yang berusaha dipecahkan oleh Axioo.
 
Sebelumnya, Axioo juga sudah pernah mengeluarkan sebuah notebook 2 in 1 dengan nama Windroid 9G+ dengan dimensi 8.9 inci. Saat ini, mereka telah memiliki sang penerus yang dinamakan Axioo Windroid 10G+. Pada dasarnya, perangkat ini merupakan notebook 2 in 1 dari Axioo yang menggunakan dua sistem operasi, yaitu Windows 10 dan Android Lollipop 5.0 dan memiliki feature untuk dapat melakukan sambungan dengan jaringan 3G dan HSDPA. Hal ini tentu saja membuat pengguna tidak lagi harus memilih untuk membeli tablet dengan sistem operasi Android Lollipop atau Windows 10 terbaru.
 
Axioo Windroid 10G+ dipersenjatai dengan system on chip Intel Baytrail dengan Atom Z3735F yang memakai prosesor quad core Intel Atom berkecepatan 1,3 GHz sampai 1,83 GHz dan GPU Intel HD Graphics dengan nama kode Rogue. Sepertinya GPU yang digunakan diproduksi oleh PowerVR. RAM yang terpasang sebesar 2 GB dengan storage internal untuk Android berkapasitas 4 GB dan   20 GB untuk Windows 10. Sayang memang, bagi sebagian orang, kapasitas 4 GB untuk Android memang dirasa sangat kecil.
 
Desain dan Software
 
Axioo Windroid 10G+ merupakan sebuah notebook 2 in 1 yang dapat berubah menjadi tablet. Docking keyboard-nya sendiri memiliki  tombol berdesain chiclet yang sayangnya berukuran cukup kecil. Hal ini tentu saja tidak nyaman bagi mereka yang memiliki jari jemari yang besar. 
 
 
Dengan menekan tombol yang satu ini, membuat Windroid 10G+ berubah dari notebook menjadi sebuah tablet.
 
Badan notebook yang satu ini memiliki dimensi 257.6  x 172.2  x 9.7 mm  dan 231.2 x 147.5 x 20.8 mm saat dipasangkan dengan docking keyboard. Windroid 10G+ memiliki layar dengan ukuran 10 inci dan beresolusi 1366 x 768. Untuk bobotnya, Axioo Windroid 3G+ memiliki berat sekitar 470g saat menjadi tablet dan 600g saat dipasangkan docking-nya. Tentunya dengan bobot seperti ini, saat ditaruh pada sebuah tas ransel, tidak akan membuat para penggunanya menjadi sakit pinggang.
 
Pada bagian layarnya sendiri atau saat dijadikan tablet, Windroid 10G+ terdapat tombol power dan volume pada sisi bagian atasnya. Pada sisi sebelah kiri, terdapat lubang audio 3,55mm, port microUSB yang juga untuk melakukan charging, miniHDMI, USB, dan tombol reset. Pada bagian yang tertutup dapat ditemukan slot microSD dan SIM .
 
Pada bagian dockingnya sendiri juga dapat ditemukan sebuah port USB 2.0 tambahan. Sayang memang, tidak ditemukan adanya port USB 3.0 pada notebook 2 in 1 yang satu ini. CHIP pun menemukan sebuah bug di mana docking keyboard akan sulit digunakan saat sudah lama menggunakan notebook ini. Solusinya: restart saja.
 
Saat melakukan booting pertama kali, pengguna harus memilih untuk booting ke Windows 10 atau android. Pengguna pun juga dapat langsung melakukan perpindahan sistem operasi dari dalam Windows 10 atau pun Android Lollipop.  
 
Kinerja dan Baterai
 
Dengan prosesor Intel Atom yang menggunakan clock 1,8 GHz, sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa tablet ini memiliki kinerja yang cukup baik. Dengan menggunakan RAM sebesar 2 GB, tentu saja notebook ini sangat baik saat digunakan untuk melakukan pekerjaan dengan Office. Editing foto dengan software yang tidak haus daya seperti Adobe Photoshop CS 2 pun juga tidak terasa lamban.
 
Saat digunakan pada mode Android, kinerjanya memang dapat dikatakan sangat baik. Bahkan, CHIP merasa notebook ini lebih baik digunakan dalam mode ini. Akan tetapi, sangat disayangkan bahwa pemberian storage yang hanya 4 GB dapat menghambat kenikmatan penggunaan dalam platform Android. Dan Android pun tidak dapat membaca partisi yang digunakan oleh Windows 10.
 
 
Slot SIM dan microSD berada dalam satu tempat yang dilindungi dengan sebuah penutup. Pengguna harus sedikit bersusah payah untuk membuka penutupnya.
 
Prosesor Atom sendiri juga dikenal dengan kemampuannya untuk menyedot daya yang sedikit. Ditambah dengan proses pabrikasi 22 nm, tentu saja daya yang diperlukan antar kapasitor menjadi lebih rendah. Hal ini tentu saja membuatnya cocok untuk digunakan pada platform tablet atau pun notebook entry level. 
 
Hasil pengujian baterai yang CHIP lakukan juga berbuah hasil yang sangat baik untuk sebuah tablet. CHIP menguji Windroid 10G+ dengan menggunakan BatteryXPRT yang mampu memberikan perkiraan daya tahan baterai yang lebih baik. Dengan baterai berkapasitas 6000 mAh, ternyata Axioo Windroid 10G+ mampu bertahan hingga 13 jam dalam pemakaian standar. Tentunya, daya tahan tersebut akan lebih cepat habis saat tablet ini dipakai untuk bermain game atau melakukan editing foto dan video dengan jumlah banyak. 
 
Kesimpulan : 
 
Dengan banyaknya kebutuhan akan penggunaan perangkat Android dan Windows, tentu saja membuat konsumen bingung dalam membeli sebuah tablet atau notebook yang memiliki sistem operasi Android atau pun Windows. Axioo pun menawarkan solusi yang ternyata tidak hanya mengusung kinerja yang tinggi saja, tetapi juga dengan daya baterai yang tidak kalah menariknya. Pengguna pun juga dapat melakukan koneksi internet melalui jaringan HSDPA. Harganya yang cukup terjangkau untuk sebuah notebook membuatnya cocok untuk dipakai oleh segala kalangan. 

 


Kelebihan
+ Windows 10 dan Android Lollipop
+ Kinerja baik
+ Dukungan 3G
+ Responsif
+ Daya baterai cukup baik
+ Harga cukup terjangkau
+ Ringan
Kekurangan
- Tombol keyboard kecil
- Storage Android 4 GB
- Docking kadang tidak berfungsi
- Pengisian baterai cukup lama
Spesifikasi
PRODUSEN:
Axioo
www.axiooworld.com
 
HARGA:
Rp 3.399.000
 
DISTRIBUTOR: 
Axioo
 
DATA TEKNIS
Platform : Intel Baytrail Z3735F
CPU/GPU: QuadCore Atom 1,8 GHz/Intel HD Graphics (Rogue)
Layar : 10 inci IPS LCD Capacitive
Resolusi : 1280x800
RAM/Storage : 2 GB/ 32 GB + microSD slot
Konektivitas : WiFi, USB, Bluetooth 4.0, 3G, HDMI
OS : Android 5.1.1 Lollipop + Windows 10
Baterai : 6000 mAh
Kamera :  2MP / 0,5 MP
Dimensi : 257.6  x 172.2  x 9.7 mm / 231.2 x 147.5 x 20.8 mm (docking)
Berat : 470 gram / 600 gram (docking)
 
 
PAKET PENJUALAN 
Axioo Windroid 10G+
Adapter
Kabel USB
Buku manual
 
BENCHMARK
AnTuTu Benchmark : 49560
3DMark Ice Storm Unlimited : 14681
PCMark
Work : 4838
Web : 4455
Video : 4120
Writing : 4593
Photo Editing: 6497
MobileXPRT :  313
BatteryXPRT : 13,1 jam
You may also like:

Axioo Hadirkan Notebook Baru, MyBook

Axioo Ganti Logo Baru

Axioo Hadirkan Windroid 10G+

Axioo Hadirkan Tablet PICOPAD 7H2 dan S2L
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy