Advertisement
You are Here : Home > Review > Software & OS Apps Games
01 July 2016 | 6057 view(s)
Shliter.io, Game Cacing Tukang Jebak

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Satu lagi game yang sedang hype di smartphone para pengguna di seluruh dunia. Namanya Shliter.io, game sederhana jenis kasual yang terinspirasi dari game legendaris Snake yang dirilis beberapa tahun silam lewat ponsel Nokia. Dulu Snake mengajak gamer untuk melahap beberapa pointer sebanyak-banyaknya, semakin panjang semakin  tinggi skor.

Sedangkan game Shliter.io bertujuan untuk mengecoh lawan agar menabrak gacoan Anda. Memang ada beberapa obyek yang bisa Anda lahap untuk menambah panjang cacing. Tetapi tujuan besarnya adalah saling beradu dengan lawan untuk saling menghindar dan membuat strategi atau jebakan agar lawan menabrak.

Semakin banyak lawan yang menabrakkan cacing mereka ke cacing Anda maka skor Anda akan semakin tinggi. Begitu  pula sebaliknya. Jika Anda yang menabrak cacing lawan, maka tamatlah riwayat Anda.

Shliter.io hingga saat ini sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta orang. Angka yang dicapai ini cukup fantastis untuk sebuah game baru yang tidak terlalu banyak dipromosikan. Nama developer pembuatnya sendiri juga tak terlalu berkibar. Jauh dengan nama-nama developer atau publisher macam Rovio, King Games, dll. Produk aplikasi dan game yang merek buat pun baru tiga, itu sudah termasuk Shliter.io.

Tetapi Shliter.io melejit karena beberapa hal. Berikut ini antara lain yang membuat game ini disukai dan bukan tidak mungkin ada yang addict.

Tercatat dari total 1,6 juta pemberi komentar, sebanyak 1,1 juta di antaranya memberikan rating lima bintang alias tertinggi. Hanya sekitar 202 ribu saja yang menilai dengan angka terendah yaitu satu.

 

DESAIN DAN GRAFIS

            Shliter.io dibuat dengan tampilan 3D. Menggunakan ikon cacing sebagai player. Tampilannya tidak acak-acakan bahkan cenderung tampak rapi dan enak dipandang. Cacing-cacing itu dilengkapi dua mata. Gerakannya cukup halus dan realistis kendati dimainkan secara online. Manuver-manuver yang dapat dilakukan juga bervariasi.

            Setiap cacing akan berbeda ukuran tergantung dari skor yang diperoleh setiap cacing. Semakin tinggi skor, maka semakin besar cacing gacoan Anda. Berbagai pointer diletakkan tersebar di arena dengan wujud seperti sebuah cahaya.

            Lay out data pemain yang ambil bagian secara online pun tidak memenuhi layar. Cukup proposional dengan ukuran dan warna huruf yang bervariasi menambah daya tarik colorful game ini.

            Shliter.io memang dirancang untuk perangkat khususnya smartphone dengan layar yang paling pas minimal 5 Inci. Dengan ukuran seluas ini, jemari Anda lebih lega dan mata Anda tak perlu memincing. Tetapi juga bisa digunakan di tablet, namun lebih sulit membawanya, sebab dibutuhkan satu jemari untuk menggerakkan dan mengarahkan cacing, sementara tangan lain menggenggam gadget.

 

KUSTOMISASI

            Shliter.io adalah game online. Anda akan bertemu dengan pemain lawan dari berbagai penjuru dunia. Mungkin juga teman di sebelah Anda. Oleh sebab itu, kadang-kadang Anda akan bersua dengan cacing-cacing yang kulitnya berwarna seperti bendera negara. Misalnya bendera Amerika yang merupakan kombinasi antara star biru dan strip merah-putih, bendera Jerman yang merupakan paduan warna hitam, merah dan kuning, banyak lagi.

            Anda bisa mengkustom warna cacing gacoan. Bahkan selain itu, gamer bisa memilih paduan warna lain. Misalnya pelangi. Selain itu, Anda bisa memasukkan nama pemain. Nama bebas Anda isikan. Bisa saja Anda pakai nama MagicWorm atau SuperWorm. Artinya tidak harus sesuai dengan nama yang tertera di KTP.

            Selain itu ada beberapa opsi cara menggerakkan cacing. Shliter.io menawarkan tiga jenis kontrol, antara lain menggunakan panah (Arrow Mode), dengan jemari (Classic Mode) dan stik (Joystick Mode). Sebaiknya coba masing-masing dan pilihlah yang paling nyaman menurut Anda. Piihan kontroler ini akan mempengaruhi efisiensi gerakan dan responsivitas.

            Skor Anda akan terlihat di pojok kiri bawah layar. Di situ juga tampak ranking Anda. Semuanya tentu bisa berubah sesuai dengan apa yang Anda capai.

 

ONLINE

            Tidak dibutuhkan jaringan 4G untuk akses ke medan pertandingan para cacing alias online. Cukup dengan 3G saja sudah cukup membuat lancar game ini dan tak lag. Kaerna bersifat online di mana Anda akan bertanding dengan banyak cacing membuat game ini semakin seru. Anda berkompetisi.

            Strategi harus dilakukan, misalnya dengan mencari tempat aman yang tidak dipenuhi oleh cacing-cacing yang sudah berukuran raksasa. Cacing yang sudah berukuran besar pun bukan mudah untuk dijalankan, karena selain berat dan panjang, manuvernya pun tak lincah lagi seperti ketika masih pendek.  

            Kemampuan manuver menghindar dari menabrak tetapi membuat lawan terjebak agar menabrak Anda sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu sebelum bermain di opsi Online, ada baiknya pilih opsi Play Against AI.

            Skor Anda tertinggi akan tercetak terus sebagai angka yang pernah Anda capai. Angka ini bisa berubah jika Anda pecahkan rekor Anda sendiri. Namun juga bisa tak naik-naik, karena sulit lagi meraih rekor tertinggi Anda.

Selain itu yang tak kalah pentingnya, game ini tak mengurasi baterai smartphone Anda. Jadi siapa tahu pas buat teman mudik dan libur lebaran. (*)

 


Kelebihan
• Tampilan grafis menarik dan bernuansa 3D.
• Seru karena berhadapan dengan banyak cacing lawan.
• Online sehingga bisa bertemu dengan gamer asing.
• Kulit cacing bisa dipilih, opsinya beragam.
Kekurangan
• Background game monoton.
• Tidak tersedia level, sehingga pemain baru kadang bertemu pemain kawak.
Spesifikasi

Up Date Terakhir: 9 Juni 2016

File Size: 62,12 MB

In-Apps Purchase: Ya

Jenis Game: Kasual Online dan Offline

Publisher: Lowtech Studio

Jumlh download: Lebih dari 50.000.000

Kebutuhan: Android minimal versi 2.3

comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy