You are Here : Home > Review > Software & OS Apps
24 August 2016 | 6872 view(s)
Game Juragan Terminal, Awas Ketangkap KPK!

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id-  Bikin game untuk konsumen alias gamer Indonesia tak usah serbaribet. Tak perlu tak-tik atau strategi yang memerlukan otak. Game mustinya fun dan dapat dimainkan oleh siapapun. Kalau Anda lihat Pokemon Go, tak ada kemampuan khusus diperlukan bermain game ini. Anda hanya perlu swipe –kadang sedikit roll swipe-, pastikan tepat sasaran, dan selesai. Soal bahwa Anda harus jalan mencari monster itu hal lain.

Jadi kalau ada game yang cara memainkannya hanya melulu men-tap layar bukan berarti game ini tergolong kelas cemen. Memang tak butuh skill khusus, tetapi kalau faktanya penggunanya membanjir, maka game ini masuk kategori sukses.

Setelah melesatkan game Tahu Bulat, Own Games yang anak Bandung digandeng developer dedengkot game mobile, Agate Games. Kolaborasi ini menghasilkan game full screen tap bertajuk Juragan Terminal.

Untuk mengunduh game ini Anda hanya memerlukan ruang memori sebesar  56,7 MB. Kecil saja. Hanya perlu waktu sekitar dua menit untuk mengunduh full game termasuk instalasi menggunakan jaringan 4G LTE.

Suksesnya memang belum seperti Tahu Bulat yang seminggu diunduh 100 ribu orang lebih. Hingga hari ini (24 Agustus) masih di-download 10 ribu lebih gamer.

 

GRAFIS

Tampilan grafis Juragan Terminal mirip benar dengan Tahu Bulat berupa grafis dua dimensi. Tetapi sarat dengan berbagai image dan sangat colorfull. Tampilannya sendiri terdiri dari tiga bagian. Di atas berupa board informasi dan tips, di bawahnya video games dan di paling bawah hadir empat opsi antara lain: Fasilitas, Items, Statistik dan Settings.

Sebagaimana game 2D, gerakan animasi seperti koin yang jatuh, penumpang berdatangan, angkot bergerak maju, hingga telur yang jatuh terbilang cukup halus.

 

PERMAINAN

Sebelum mendapat akses permainan, Anda harus memasukkan nickname. Nama panggilan ini bebas, tak harus sesuai dengan akun Google Anda. Obyektif game Juragan Terminal adalah membangun terminal setelah modal cukup. Cara untuk mendapatkan modal adalah dengan mengumpulkan uang sebanyak mungkin. Semakin cepat uang diperoleh maka semakin cepat membangun terminal.

Anda tinggal mentap secepat dan sesering mungkin ke layar agar jumlah penumpang yang membayar semakin cepat pula. Beruntung jika menggunakan smartphone atau tablet multitouch sebanyak 10 sentuhan. Artinya, menguntungkan untuk mendapatkan koin dengan cara lebih cepat.

Perolehan koin akan tampak di bar sebelah atas. Semakin bertambah koin maka skor akan melaju ke arah kiri mendekati titik yang disebit masa Mudik. Nah, di step Mudik biasanya jumlah penumpang bertambah banyak. Dengan kata lain kesempatan meraih koin lebih banyak lagi.

Jumlah koin bisa meningkat deras jika muncul telur. Anda tinggal tap setiap telur agar pecah dan secara otomatis akan menambah perolehan skor.

Untuk membangun terminal, Anda harus memiliki cukup koin. Koin ini akan terpakai untuk membeli berbagai items, seperti gerbang terminal, dll.

Lantaran berkolaborasi dengan Own Games, muncul gimmick yang cukup segar di tengah permainan. Misalnya saja kehadiran Tako yang sosoknya ada di game Tahu Bulat membawakan sesuatu untuk Anda. Selain itu, kejutan lain juga datang pada momentum tertentu. Misalnya ketika HUT  Kemerdekaan RI tempo hari ada program khusus menambah koin.

Setiap selesai satu tahap, laporan keuangan Anda akan dibuka. Nah, harap hati-hati jika mendadak ada laporan kalau Anda tersangka pelaku korupsi. Di laporan keuangan akan muncul notifikasi bahwa petugas KPK menemukan laporan keuangan yang aneh.

Muatan-muatan seperti ini juga dihadirkan oleh Agate. Tentu sebagai salah satu upaya edukasi.

 

ACHIEVEMENT

Untuk memperoleh laporan pencapaian Anda, pada menu Statistic akan menampilkan berbagai macam data. Di antaranya Total Setoran Seumur Hidup, Total Setoran Angkot, total tap yang Anda lakukan, THR yang Anda peroleh hingga rekor setoran dalam hitungan per detik.

Selain itu juga tersedia board yang akan menunjukan ranking para pemain.

Dibandingkan dengan game Tahu Bulat, Juragan Terminal lebih siap hadir. Tak ditemui bugs dan permainan ini cukup responsif. Namun tampaknya game berbasis Simulation ini membuat smartphone lekas panas. Apalagi jika Anda sangat agresif mengejar koin.

Ketika CHIP bermain selama 10 menit, smartphone memanas sehingga perlu break sejenak untuk mendinginkan perangkat. Selain itu, karakternya belum dapat dikustom sesuai dengan keinginan pemain. (*)


Kelebihan
• File tidak besar, hanya 56,7 MB.
• Grafisnya walaupun 2D tetapi sangat colorfull.
• Cara memainkannya sangat gampang hanya dengan men-tap.
• Space untuk tap bisa di mana saja, tidak terbatas hanya di layar video game.
Kekurangan
• Smartphone lekas panas ketika dimainkan dengan cara agresif.
• Tidak tersedia menu kustom karakter.
• Animasinya cenderung monoton belum ada skenario lain.
Spesifikasi
  • Up date terakhir: 18 Agustus 2016
  • Kebutuhan perangkat Android: minimal versi 2.3.3
  • Harga: Free
  • Harga items: Rp 3.000,- hingga Rp 25.000,-
  • Download: 10.000 – 50.000 kali
  • Developer: Agate Games dan Own Games
You may also like:

Tahu Bulat, Game Gokil Persembahan Own Games
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy