You are Here : Home > Review > Software & OS Hardware
06 October 2016 | 17974 view(s)
Samsung Gear 360, Cara Baru Rekam Foto dan Video

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Dirilis di MWC Barcelona 2016, perangkat imaging milik Samsung ini sebenarnya sudah beredar di Indonesia beberapa bulan silam. Namun Samsung Electronics Indonesia baru menjual secara massal belakangan ini. CHIP menjajal Samsung Gear 360 selama beberapa hari ini.

Di tengah rancaknya penggunaan action cam yang sudah hadir dengan bermacam-macam merk baik terkenal maupun bikinan Tiongkok, memotret dan merekam video dengan sudut 360 menantang fotografer untuk melakukan eksperimen baru.

Pengertian perekaman 360 sesungguhnya mengacu pada teknik pengambilan gambar dan hasil gambar (baik foto maupun video) pada sebuah obyek. Obyek seperti berputar dalam satu putaran penuh atau kadang-kadang dalam beberapa sumbu (axis). Berbeda dengan foto yang diambil dengan moda panorama, walaupun sanggup melakukan putaran dengan sudut 360 derajat namun biasanya hanya dengan pola tampilan horisontal.

Perekaman 360 derajat memungkinkan membidik seluruh angle dalam satu foto atau video. Inilah yang lantas dikembangkan oleh Samsung. Keterbatasan yang dialami oleh kamera smartphone lantas digantikan oleh sebuah camera gear atau peralatan kamera tambahan. Namun untuk pengoperasian (mulai mengontrol, meng-capture, hingga menyimpan) tetap dapat dilakukan oleh sebuah smartphone.

Samsung Gear 360 menjadi perangkat baru yang membuka peluang untuk hadirnya menonton video secara berputar sesuka hati ke mana Anda ingin tuju. Dengan mode Motion View, Anda bahkan seperti diajak menjelajah ke setiap sisi  pada satu frame video. Tentulah untuk saat ini, agar lebih terasa nyaman perlu menggunakan kacamata VR atau cardboard.

Misalnya saja video atau foto  tentang  sebuah ruangan museum yang di setiap sisi terdapat aneka koleksi. Ketika menonton, Anda bebas menuju ke sisi yang Anda tuju, lalu berbalik ke sisi lain, terus menelusur ke sisi-sisi seterusnya.  

 

SAMSUNG GEAR 360 DAN APLIKASI

            Mengoperasikan Samsung Gear 360 bisa saja tanpa menggunakan aplikasi. Tetapi Anda akan sulit untuk memonitor dan menentukan saat yang tepat ketika men-capture obyek bidik. Oleh sebab itu, Samsung telah menyiapkan aplikasi bertajuk Samsung Gear 360 Manager. Aplikasi ini tersedia di Galaxy Apps, atau di PlayStore. Bisa juga diunduh melalui browser dengan alamat web apps.samsung.com/gear360.

            Diperlukan ruang memori sebesar 98 MB untuk menempatkan aplikasi ini. Oh ya, tak semua seri Samsung Galaxy kompatibel. Samsung Gear 360 Manager hanya bisa diunduh di minimal Samsung Galaxy Note 5. Untuk seri di bawahnya tak cocok. So, tampaknya memang hanya sekitar 6 seri saja (selain Note 5 juga Samsung Galaxy S6, S6 Edge dan Plus, Samsung Galaxy S7 dan S7 Plus).

 


Kelebihan
Dimensi unik, berbentuk bulat
Koneksi nirkabel lengkap
Mode pengambilan gambar bervariasi
Pengoperasian mudah
Kekurangan
Hanya dapat dikoneksikan ke smartphone Samsung Galaxy high end
Terdapat bayangan jika menggunkan tripod
Spesifikasi

Dimensi: 66,7 x 56,2 mm, berat 153 gram

Koneksi Nirkabel: Bluetooth v4.1, Wi-Fi a/b/g/n/ac, NFC

Koneksi: USB 3.0

Kamera: dua buah 15 MP (3840 x 1920 pixel) f/2.0

Format: MP4/H.265 (video), JPEG (foto)

Mode Shooting: Video, Photo, Time Lapse, Video Looping

Memori: microSD (sampai 128 GB)

Baterai: 1.350 mAh

page 1 of 4
View as A Single Page
DESAIN DAN BODI
You may also like:

Samsung Indonesia Siap Rilis Keluarga Galaxy J Prime

7 Hal Isi Surat Soal Samsung Galaxy Note 7

Samsung W2017 Ponsel Lipat Harga Gila-gilaan

Samsung Gear Fit 2
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy