You are Here : Home > Review > Software & OS
27 September 2016 | 8545 view(s)
Yuk, Berhalo-halo via Google Allo

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Kalau Google pun sudah bikin aplikasi messenger tampaknya bisa bikin minggir aplikasi lain. Seakan ingin mendominasi seluruh lini, Google Allo pun hadir. Google biar pun meraksasa bukan berarti setiap aplikasi yang ditawarkan selalu sukses. Lihat saja nasib Google Talk yang dirilis 10 tahun silam. Salah satu dari proyek Google yang sepi pengguna.

Google Allo yang dikenalkan beberapa bulan silam kini mondar-mandir di Apps Store. Kendati responnya tak meledak –mungkin karena kebanyakan pengguna masih nyaman dengan WhatsApp- tetapi aplikasi ini tampak sangat ambisius menarik perhatian. Seolah Google ingin menebus kegagalan pada G Talk-nya.

Berbagai perombakan mulai tampilan beserta fitur pendukungnya membuat cara Google menampikan sebuah aplikasi messenger amat berbeda. Sepintas yang “dilawan” adalah iMessenger yang lebih dulu dipunyai oleh iOS. Namun Google punya selera  berbeda.

Tak pelak, Google Allo memang layak untuk dijadikan sebagai salah satu pelengkap di smartphone Anda. Tetapi harus diakui Google cukup kreatif. Hal itu terlihat pada beberapa bagian.

Dalam tempo beberapa hari sudah lebih dari satu juta pengunduh ingin mencoba. Selama kurun itu sebanyak sekitar 10 persennya memberikan tanggapan. Sebanyak 64 ribu lebih memberikan bintang lima, alias sekitar 65 persen.

 

UNDUH DAN REGISTRASI

Butuh ruang memori sebesar 51,55 MB di perangkat Android Anda. Cukup kecil sih. Bandingkan dengan WhatsApp yang memerlukan 241 MB, bahkan lebih kecil ketimbang WeChat (88 MB). Artinya proses download jadi lebih cepat, selain tak merongrong memori smartphone. Selain itu aplikasi ini minimal membutuhkan Android versi 4.1.

Seperti messenger lainnya, setelah Anda unduh dan instal, Google akan mengirimkan nomor kode sebanyak enam angka. Google mengirim via SMS. Tetapi Anda tak perlu repot memasukkan. Sebab, seketika SMS masuk ke smartphone, kode akan tertera di aplikasi.

Berikutnya, tekan Next untuk melanjutkan proses. Tentu saja setelah itu, Anda harus memasukkan nama. Jika ingin menambahkan foto profil, tekan saja ikon kamera.

Jika Anda memiliki lebih dari satu akun Gmail, seluruhnya akan masuk ke sistem. Artinya, Anda tak perlu memilih salah satu  email Google yang Anda miliki.

 

TAMPILAN

Secara serentak kemudian, daftar kontak Anda yang telah menggunakan Google Allo akan menjadi daftar kontak, seperti halnya WhatsApp. Nah, serunya Google yaitu memanfaatkan daftar kontak dari aplikasi messenger Anda sebelumnya (misalnya WhatsApp) masuk list Allo. Jika teman Anda belum menggunakan, maka Anda tinggal tap Invite.

Tampilan messege board Google Allo cukup simple dan terkesan lebih lega. Informasi hari dan jam percakapan dipisahkan. Kalau WA menempatkan jam percakapan pada teks atau image yang terkirim, maka Allo menyatukan di timeline. Tetapi jika Anda tap percakapan akan muncul pula tampilan seperti WA.

Sementara setiap teks baik yang terkirim maupun diterima sajiannya mirip dengan iMessege. Ada beberapa pilihan teks singkat seperti “Yes”, “No”, atau “Oh”. Jadi Anda tinggal memilih saja, lebih praktis.

Di baris bawah dipenuhi oleh opsi keyboard, stiker yang sangat beragam (dan ini membuat Allo terlihat lebih kreatif), hingga fasilitas Google Search.

 

RAGAM STIKER

Desain stiker yang ditawarkan Google Allo lebih keren. Terdiri dari enam kompartemen aneka tema. Anda cukup menggeser ke kiri dan ke kanan untuk mencari stiker yang Anda suka. Cara swipe ke kiri dan ke kanan juga membantu agar tidak confuse dengan ketika scrolling message board. Stiker packs alias koleksi stiker Allo juga disuplai oleh konsumen yang doyan bikin desain karakter. Hingga kini sudah lebih dari 25 kreator mengangsurkan. Ini kesempatan bagi desain Indonesia bikin karakter khas. Pengguna tinggal download saja secara gratis.

Kemudian juga sangat mudah ketika memasukkan foto atau video. Serunya lagi, Anda akan terhubung ke Google Drive, fasilitas penyimpanan file-file Anda. Bahkan jika Anda memiliki lebih dari satu akun Gmail, tetap diperbolehkan untuk memakai seluruh akun Google Drive Anda.

Dengan menggunakan smartphone Android, akan muncul seluruh folder file yang tersedia di smartphone. Munculnya seluruh folder tentu saja membuat proses pencarian file menjadi lebih mudah. Bayangkan jika hanya tertera file Gallery saja.

 

INTEGRASI KAMERA

Google Allo juga memungkinkan pengguna untuk memotret langsung sebuah obyek dan mengirimkan ke teman. Termasuk jika ingin memotret selfie. Cukup tap ikon di sebelah kanan, lalu seketika kamera depan akan bekerja melakukan swafoto.

Selain itu, Anda masih bisa melakukan editing foto sebelum dikirimkan. Pada mode edit, tersedia beberapa menu, di antaranya menambahkan coretan bebas maupun teks.

Beberapa messenger apps lain sebenarnya juga telah menggunakan model ini. Tetapi di tangan Google, moda capture foto tidak dipisahkan dengan message board, alias menyatu. Pada layar akan terbagi dua, di atas message board, sementara di bawah mode pemotretan. Dengan begitu, Anda tak akan ketinggalan up date informasi ketika akan mengambil gambar.

 

BICARA DENGAN GOOGLE

Fasilitas ultimate yang sulit diuber oleh messenger lain adalah mengobrol dengan Google alias Google Assistant. Sadar bahwa Google memiliki data base yang sangat besar, punya berbagai aplikasi seperti YouTube, search engine, dan banyak lagi. Semuanya kemudian dikemas, seolah-olah menjadi robot yang dapat diajak mengobrol.

Misalnya, Anda menginginkan video yang sedang kerap diputar. Cukup tap opsi “Send me a music video daily”, beberapa saat kemudian muncul video yang dimaksud. Atau Anda ingin memperoleh skor pertandingan terakhir klab sepakbola, minta saja ke informasi olahraga. Atau Anda cukup ketik nama klab.

Ya, perubahan total dari Google Talk menjadi Google Allo terlihat sangat signifikan. Berbeda banget. Kali ini Google berhasil mengintegrasikan seluruh “kekuatan” dari berbagai layanan dan aplikasinya untuk ambil bagian memperkuat layanan messenger Google Allo. Proses pencarian informasi tampaknya bisa dialihkan ke chat messenger apps satu ini.  

Mari sekarang ber-‘alo-alo’ dengan Google Allo. (*)

 


Kelebihan
Desain simple, nyaman buat mata.
Koleksi stiker sangat bervariasi dan membuka kesempatan desainer mengirimkan karakter.
Fasilitas Google Assistant yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya.

Kekurangan
Membutuhkan alamat Gmail untuk akses.
Belum tersedia fitur telefoni
Notifikasi belum bisa langsung reply
Spesifikasi
  • Up date terakhir : 20 September 2016
  • Requirement: minimal Android OS versi 4.1 (Jelly Bean)
  • Harga: Free
  • Download : lebih dari 1 juta
  • Developer: Google
You may also like:

Polling Chip: WhatsApp Masih Jawara

Tips dari Google Untuk E-Commerce di Akhir Tahun 2016 Ini

Hati-hati, Trojan Svpeng Incar Pengguna Android!

Google Flights, Cara Cari Tiket Terbang Termurah
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy