You are Here : Home > Review > Software & OS
06 November 2012 | 17021 view(s)
Tips Dasar Menggunakan Windows 8

Penulis : Insaf Albert Tarigan


Highlights:Microsoft secara resmi merilis sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober lalu. Saat ini kami sudah menggunakan Windows 8 versi Enterprise Evaluation yang bisa digunakan secara gratis selama 90 hari.

 

CHIP.co.id - Microsoft secara resmi merilis sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober lalu. Saat ini kami sudah menggunakan Windows 8 versi Enterprise Evaluation yang bisa digunakan secara gratis selama 90 hari. 
 
Anda yang sudah kebelet mencoba, bisa menyimak terlebih dahulu kesan pertama kami mengoperasikan Windows 8 di PC all-in-one Lenovo ThinkCentre Edge. 
 
Oh ya, ThinkCentre Edge sudah dilengkapi layar touchscreen, sehingga pengalaman menggunakan Windows 8 jauh lebih terasa menyenangkan. 
 
Kita mulai dari Start Screen
Ketika Anda sudah log ini ke Windows 8, Anda akan melihat Start Screen baru. Di sinilah aplikasi ditampilkan dalam bentuk live tile. Kita bisa membuka aplikasi yang kita suka dengan sentuhan atau klik. 
 
Start Screen
 
Charm Bar
Charm Bar tersembunyi di pojok kanan layar. Ia berisi menu Start, Share, Search, Device, dan Setting. Kita bisa memanggilnya dengan menyapu layar dari kanan ke tengah atau melayangkan mouse di atasnya. Bisa juga dimunculkan dengan keyboard. Caranya tekan Win+C.
 
Charm Bar

 

 
Recent apps di sebelah kiri
Berlawanan dengan Charm bar, di sebelah kiri terletak aplikasi-aplikasi yang baru saja kita buka. Sapu dari kiri ke tengah akan menampilkan aplikasi yang baru saja kita buka. Trik ini juga bisa juga dilakukan dengan mouse. 
 
Recent apps
 
Internet Explorer baru
Internet Explorer 10 yang sudah built-in di dalam Windows 8 sudah menyesuaikan dengan tampilan Metro. IE 10 sudah disetting Do Not Track secara default. Membuka web dengan IE 10 cukup lancar. Tab yang terbuka otomatis tampil full screen, sementara tab lain yang kita buka disembunyikan di bagian atas layar, yang bisa dilihat dengan cara menyapu layar dari atas ke tengah. 
 
IE 10
 
Mencari daftar kontak
Sosialisasi, sinkronisasi, dan berbagi adalah bagian besar dari pengalaman yang ditawarkan Windows 8. Aplikasi People memberikan seluruh informasi mengenai kenalan kita yang diambil dari bermacam layanan, seperti Facebook, Twitter, Yahoo, dan bermacam-macam jejaring sosial lainnya.
 
People
 
Debut Windows Store
Ini merupakan salah satu inovasi paling menyenangkan di Windows 8. Windows Store dikhususkan untuk apps. 
 
Windows Store
 
Zoom
Memperbesar tampilan aplikasi yang sedang kita buka kini sangat mudah dilakukan di Windows 8, dengan syarat sudah menggunakan layar sentuh. Layaknya smartphone atau tablet, kita tinggal mencubit layar untuk memperbesar. Jika dengan cara manual bisa juga dilakukan dengan scroll mouse.
 
Zooming

 

Desktop Lives
Di Windows 8, antarmuka tradisional seperti di Windows 7 masih bisa kita temukan dengan membuka aplikasi Desktop. Bedanya, tampilan desktop sudah diperkaya dengan fitur khas Windows 8 seperti Charm bar tadi, ditambah keyboard virtual.
 
Desktop
 
 
Windows Explorer baru
Setelah 20 tahu, Windows Explorer diperbaharui dengan nama File Explorer di Windows 8 yang dilengkapi beberapa fitur baru di tiap library.
 
File Explorer
 
 
Type to search
Bingung ingin mencari menu tertentu? Di Windows 8 Anda tinggal mengetik saja apa pun yang ingin Anda cari dari menu Search pada Charm bar, dan jreengg...hasilnya akan keluar seketika. 
 
Search
 
Atur Apps sesuka hati
Anda bisa menggunakan klik kanan untuk mengatur aplikasi sesuka Anda. Pengaturan lebih mudah lagi jika menggunakan layar sentuh, layaknya menggunakan tablet dan  smartphone.
 
Apps
 

 


You may also like:

Cara Membuat Shortcut Website di Windows 8

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Windows 8

Cara Buka Aplikasi Langsung dari Desktop di Windows 8

Cara Hilangkan Tampilan Start Screen di Windows 8
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy